Saturday, September 20, 2014

Khasiat Sehat Buah Apel

apel, buah apel, khasiat apel

Apel merupakan buah yang mempunyai sifat dingin. Buah ini memiliki kandungan provitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, ellagic acid, chlorogenic acid, dan cafeic acid yang berfungsi sebagai anti kanker.

Sangat dianjurkan untuk memakan buah apel dengan kulitnya, karena pigmen pada kulit apen mengandung antiosianin, vitamin A, vitamin C, zat besi, tembaga, serta potasium/kalium.

Kulit apel juga mengandung quercetine yang merupakan flavonoid. Flavonoid ini memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Pada quercetine juga terdapat zat antiperadangan yang bagus untuk menyembuhkan encok, pankreatitis, asma dan alergi.

Kandung serat pada pectin sangat tinggi didalam buah apel yang bisa menghambat penyerapan gula dan kolestrol. Daging buah apel mengandung serat tinggi yang tidak dapat diserap oleh usus. Oleh karena itu bisa melancarkan proses buang air besar.

Cara lain dalam mengkonsumsi apel, yaitu diolah menjadi jus. Cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun atau radikal bebas, kesehatan jantung, pembuluh darah dan antikanker.