Thursday, September 18, 2014

Tips Mudah Cegah Bau Mulut

Bau mulut kadang membuat seseorang tidak nyaman dan membuat turunnya kepercayaan diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Bau mulut yang didalam istilah kedokteran disebut halitosis ini muncul karena beberapa sebab yang biasanya dialami seseorang.

Betapa pentingya masalah pada bau mulut ini akan mempengaruhi bagaimana kondisi kesehatan di tubuh anda. Untuk itu perlu diketahui apa saja penyebab dari bau mulut itu sendiri dan juga cara-cara mencegah agar mulut tidak bau. Berikut tipsnya:

1. Mulut kering, air liur sedikit atau mulut dalam keadaan diam. Adanya kelenjar air liur yang tidak tersalurkan biasanya terjadi pada waktu pagi hari setelah semalaman penuh seseorang tidak menggerakkan otot pada pipi. Sehingga air liur yang dihasilkan sedikit.

Terlebih lagi jika seseorang tidur dalam keadaan mulut terbuka dan akhirnya mulut jadi kering. Peluang bagi kuman untuk tumbuh berkembang di mulut lebih banyak, apalagi ada sisa makanan yang belum tercerna.

Penderita mulut kering juga menjadi penyebab bau mulut. Ini sering terjadi pada orang usia tua dan rentan juga terkena sariawan.

2. Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan mulut. Dalam dunia kesehatan, dokter menyarankan agar seseorang menyikat gigi paling sedikit 2 kali sehari. Dalam ajaran Islam juga mengajarkan umatnya membersihkan mulut atau berkumur-kumur disaat berwudhu dan bersiwak menjelang sholat.

Selain itu pada saat ada sisa makanan yang menempel di gigi, disarankan untuk menyongkel dengan lidi dan membuangnya. Kalau makanan itu jatuh ke lidah maka boleh untuk ditelan

3. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas. Makanan yang mengandung gas akan terbawa ke dalam darah dan keluar melalui mulut. Bau tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika metabolisme sudah selesai, sekitar 8-12 jam.

4. Adanya penyakit pada organ tubuh. Sekitar 5% sebab terjadinya bau mulut adalah dari gigi berlubang, sinusitis, gangguan saluran pencernaan, lever kronis, adenoid, bronkitis kronis, kencing manis, infeksi saluran pernafasan.

Tips agar mencegah dan mengurangi bau mulut adalah dengan membersihkan makanan pada sela gigi dan menyikat gigi secara baik dan benar di saat berwudhu. Bersiwak setiap sholat juga akan menambah kebersihan mulut. Menggosok gigi dengan siwak ketika lama mulut diam atau tidak berbicara juga merupakan cara lain yang bisa diterapkan.

Membasahi mulut dengan teknik menggerakkan otot-otot mulut agar air liur yang dihasilkan menjadi normal.

Semoga informasi dan tips diatas bisa membantu anda mengatasi masalah bau mulut.