Thursday, October 16, 2014

9 Smartphone Terkuat dan Tertangguh di Dunia

Smartphone merupakan gadget yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kita saat ini. Berbagai fasilitas yang diberikan oleh smartphone membuat kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Berbagai jenis smartphone telah banyak beredar di pasaranmulai untuk kalangan bawah, menengah maupun atas.

Disamping itu pula, smartphone memiliki kekuatan berbeda-beda untuk beberapa kondisi alam. Untuk anda yang biasa hidup di alam bebas dan ganas, tentunya sangat memerlukan smartphone yang tangguh dan dilengkapi fitur canggih. Diantaranya adalah tahan terhadap benturan kerasnya bebatuan dan bisa hidup didalam air.

Apakah semua smartphone yang ada dipasaran memiliki kriteria tersebut? Pasti tidak. Khusus bagi anda yang selalu terbiasa berada di lingkungan atau medan yang ganas, berikut 9 smartphone terkuat dan tertangguh di dunia yang patut anda ketahui sesuai dengan keperluan anda di tempat berbau ekstrem:

1. Panasonic Toughpad FZ-E1 & FZ-X1

Meski hadir dengan layar berukuran 5 inci, tapi Panasonic lebih suka menyebutnya sebagai tablet dibanding smartphone. Mungkin karena perangkat ini hadir dalam beberapa versi, ada yang WiFi only dan ada juga versi smartphone dengan konektifitas LTE di dalamnya.

Anyway, dilihat dari sistem operasi yang digunakan, Panasonic Toughpad FZ dibagi dalam dua versi yaitu versi Android (Toughpad FZ-X1) dan versi Windows (Toughpad FZ-E1). Untuk versi FZ-X1 menggunakan Android Jelly Bean dan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 1,7 GHz Quad Core. Sedangkan versi FX-E1 menggunakan sistem operasi Windows 8 tapi dengan interface khas WP 8.

Keduanya sama-sama dilengkapi dengan kamera 8 MP, RAM 2GB, 32 GB memori internal, dan baterai 6200 mAh. Lebih dari itu, keduanya sanggup dibawa ke medan ekstrem. Tahan terhadap bantingan hingga 3 meter dan juga sanggup menyelam selama 30 menit di kedalaman air 1,5 meter. Panasonic membandrolnya dengan kisaran harga USD 1269.


2. RugGear RG700

Selain terlihat kasar, semua smartphone tangguh memang memiliki desain body yang terlihat unik. Seperti halnya RugGear RG700 ini, desainnya yang terlihat seperti mainan dengan aksen warna kuning yang cerah, sangat unik dari ponsel pintar kebanyakan. Namun begitu, ponsel ini sudah memiliki sertifikasi IP68 yang diperkuat dengan kualitas Audio dari speaker berkekuatan 3 watt dan mampu menghasilkan kualitas suara hingga 100dB (desibel).

Kualitas layar yang besar, berukuran 5.3 inch dengan kaca anti benturan bukanlah satu-satunya fitur andalan RG700. Fitur lainnya adalah kamera berukuran 8 MP dan dukungan dua slot kartu SIM card GSM menjadi pilihan lainnya. Sedangkan untuk harganya, smartphone ini dibanderol dengan kisaran harga USD 839 atau senilai Rp 10 jutaan.


3. Durrocomm Conquest S

Jika Anda adalah seorang pekerja yang berada di lingkungan kasar, bising, berdebu dan penuh dengan kubangan lumpur. Sepertinya Duracomm memiliki ponsel yang mampu mendukung aktivitas pekerjaan itu. Durrocomm Conquest merupakan salah satu seri yang hadir dengan ketangguhan bekerja dalam kondisi cuaca ekstrem, saat hujan penuh debu dan kotoran, yang disertai dengan fitur peredam kebisingan untuk mendapatkan kualitas suara penelpon yang jernih.

Seperti smartphone Android tangguh lainnya, LCD yang digunakan berukuran standar dengan dimensi 4.3 nch dengan panel LCD QHD IPS dan prosesor Dual Core. Namun sayangnya, banderol harganya sangat fantastis, smartphone Android 4.2 ICS ini dihargai senilai USD 899 atau setara dengan Rp 10 jutaan.


4. Kyocera Torque

Kyocera Torque bukanlah ponsel seksi dengan aksen kaya, yang terlihat menarik saat keluar dari saku. Sebaliknya, ponsel ini memiliki desain yang kasar dan tebal dengan panel LCD layar sentuh berukuran 4 inch, yang akan membuat sesak kantong Anda. Tapi,  body yang besar itu memiliki ketangguhan tersendiri. Anda bisa berlapang dada saat tidak sengaja menjatuhkannya atau bahkan tercebur didalam kubangan air lumpur sekalipun.

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah limitasi untuk pemakaian akses internet. Sedangkan untuk sistem operasinya sendiri, ponsel ini membawa sistem operasi Android ICS dengan banderol harga USD 99.99 dengan kontrak operator Sprint.


