Saturday, October 25, 2014

4 Hal Memalukan dalam Pertemanan


Betapa senangnya jika kita mempunyai banyak teman yang bisa menghiasi hari-hari. Berbagi cerita dan mendapatkan pengalaman positif dari sebuah pertemanan adalah harapan setiap orang. Dari itu semua peluang meraih kualitas hidup bisa diraih.

Hubungan pertemanan akan tetap baik bila dibangun atas dasar hal yang positif dan tidak ada satu apapun yang niat dan perilaku buruk yang bisa saja menjadi pemicu rusaknya pertemanan anda dengan orang lain. Sehubungan dengan hal yang bisa merusak pertemanan, ada beberapa hal yang harus kita hindari dan jauhkan dari kita agar ketika menjalin pertemanan atau persahabatan bisa membawa dampak positif dan tak lekang oleh waktu.

1. Berhutang

Hutang adalah hal yang memalukan jika dilakukan kepada teman anda. Rasa malu mungkin dirasakan ketika mengucapkan kalimat yang bermaksud untuk meminjam uang. Tidak peduli seberapapun jumlah hutang itu. Tetap hal ini merupakan yang membuat malu diri sendiri. Parahnya, apabila hutang tidak bisa terbayarkan dalam jangka waktu lama.

2. Marah

Kemarahan seseorang merupakan tanda bahwa orang tersebut tidak bisa menjaga stabilnya komunikasi dengan orang lain. Perusak hubungan anda dengan teman adalah perilaku marah. Marah yang terlepas keluar bisa menyakiti hati orang lain, meredupkan rasa hormat orang lain kepada kita.

3. Berbohong

Pernahkah anda dibohongi teman atau orang lain? Jika pernah, tentu anda tahu bagaimana rasanya dibohongi. Untuk itu, janganlah berbohong karena itu merusak kepribadian dan kredibilitas anda di masyarakat.

4. Mencuri

Mungkin anda pernah diajak teman anda ke suatu tempat tinggalnya untuk sekedar jalan-jalan dan berbincang berbagai hal menarik disana. Ada barang-barang tertentu yang membuat hati anda tertarik dan ingin membawanya tanpa seizin teman. Hindarilah keinginan itu, tahan diri anda. Untuk mengurangi rasa penasaran anda, bisa saja anda bertanya-tanya tentang barang tersebut kepada teman anda.

Dari 4 hal diatas diharapkan bisa kita hindari semaksimal mungkin untuk merawat baik hubungan pertemanan dan persahabatan. Sehingga kehidupan anda tetap tenang, bermakna dan bahagia. Semoga bermanfaat.