Monday, October 6, 2014

Cara Ekstrim Berhenti Merokok

rokok

Merokok sangat membahayakan kesehatan mulai dari serangan jantung, kanker paru-paru, kanker mulut, bronkitis kronis, kanker tenggorokan, kanker mulut, impotensi sampai gangguan kehamilan dan janin. Untuk itu bagi para perokok mohon untuk bisa merenungkan dan menyadari lebih dalam lagi dampak buruk dari merokok ini.

Masa depan anda berada di tangan anda sendiri. Jika anda ingin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit diatas tadi, maka sebaiknya untuk berhenti merokok. Memang diakui bahwa berhenti dari kebiasaan merokok adalah hal yang berat. Begitu banyak godaan yang membuat perokok selalu kembali merokok. Mulai dari masih banyaknya yang menjual rokok, iklan rokok di berbagai media, pergaulan yang dekat dengan rokok dan sebagainya.

Dibawah ini ada beberapa tips berhenti merokok atau cara berhenti merokok yang bisa membuat anda berhenti merokok dengan mudah, cepat dan aman:

  1. Niat kuat bahwa anda ingin sehat dari penyakit berbahaya yang mengancam nyawa. Bayangkan berapa biaya yang anda keluarkan jika anda terserang penyakit ganas yang sering diperingatkan di bungkus rokok.
  2. Buang atau hancurkan asbak rokok. Salah satu peralatan merokok ini bisa saja mengundang anda untuk merokok jika masih terlihat di rumah anda.
  3. Buat poster yang berbau anti rokok. Tempelkan poster ukuran besar bertemakan anti rokok di rumah anda. Agar anda selalu ingat bahwa betapa berbahayanya rokok.
  4. Perbanyak informasi tentang kejelekan dari rokok. Rokok sudah lama dicap negatif yang bisa dilihat dari sisi kesehatan, agama, lingkungan dan lain-lain. Kumpulkan informasi dan hasil penelitian ilmiah tentang efek negatif rokok. Ini akan membuat anda tidak mau merokok.
  5. Selalu ingat kesehatan keluarga anda. Asap rokok tentu tidak bisa berdiam di area anda saja. Asap selalu menyebar ke banyak orang. Ini berdampak luas terhadap datangnya potensi penyakit tidak hanya pada diri anda, bahkan kepada orang lain. Kasihanilah diri anda dan orang lain karena anda dan orang lain menginginkan kesehatan.
  6. Menabung. Salah satu dampak negatif merokok adalah menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Sudah berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli rokok. Jika lebih cermat, anda bisa mengalihkan uang untuk membeli rokok menjadi tabungan masa depan. Rencanakan untuk sesuatu yang lebih positif dan bermanfaat, misalnya uang tabungan kesehatan, rumah tangga, pendidikan anak, dan lain-lain.
  7. Minta diawasi oleh anggota keluarga anda. Pengawasan perlu untuk bisa menjaga anda dari kebiasaan merokok. Bantuan dan dukungan dari anggota keluarga bisa menjadi penentu berhasilnya anda keluar dari kebiasaan merokok.
  8. Makan makanan bergizi. Buatlah pola makan yang sehat dari sebelumnya. Mulai dari makan buah-buahan, sayur, ikan, daging, dan lain-lain. Dengan cara ini anda bisa lebih fokus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dibanding merokok.
  9. Berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan kebugaran dan memperlancar metabolisme tubuh. Rasakan kesegaran setelah anda berolahraga ringan seperti jalan kaki, senam, atau jogging.
Demikian cara yang bisa anda lakukan untuk bisa berhenti merokok. Semoga anda selalu menyadari bahwa kesehatan adalah segalanya. Berhenti dari merokok adalah keputusan yang tepat dalam hidup anda menuju pola hidup yang sehat. Semoga berhasil.