Monday, October 6, 2014

7 Alasan Untuk Menahan Marah

marah, sifat marah, cara menahan marah

Kehidupan sehari-hari tidak lepas dari yang namanya berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang di sekitar. Hal tersebut juga bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, baik itu di rumah, kantor, sekolah, kampus, pasar dan lainnya. Kita sebagai manusia yang punya akal dan hati dituntut untuk bisa pandai mengatur emosi saat bercengkrama dengan orang lain. Ini bertujuan agar hubungan tetap bisa terkendali dan menghasilkan sesuatu yang baik.

Terkadang diantara kita mungkin pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan, seperti ketika lawan bicara mengeluarkan kata-kata yang telah menyinggung perasaan atau memancing rasa marah kita. Sebaiknya pada saat seperti itu kita tetap memperhatikan dampak apa yang nanti terjadi bila kita memutuskan untuk memunculkan rasa marah kita di hadapan orang.

Marah memang sifat yang sebaiknya dihindari sekuat mungkin. Melakukan hal ini juga tidak mudah. Artinya perlu kiat khusus untuk bisa menahan rasa marah. Adapun alasan yang tepat dan bijak untuk menahan rasa marah adalah sebagai berikut:

1. Marah bukan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Justru sikap tenang dan sabar adalah solusi tepat jika anda sedang tersinggung dengan kata-kata dari lawan bicara anda.

2. Marah membuat anda malu. Ketika marah, orang bisa menilai bahwa anda adalah seorang pemarah dan tidak bersahabat. Ini bisa merusak hubungan baik terhadap orang di sekitar anda.

3. Orang yang marah berarti orang yang tidak bisa mengendalikan diri. Saat hati sedang kesal dan memutuskan untuk menumpahkannya dengan kemarahan. Sangat jelas bahwa kontrol emosi telah lepas dari diri seseorang. Akibatnya fatal, kejelekanlah menimpa orang yang marah tersebut.

4. Rasa marah berdampak buruk bagi kehidupan. Marah jika tidak terkendali, maka bisa merusak karir, pendidikan, hubungan sosial dan keluarga. Untuk itu sayangi diri anda, jadikan diri anda yang selalu bisa mengontrol emosi, terutama membuang rasa marah dalam diri.

5. Citra buruk bisa berasal dari rasa marah. Dari sekian banyak sifat dan perilaku yang membuat anda menjadi orang yang buruk adalah sifat marah. Cobalah untuk berlatih untuk bersikap dewasa dalam segala hal agar anda semakin baik citra di hadapan orang.

6. Orang kuat adalah orang yang bisa menahan marah. Inilah kenapa anda harus bisa menahan marah. Biasanya orang yang kuat adalah yang bisa mengangkat beban berat, seperti barbel dan batu besar. Kini, anda harus bisa juga kuat dalam menahan marah.

7. Menahan marah lebih berdampak positif bagi masa depan. Ingat, sekali anda marah kepada orang, maka hancurlah masa depan anda. Orang tidak akan menyukai anda lagi, lebih parah lagi jika banyak yang menyebarkan citra buruk anda sebagai pemarah.

Dari alasan diatas, bisa dipastikan anda tidak akan mau mempunyai sifat marah. Semoga tips diatas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba.