Wednesday, October 1, 2014

Aneka Khasiat Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang disukai oleh sebagian besar masyarakat, karena buah tersebut sering digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya yang paling terkenal adalah sebagai campuran untuk masakan sop. Tetapi bukan itu saja kegunaan dari jeruk nipis. Apa sajakah khasiat yang bisa anda manfaatkan dari jeruk nipis ini?

Banyak kandungan yang terdapat pada jeruk nipis ini diantaranya adalah flavonoid, asam sitrat, fosfor, besi, pektin, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Setiap bagian dari buah jeruk nipis ini, mulai dari kulit, daging buah, air, dan bijinya mempunyai banyak khasiat.

Berikut aneka macam khasiat dari buah jeruk nipis:

1. Untuk menghilangkan bau mulut, gunakan air perasan jeruk nipis sebanyak 1-2 buah untuk berkumur. Bisa juga air jeruk nipis ini diencerkan atau dicampur dengan madu untuk diminum.

2. Untuk menyembuhkan batuk, flu, sakit perut, nyeri haid, dan diare. Campurkan 5 sendok makan air jeruk, 2 sendok makan minyak kayu putih, dan kapur sirih sebesar biji asam, lalu aduk rata. Balurkan pada bagian leher, dada, punggung untuk batuk atau flu, serta pada perut dan punggung untuk sakit perut, diare, atau nyeri haid. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

3. Untuk menyembuhkan Kepala Pusing. Campurkan daun jeruk yang sudah digiling dengan 5 sendok makan air jeruk nipis. Lalu oleskan pada tengkuk, pelipis dan dahi.

4. Untuk menyembuhkan Sakit tenggorokan. Peraslah air 5 buah jeruk. Tambahkan setengah cangkir air panas dan satu sendok makan madu. Gunakanlah untuk berkumur-kumur dalam.

5. Untuk menyembuhkan kurap dan panu. Tumbuk satu genggam akar landep yang telah dicuci bersih. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk, aduk rata. Balurkan pada kulit yang terkena kurap atau panu. Balutlah dengan perban. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari.

6. Untuk menghilangkan jerawat. Peras air jeruk nipis. Tambahkan 1 sendok teh bubuk belerang, aduk rata. Oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan sekitar 2 jam, kemudian bilaslah dengan air hangat. Lakukan ini 1 kali sehari sampai sembuh.

7. Untuk menyembuhkan haid tidak teratur. Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu. Seduh dengan satu setengah air panas sampai air tinggal satu cangkir. Minumlah setiap sepertiga gelas, 3 kali sehari.

8. Menghilangkan ketombe. Potong jeruk nipis, oleskan pada kulit kepala. Biarkan sampai kering, lalu bilas.

9. Melangsingkan badan. Minumlah teh hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis.

10. Menambah stamina. Campurkan 1 butir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis, gula merah, aduk rata. Minum satu kali seminggu.

11. Menyembuhkan tekanan darah tinggi. Ambil 20 kuntum bunga jeruk dan 30 lembar daun jeruk. Kemudian rebus bunga, daun dan air perasan jeruk nipis sebanyak 2 buah dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 2 gelas dan saring. Tambahkan madu, kemudian minum sebanyak 3 kali sehari, setiap hari.

Demikian aneka manfaat dan khasiat dari buah jeruk nipis. Semoga bermanfaat untuk kesehatan.