5. Runbo X6

Runbo X6 pantas menyandang sebutan sebagai smartphone Quad Core pertama dengan fitur NFC yang memiliki kemampuan tahan air dan juga debu. Dibalut dengan karet yang kuat dan rapat, smartphone Android Ice Cream Sandwhich (ICS) ini mampu bertahan di kedalaman air 2 meter, selama 30 menit. Tidak hanya sampai disitu, kelebihan lainnya adalah luas layar 5 inch dengan dukungan Full HD, dan panel LCD One Glass Solution (OGS) laminasi yang mampu menghadirkan warna yang baik di dalam air.

Untuk kinerjanya sendiri, Runbo X6 hadir dengan prosesor Quad Core MTK dengan kecepatan 1.5 GHz, yang dikemas dengan memori 2GB RAM dan memori penyimpanan 32GB, serta kamera utama sebesar 13MP. Untuk banderol harganya sendiri, ponsel ini dihargai USD 699 atau setara Rp 8,5 jutaan.


6. Tag Heuer Sub Nano

Secara garis besar, Tag Heuer Sub Nano merupakan smartphone dengan bentuk segi delapan yang mengagumkan, terinspirasi dari mobil mewah GT Racing. Dibalut dari bahan serat karbon dan karet, serta paduan bahan titanium yang memberikan kesan mewah dan juga kuat. Smartphone dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwhich ini, diklaim hadir dengan ketangguhan atas guncangan jatuh dari ketinggian 1 meter.

LCD Panel seluas 3.5 inch yang sudah mengadopsi panel jenis TFT ini juga mampu menghadirkan 16 juta warna yang jernih diatas lapisan kaca kristal safir yang mengkilau. Diproduksi dalam edisi terbatas yaitu sebanyak 500 unit, ponsel mewah ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 45 jutaan.


7. Samsung Galaxy S5 Active

Jika Anda termasuk orang menganggap Galaxy S5 terlalu ringkih, maka Galaxy S5 active adalah jawabannya. Ya, kembaran Galaxy S5 ini hadir dengan body yang lebih kokoh dan kuat. Tak tanggung-tanggung, sertifikasi IP-67 dan MIL-810G sudah didapatkannya. Ini mengindikasikan bahwa Galaxy S5 Active tak hanya tahan terhadap air tapi juga cuaca yang ekstrem.

Smartphone ini menggunakan processor quad-core Snapdragon 801 berkecepatan 2,5 GHz, RAM 2GB, memori internal 16GB, GPU Adreno 330, dan sudah berjalan dengan system operasi terbaru Android 4.4.2 KitKat. Untuk fitur multimedia, Samsung membekali Galaxy S5 Active dengan kamera utama 16 MP dengan dukungan LED Flash, BSI dan kemampuan merekam video 4K, serta kamera depan 2,1 MP. Bagus sekali, bukan?!


8. Defender

Defender bisa dibilang nama yang cukup keren untuk sebuah smartphone tangguh. Sesuai dengan namanya, smartphone yang mengantongi sertifikasi IP 68 ini sanggup bertahan dalam air meski ditenggelamkan atau dijatuhkan dari ketinggian 3 meter.

Defender juga dilengkapi baterai yang cukup besar, dengan kapasitas 2600 mAh. Dengan baterai tersebut, Defender memastikan sistem operasi Android 4.2.2 dan layar 4 inci-nya tetap menyala dalam jangka waktu yang lama. Defender juga dilengkapi dengan kamera 8 MP dan bisa dijadikan sebagai Walkie Talkie. Selain tentu saja kemampuan untuk menampung dua SIM card yang salah satunya bisa melaju kencang di atas jalur HSPA. Smartphone ini berharga sekitar Rp 7 jutaan.


9. Cat B15Q

Cat B15Q menjadi smartphone tangguh pertama yang menggunakan sistem operasi Android Kit Kat. Sama seperti saudaranya, Cat B15, smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP 67. Cat B15Q bahkan tahan terhadap benturan dan sanggup hidup di cuaca ekstrem -25 ° C hingga 55 ° C.

Mempunyai layar berukuran 4 inci dengan ukuran resolusi 480×800 pixel dan dilapisi kaca pelindung yaitu Gorilla Glass. Lengkap dengan Wet Finger Tracking yang memungkinkan layarnya tetap bisa merespon sentuhan jari tangan walaupun dalam kondisi basah. Untuk prosesor, Cat B15Q mengandalkan chip Mediatek MT6577 quad core 1,3 GHz. Kamera yang digunakan memiliki resolusi 5 MP. Dan untuk semua previledge tersebut, Anda mesti merogoh kocek setidaknya Rp 6 juta.

Semoga informasi tentang smartphone tertangguh dan terkuat ini bisa membantu anda dalam memilikinya untuk keperluan berpetualang di medan ganas dan menantang.