Tuesday, October 14, 2014

Fenomena Menakutkan Anak Kecil


Kita lihat di berbagai media massa tentang fenomena menakutkan, aneh, sekaligus mengkhawatirkan bagi para orang tua dari anak kecil yang mampu mengejutkan banyak orang yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak semestinya. Seperti misalnya ada anak kecil yang memakan tanah, obat anti nyamuk, merokok, bedak, dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah mengapa hal tersebut bisa terjadi? Disini perlu kita analisa lebih dalam lagi tentang bagaimana pengawasan dan pendidikan orang tua terhadap anak. Khususnya untuk anak yang masih berumur dibawah lima tahun.

Dari perisitiwa yang terjadi, ketika seorang anak melakukan hal yang tidak biasa atau sangat membahayakan, seperti mengkonsumsi sesuatu yang tidak layak seperti tanah, obat anti nyamuk, bedak, dan merokok. Orang tua yang bersangkutan malah membiarkan anaknya untuk melakukan hal-hal aneh tersebut. Alasannya adalah karena orang tuanya takut jika dihalang-halangi maka si anak menangis.

Jadi, apa yang harus dipilih dan dilakukan oleh orang tua? Sebaiknya orang tua melakukan cara yang bijak untuk terus menasehati anak, menjauhkan anak dari benda-benda yang bisa dijadikannya santapan tidak layak itu dari dirinya. Bukan malah, membiarkan kebiasaan aneh si anak, hanya karena takut si anak menangis, marah atau lainnya.

Jelas sekali jika anak dibiarkan melakukan hal berbahaya dengan mengkonsumsi benda-benda yang tidak layak untuk tubuh. Maka anak menganggap hal itu adalah biasa dan boleh karena orang tuanya selalu memberikan peluang dan izin. Risiko lainnya, bisa merusak tubuh anak tersebut di masa yang akan datang. Bagaimanapun respon si anak, orang tua tetap harus melakukan pencegahan dan perbaikan dalam hal mengubah kebiasaan aneh dan menakutkan anak menuju kebiasaan yang baik.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua agar fenomena menakutkan yang terjadi pada sebagian anak kecil tersebut bisa diantisipasi dan menjadikan anak sehat dan bisa hidup normal.