Sunday, October 26, 2014

3 Istilah Populer Namun Keliru


Semenjak kecil kita selalu disuguhkan berbagai istilah kata dan dipakai dalam berkomunikasi melalui bahasa verbal dan tulisan. Begitu banyak kata-kata yang bisa kita pelajari dan gunakan dalam memudahkan kita untuk berkomunikasi. Tapi ada beberapa istilah yang sering kita ucapkan atau tulis dan secara tidak kita sadari istilah tersebut kurang pantas untuk digunakan. Istilah tersebut memang terlihat mempunyai tujuan bagus, namun jika lebih dipikirkan lebih jeli mengandung makna yang keliru atau negatif.

Sekarang saatnya untuk merubah dan memperbaiki itu semua. Istilah yang bernada negatif mesti direvisi kembali sehingga masyarakat tidak terjebak dengan istilah yang keliru dan negatif. Upaya ini perlu digalakkan agar di masyarakat tercipta istilah yang bisa membuat orang banyak berpikir dan bertindak positif

Berikut beberapa istilah atau kata-kata yang populer namun keliru dan perlu adanya perbaikan.

1. Rumah Sakit

Istilah ini sangat populer, hampir setiap orang sudah pernah ke rumah sakit. Secara garis besar, arti rumah sakit adalah suatu tempat yang isinya adalah orang yang sedang sakit, maka dari itu istilah yang digunakan adalah rumah sakit. Jika ditelaah dan dicermati dari istilah "rumah sakit", sebenarnya ada pilihan kata lain yang lebih baik yaitu "rumah sehat". Yang bisa didefinisikan sebagai tempat atau rumah yang berisi orang yang sedang sakit dan bertujuan dalam proses penyembuhan dan pemulihan pasien agar kembali dalam kondisi sehat.

2. Air Putih

Istilah air putih ini sering kita ucapkan atau tulis, sebetulnya kata "air putih" keliru jika digunakan untuk air yang tanpa campuran apapun atau air tawar. Lebih tepatnya air putih digunakan untuk air susu yang jelas berwarna putih. Tentu anda bisa membedakan bagaimana warna yang bening dan putih. Jadi, istilah apa yang akan kita gunakan untuk air biasa tanpa campuran gula, teh, kopi, susu, coklat sirup dan lainnya? Kita pasti setuju untuk memakai istilah air bening. Bukan lagi dengan istilah air putih yang sangat cocok untuk air susu.

3. Mahasiswa

Ada pernah jadi mahasiswa? Istilah kata "mahasiswa" secara tidak langsung telah menggunakan dari hak Tuhan, yang memiliki tingkatan maha dari segala sesuatu. Entah kenapa malah digunakan dan disematkan kepada siswa yang sedang belajar dan menuntut ilmu di universitas. Kata "mahasiswa" seolah diartikan sebagai siswa yang berstatus dan berilmu lebih tinggi dibanding siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Sebenarnya statusnya sama saja yaitu siswa atau pelajar yang sedang dalam proses belajar di lembaga pendidikan, sekolah atau universitas. Untuk itu, sebaiknya kata "siswa" secara umum dan sudah cukup digunakan dalam tingkat pendidikan apapun.

Semoga dengan artikel ini kita bisa dengan bijak dan cermat dalam memilih istilah atau kata yang patut diterapkan dalam komunikasi sehari-hari dan diharapkan bisa memperbaiki tata bahasa kita yaitu bahasa Indonesia. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua.