Monday, September 8, 2014

Ayo Berjalan Kaki !

Sangat menakutkan dan mengkhawatirkan jika kita saat ini melihat dan juga merasakan betapa parahnya polusi udara yaitu asap kendaraan bermotor, yang dimulai dari pagi hingga malam hari "menghiasi" tempat sekitar kita.

Ini pula yang menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan. Sehingga kesehatan udara sangat sulit didapat. Hendaknya kita bisa menyadari hal ini, apakah kita mau terus menjadi produsen asap dari kendaraan bermotor yang kita pergunakan? Tentu tidak.

Apa langkah awal dan kecil menuju besar dan penting untuk mengurangi bahkan menghilangkan polusi udara dari asap kendaraan bermotor ini?

Ya. Salah satunya dengan mengoptimalkan diri kita sendiri, contoh mudah adalah apa yang ALLAH Subhanahu wa ta'ala karuniakan kepada kita sebagai manusia. Apa itu? Karunia itu adalah kedua kaki kita.

Apa fungsi kedua kaki kita? Yang pasti anda semua bisa menjawabnya, bukan? Kaki adalah alat transportasi gratis dari ALLAH untuk kita pergunakan. Tanpa menggunakan mesin yang bisa menghasilkan asap beracun.

Dengan hal yang sederhana tapi sangat penting ini, kita bisa mensyukuri apa yang ALLAH anugerahkan kepada kita, yaitu kaki kita. Apabila kita mengoptimalkan kaki kita, salah satu dampak positifnya adalah dengan tidak munculnya asap.

Cobalah untuk merenungkan, jika sekian juta orang mau berjalan kaki lebih banyak dibanding menggunakan kendaraan bermotor, niscaya kita bisa mendapatkan udara bersih nan sehat.

Bukankah gas oksigen dan ozon yang kita perlukan untuk tubuh dan lingkungan sehat kita? Dan, bukankah gas seperti karbondioksida dan monoksida merupakan racun?

Lalu, pilihan mana yang terbaik untuk kita jalankan untuk kebaikan bersama dan lingkungan?

Anda pasti bisa menjawabnya dengan bijaksana.