Wednesday, October 29, 2014

8 Rahasia Hidup Sehat dan Umur Panjang

hidup sehat, umur panjang

Hidup di zaman serba modern sekarang menuntut setiap orang harus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar nanti bisa melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat, bugar dan juga umur yang panjang.

Masalahnya sekarang adalah dengan banyaknya aktivitas seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, rumah tangga dan lainnya semakin menambah kesibukan dan akhirnya lupa akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain itu pula, munculnya berbagai jenis makanan yang kurang sehat dan membuat sebagian orang tertarik mengkonsumsinya. Sehingga yang terjadi adalah seseorang mengalami penurunan kondisi kesehatan dan bisa jatuh sakit.

Dari masalah yang terjadi diatas dan dampak buruk yang timbul bagi kesehatan. Perlu adanya usaha yang harus kita lakukan demi menjaga tubuh dari serangan penyakit dan tetap bisa menikmati tubuh yang sehat

Berikut ada beberapa cara agar kita bisa meraih hidup sehat dan umur yang panjang:

1. Konsumsi makanan sehat, bergizi seimbang

Makanan yang sebaiknya kita konsumsi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Ini sudah banyak yang mengetahui tetapi jarang yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan pokok seperti nasi, jagung, gandum, oat dan umbi-umbian merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh.

Lauk pauk seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe merupakan makanan yang mengandung protein yang berfungsi sebagai zat pembangun tubuh.

Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, terong dan berbagai sayuran hijau lainnya merupakan makanan yang mengandung vitamin, serat dan protein nabati. Sayur-sayuran sangat baik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah-buahan seperti jeruk, apel, nanas, jambu, semangka dan lainnya bagus untuk tubuh karena berfungsi untuk kesehatan pencernaan dan juga menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar dan bugar.

Susu, menjadi pelengkap dari menu makanan 4 sehat diatas.


2. Hindari stress

Seseorang yang mendapat beban pekerjaan di kantor atau masalah lain dalam keluarga tentu berisiko terkena stress. Beberapa cara untuk mengatasi stress adalah mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah dan selalu berpikir positif dalam hidup. Selalu mengambil hikmah apa yang terjadi pada anda. pasti ada sisi positif yang bisa diambil dari masalah yang ada. 

3. Berolahraga

Lakukan olahraga yang bisa anda lakukan setiap hari. Olahraga ringan seperti jalan kaki, senam ringan dan jogging bisa anda jadikan aktivitas menyehatkan dan menyegarkan tubuh anda. Sehingga menimbulkan semangat baru untuk anda setiap hari.

4. Istirahat atau tidur teratur

Rumus tidur cepat dan bangun cepat adalah solusi tepa buat anda untuk menjaga tubuh tetap bugar ketika keesokan pagi. Karena tubuh sudah mempunyai waktu tertentu untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh dan melakukan regenerasi sel ketika tidur.

5. Kurangi konsumsi obat kimia

Obat-obatan kimia merupakan zat yang sulit dicerna oleh tubuh. Kebiasaan meminum obat kimia inilah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit seperti kanker yang sulit diobati. Untuk itu, kurangi penggunaan obat kimia.

6. Merasa bahagia

Walaupun hati dalam keadaan sedih, kecewa dan lainnya. Cobalah untuk tetap merasakan kebahagiaan dalam diri anda. Banyak hal yang tetap membuat anda bahagia seperti anda tetap bisa hidup, anggota tubuh anda lengkap, punya teman baik, keluarga yang mendukung anda, merasakan nikmatnya makanan dan lainnya. Contoh tersebut sudah lebih dari cukup untuk anda bisa merasakan kebahagiaan.
 
7. Tersenyum

Tersenyumlah karena dengan itu kita bisa membuat diri lebih menarik, memperbaiki mood, mengurangi stress, memancing orang lain untuk juga tersenyum, menurunkan tekanan darah, membuat orang terlihat lebih muda, dan membuat kita bisa berpikiran positif.

8. Bersosialisasi

Sosialisasi perlu kita biasakan untuk menjaga hubungan baik dengan sesama, meningkatkan percaya diri dan mengembangkan kepribadian dalam lingkungan sosial yang positif.

Dari 8 cara diatas perlu diterapkan dalam kehidupan kita agar tujuan hidup sehat dan umur panjang bisa diperoleh dan memberikan dampak baik pula pada orang di sekitar kita untuk mau membiasakan gaya hidu sehat. Semoga bermanfaat.