Thursday, September 11, 2014

Tips Menghemat Baterai Smartphone


Setiap orang saat ini sudah sering sekali menggunakan smartphone dalam kesehariannya. Smartphone sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan manusia pada zaman modern. Diantaranya untuk keperluan berkomunikasi seperti telepon, SMS, sampai browsing internet. Dengan adanya aktivitas tersebut tentu akan menguras tenaga baterai. Akhirnya hanya beberapa jam saja, daya baterai smartphone Anda cepat habis.

Di sisi lain, Anda ingin agar daya baterai tersebut bisa bertahan lama dan mempunyai durasi waktu yang panjang ketika menggunakan smartphone. Lalu, bagaimanakah caranya agar baterai smartphone Anda tetap awet dan tahan lama? Berikut tips yang harus dilakukan:

1. Selalu gunakan smartphone anda ketika anda sangat memerlukannya.
Jika anda sangat ingin menghubungi teman atau keluarga via SMS saja. Lakukan dengan mengirim SMS, bukan dengan telepon. Ini akan lebih menghemat waktu anda menggunakan sinyal ponsel.

2. Selalu matikan smartphone ketika anda tidak memerlukannya.
Ini juga penting, buat apa menghidupkan smartphone jika tidak ada kepentingan. Misalkan jika anda sedang ingin beristirahat dan tidak ingin diganggu oleh SMS atau telepon dari seseorang. Sebaiknya matikan saja ponsel anda.

3. Tidak selalu mengaktifkan fitur online internet.
Koneksi internet bisa menguras daya baterai smartphone anda, karena melebihi kekuatan yang digunakan untuk sekedar sms atau telepon.

4. Selalu tempatkan smartphone pada area yang sejuk.
Hindari meletakkan smartphone anda pada area yang panas, ini akan mengurangi umur baterai smartphone anda.

5. Selalu isi ulang daya baterai smartphone anda ketika sudah mulai lemah saja.
Jangan mengisi ulang daya baterai anda ketika masih terisi sebagian sekitar 30%, ini akan menjadikan baterai cepat rusak.

6. Matikan smartphone ketika mengisi ulang daya baterai. Karena jika menghidupkan smartphone sambil mengisi daya. Arus listrik menjadi tidak teratur. Arus listrik yang masuk ke dalam baterai akan juga bersamaan dengan keluarnya arus listrik. Akibatnya listrik yang mengalir tidak fokus.

7. Gunakan ringtone standar dari smartphone dan dengan volume terendah. Hindari menggunakan ringtone dari file mp3.

8. Selalu gunakan ruang terbuka untuk mendapatkan sinyal yang baik. Bisa juga Anda menggunakan modus offline / airplane jika sinyal kurang kuat atau lemah.

9. Matikan fungsi getar pada smartphone, karena fungsi ini menguras daya baterai.

10. Kurangi level kecerahan (brightness) pada layar. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka akan boros baterai smartphone. Aturlah tingkat kecerahan layar yang paling rendah.

Demikian berbagai tips yang mudah-mudahan bisa merawat dan menghemat baterai smartphone Anda. Selalu gunakan smartphone Anda dengan bijaksana agar fungsinya bisa bertahan lama. Selamat mencoba.