Monday, October 13, 2014

Bisakah Berprofesi Tanpa Ijazah?


Dalam dunia kerja banyak profesi yang bisa kita jalankan. Semuanya tergantung dari apa yang diinginkan oleh seseorang. Ada yang menginginkan profesi berdasarkan hobi, latar belakang pendidikan, lingkungan sekitar, tuntutan orang tua, dan sebagainya. Perubahan era selalu menyajikan berbagai profesi yang beragam, sehingga ini makin memperluas jangkauan seseorang untuk mendapatkan profesi tertentu.

Ada beberapa era yang telah dilalui mulai dari era agraris, industri, dan informasi. Untuk mendapatkan pekerjaan di setiap era tersebut berbeda-beda caranya. Tetapi ada hal unik yang bisa kita dapatkan dari profesi yang ada di dunia. Yaitu profesi yang bisa didapatkan tanpa perlu ijazah pendidikan tertentu. Ada kabar baik bahwa pekerjaan atau profesi tidak melulu harus melalui pendidikan formal yang akan menghasilkan ijazah dan nanti dipakai sebagai salah satu syarat mendapatkan pekerjaan di perusahaan atau instansi.

Ingatlah, bahwa ijazah pendidikan tidak selamanya menjadi penentu kesuksesan meraih profesi atau pekerjaan. Ijazah hanya selembar kertas yang berisi tulisan dan angka. Yang paling berarti selain ijazah disini adalah pada orang yang bersangkutan untuk mau belajar dengan giat dan tekun, berusaha dengan keras dan berani mengambil keputusan dalam meraih profesi yang diinginkan itu yang mestinya ada dalam diri seseorang.

Sebagian orang yang selalu tergantung pada ijazah pendidikan adalah ketika mencari pekerjaan pasti melihat persyaratan yang diajukan oleh perusahaan atau instansi dengan melihat tingkat pendidikan. Sebenarnya ijazah bukan semata-mata menjadi penentu kesuksesan meraih pekerjaan atau profesi yang diimpikan. Banyak yang terjebak selama bertahun-tahun menganggur hanya karena bergantung pada lowongan kerja yang ada di media massa. Sebenarnya peluang kerja atau bisnis terbuka luas. Jangan hanya karena gengsi dan malu melakukan pekerjaan tertentu yang dianggap rendah oleh sebagian orang sehingga kita enggan untuk tidak berkarya dalam pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan dan terbukti bisa didapatkan tanpa perlu ijazah pendidikan, seperti tukang sampah, tukang becak, tukang parkir, tukang kebun, tukang sapu dan banyak lagi lainnya. Ini hanya sebagai contoh nyata bahwa pekerjaan apapun ada dan bisa dilakukan. Lowongan kerja tanpa ijazah berlaku disini, sehingga anda tidak perlu kecil hati jika ingin mendapatkan uang dari lowongan kerja tanpa ijazah yang selalu bertebaran di sekitar kita.

Seseorang tidak tahu bagaimana masa depan yang akan didapatkan nantinya. Untuk itu, seseorang hendaknya selalu mencoba hal baru yang bisa membuat manfaat bagi dirinya. Itu semua untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan serta pengetahuan yang bisa saja akan membawa kesuksesan di suatu hari nanti.

Yakinlah bahwa peluang untuk mendapatkan kesuksesan itu sangat luas. Ubah paradigma anda bahwa untuk mendapatkan pekerjaan bisa didapatkan tanpa mengandalkan ijazah. Tetap semangat dalam belajar dan berkarya. Semoga bermanfaat.