Wednesday, October 29, 2014

Antisipasi Tindak Asusila Pada Anak


Sebuah kesedihan yang besar bagi kita ketika melihat betapa maraknya tindakan kriminal dan asusila terhadap anak dibawah umur, yang bahkan dilakukan oleh orang-orang terdekat yang berada di lingkungannya.Hal itu seakan membuktikan semakin berkurangnya nilai moral dan agama. Seperti yang kita ketahui dan sadari bersama, bahwa nilai moral dan agama merupakan landasan dari semua nilai kehidupan yang ada di masyarakat dan juga berperan sebagai filter dari hal-hal negatif yang bisa membawa kerusakan di masyarakat.

Dengan adanya berbagai masalah yang muncul berkaitan dengan tindak kriminal dan asusila terhadap anak-anak. Patutnya kita meneliti lebih dalam lagi apa saja faktor penyebab yang menyebabkan hal itu semua terjadi di tengah-tengah kita.

Banyak penyebab yang bisa kita jadikan acuan sebagai upaya dalam mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan disertai solusi pencegahan terhadap peluang datangnya tindakan kejahatan dan asusila.

1. Semakin derasnya arus informasi berbasis teknologi seperti yang berarti semakin sulitnya membendung dan menyaring informasi tersebut. Karena selain banyak informasi yang positif untuk bisa kita ambil manfaatnya. Tetapi, selain itu banyak pula informasi negatif yang tersebar luas di masyarakat dan itu bisa menimbulkan dampak negatif pula di masyarakat jika tidak adanya nilai moral dan agama yang tertanam di dalam setiap individu.

2. Masih kurangnya pengawasan dari orang tua dan anggota keluarga lainnya terhadap anak. Karena dengan semakin maraknya tindak kejahatan sekarang ini mestinya lebih menumbuhkan kesadaran dalam diri kita semua akan pentingya pengawasan dan penjagaan yang lebih tinggi lagi terhadap anak. Sehingga peluang terjadinya tindak kejahatan dan asusila semakin kecil bahkan hilang sama sekali.

3. Penggunaan busana yang minim atau terbuka pada anak bisa juga menjadi salah satu terjadinya tindak asusila. Ini adalah hal yang harus lebih diperhatikan secara serius bagi orang tua dalam memberikan busana kepada anaknya. Berikanlah busana yang pantas, sopan, longgar dan serba tertutup kepada anak agar tidak mengundang orang lain berniat jahat kepada anak.

Dari semua yang dipaparkan diatas diharapkan kita sebagai orang tua maupun masyarakat secara umum sadar dan segera melakukan antisipasi dari hal yang menyebabkan terjadinya tindakan kejahatan dan asusila serta melakukan filterisasi terhadap arus informasi yang ada dan beredar di sekitar kita demi melakukan pendidikan terbaik bagi anak.

Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan menjadi pelajaran berharga untuk membangun nilai-nilai moral dan agama untuk seluruh komponen masyarakat.