Monday, September 8, 2014

Hemat Dalam Hidup

Kata hemat adalah kata yang mengandung makna positif. Yang artinya adalah cukup porsinya dan sesuai kebutuhan. Tidak kurang dan tidak berlebihan.

Di zaman yang kompleks sekarang ini menuntut kita untuk bisa menghemat dalam hal tertentu.

Kita ambil contoh, listrik. Semua kita pasti selalu menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Alat elektronik yang berlimpah jenisnya saat ini tentunya memerlukan konsumsi daya listrik yang beragam. Ada yang besar dan juga yang kecil.

Oke, bagaimana caranya agar kita pandai dalam menggunakan listrik dengan hemat dan tepat guna?

Kita misalkan sebuah rumah tangga yang berisikan alat elektronik seperti rice cooker, mesin pompa air sumur, televisi, komputer, ponsel, lampu, AC, kipas angin, mesin cuci, kulkas, kompor listrik.

Dari beberapa alat elektronik diatas, pilih yang menurut anda paling penting dulu, misal lampu rumah yang tentunya berguna agar rumah anda terang saat hari sudah gelap.

Kemudian rice cooker, untuk memasak nasi. Mesin pompa air untuk mengalirkan air ke kolam.

Lalu, bagaimana dengan alat yang lainnya, seperti mesin cuci, AC. Begini caranya, sebenarnya mencuci baju bisa saja dengan cara manual. Sikat, kucek, dan bilas. Ini penting, karena anda bisa langsung memegang baju anda yang kotor, dimana letak noda yang kotor dan seberapa kuat anda menyikat baju anda tersebut. Selain itu, anda secara tidak langsung sedang berolahraga.

Oke, kalau AC, anda bisa juga mengganti dengan cara sederhana, yaitu memakai kipas plastik yang anda gerakkan sendiri dengan tangan. Ini juga ada unsur olahraganya, bukan?

Semoga artikel ini menginspirasi anda semua.