Monday, September 15, 2014

Cara Mudah Merawat USB Flash Drive Anda


Bagi pengguna komputer dan laptop pasti sering memakai media penyimpanan yang bernama Flash Drive atau yang lebih dikenal dengan Flash Disk. Fungsi dari alat ini begitu penting, karena data-data anda berada disana dan tentu anda sebagai pemilik ingin sekali agar flash disk tersebut awet dan tahan lama.

Tetapi disaat yang tidak terduga sebagian dari kita pasti pernah mengalami masalah dengan flash disk, yaitu seperti flash disk yang tidak terdeteksi di komputer atau laptop, terkena virus, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana caranya agar flash disk kita bisa terawat dan terjaga dengan baik dan tidak cepat rusak?

Berikut beberapa tips agar flash disk menjadi awet dan terhindar dari berbagai kerusakan :

1. Hindari flash disk dari benda bergelombang magnet.

Jauhkan flash disk anda dari alat-alat yang mengandung magnet besar seperti TV dan Ponsel. Sebaiknya jangan meletakkan flash disk di dekat benda-benda tersebut karena bisa merusak flash disk. Simpanlah di tempat yang jauh dari alat-alat elektronik, seperti di lemari.

2. Hindari dari terkena air.

Flash disk anda harus bebas dari air. Jika terkena air, data yang ada di dalam flash disk kemungkinan akan hilang.

3. Hindari dari gangguan virus.

Virus sering kali menyerang media seperti Flash Disk, selalu update antivirus di komputer anda agar flash disk tidak berisiko terkena virus yang bisa merusak file-file penting anda.

4. Jangan sampai Flash Disk anda terbentur atau terjatuh.

Benturan bisa saja membuat flash disk dan datanya rusak. Untuk itu, jaga baik-baik agar hal itu tidak terjadi.

5. Jauhkan dari sinar matahari langsung.

Flash disk yang terpapar sinar matahari bisa merusak kinerja, baik secara fisik maupun non fisik.

6. Selalu tutup Flash Disk anda.

Di beberapa flash disk terdapat penutup kepala flash disk, ini berguna untuk melindungi alat tersebut dari udara dan lingkungan kita yang banyak debu, asap dan kotoran lainnya.

7. Minimalkan proses tulis-hapus data.

Flash Disk mempunyai usia ataupun batas dalam proses tulis-hapus data. Usia flash disk itu berbeda-beda tergantung pada mutu dan merknya. Sewajarnya usia flash disk itu antara 10.000-100.000 proses tulis-hapus. Sangat disarankan, untuk mengurangi proses tersebut agar usia flash disk anda lebih lama.

8. Perlakukan Flash Disk anda dengan benar.

jangan langsung mencabut flash disk dari port usb komputer atau laptop anda. Gunakan proses stop atau eject terlebih dulu, baru kemudian anda bisa mencabut dengan pelan flash disk anda.

Semoga tips cara mudah merawat USB Flash Disk ini bermanfaat buat anda yang punya flash disk untuk keperluan komputerisasi sehari-hari.