Sunday, September 21, 2014

Tips Cepat Hidup Sederhana

sederhana, hidup sederhana, tips

Hidup sederhana merupakan gaya hidup yang sangat bagus diterapkan di berbagai zaman. Karena kesederhanaan menempatkan seseorang di dalam tingkat yang stabil dalam hal apapun. Tidak terbawa arus derasnya modernisasi , hedonis, konsumerisme dan foya-foya.

Keruntuhan ekonomi seseorang atau keluarga bisa disebabkan salah satunya adalah karena gaya hidup mewah dan tidak mau menerapkan gaya hidup yang secukupnya dan sederhana. Hidup sederhana menyangkut cara yang bisa menempatkan sesuatu pada porsi dan keperluan. Oleh karena itu penting bagi kita menerapkan pola hidup ini demi kesinambungan hidup di masa depan agar tidak mengalami keterbengkalaian dan kejatuhan.

Anda yang ingin mencoba menerapkan gaya hidup sederhana bisa melakukan tips-tips dibawah ini, yang akan bisa merubah sedikit demi sedikit gaya hidup yang sederhana tapi mampu menghindarkan dan meminimalisir hidup dari hal yang berlebihan dan pemborosan.

1. Pakai pakaian yang serba murah. Pernahkah anda memakai baju pakaian yang murah meriah? Bukan bermerk terkenal? Jika belum, cobalah belanja baju pakaian yang sangat murah harganya. Efek positif dari itu adalah anda tidak terbebani produk yang mahal harganya. Biasanya jika memakai baju yang mahal, maka hati anda akan terbebani. Gunakanlah baju yang murah tapi tetap bisa berfungsi dengan baik melindungi tubuh anda. Tetap rawat baik-baik baju anda sebaik mungkin seperti layaknya anda memakai baju mahal. Jangan terpaku dengan merk, desain. Pilihlah baju yang polos, merk yang tidak terkenal bahkan jika bisa tanpa merk.

2. Pakai sandal termurah. Sandal yang ada di pasaran sangat beragam bentuk, merk dan harganya. Penggunaan sandal jepit bisa jadi solusi anda untuk hidup sederhana. Karena fungsi sandal sangat universal yaitu hanya melindungi kaki anda dari benda-benda keras, tajam dan kotor, seperti batu, pasir, dan lainnya.

3. Minum air bening sesering mungkin. Begitu banyak yang mungkin pernah anda minum. Mulai dari air teh, susu, coklat, kopi, soft drink, sirup dan sebagainya. Anda pasti tahu minuman di atas pasti memerlukan biaya tambahan seperti ketika anda ingin membuat minuman teh. Anda harus menyediakan air panas, gula pasir dan teh celup. Berbeda jika anda meminum air bening saja. Cukup dengan air yang sudah direbus. Tanpa ada tambahan biaya untuk beli gula dan teh. Inilah contoh sederhana dalam hal minuman.

4. Tempat tinggal yang sederhana. Bagaimanakah tempat tinggal atau rumah yang sederhana itu? Jika anda tinggal sendiri, sangat mudah menentukannya, yaitu tinggal di rumah dengan tipe 36 atau ada yang lebih kecil seperti ruang kos. Anda akan merasakan kesederhanaan dalam berdiam di tempat tinggal tersebut.

5. Jalan Kaki, Sepeda dan Angkutan Umum. 3 jenis sarana transportasi ini cukup untuk anda yang ingin hidup sederhana. Jalan kaki bisa menghemat pengeluaran anda karena ini bersifat gratis dan sekaligus juga olahraga. Sepeda adalah alat transportasi yang sudah digunakan oleh orang-orang di negara maju. Ini bertujuan untuk mengurangi dampak polusi udara yaitu asap kendaraan bermotor. Selain itu sepeda bisa menghemat karena anda tidak perlu beli bahan bakar minyak, biaya pajak dan lainnya. Angkutan umum juga sekarang ini menjadi solusi untuk anda yang tidak ingin repot dengan rumitnya memiliki kendaraan pribadi.

Dari tips-tips diatas bisa anda terapkan dalam hidup anda satu per satu untuk menuju hidup sederhana tanpa beban. Sehingga hidup lebih tepat guna dan tepat sasaran. Semoga bermanfaat.