Tuesday, October 28, 2014

Inilah Sifat Terpuji Paling Disukai di Dunia


Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap orang perlu menunjukkan sifat yang baik atau terpuji kepada orang lain agar tercipta hubungan yang harmonis dan damai. Membangun tatanan moral itulah yang sebaiknya dimulai dari diri kita sendiri. Dari unit yang kecil lebih dahulu, mulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat hingga negara. Melalui proses inilah diharapkan akan terbentuk peradaban manusia yang mencapai suatu keberhasilan menjadi manusia yang berkarakter mulia dan terpuji.

Disaat sekarang, banyak kita lihat di berbagai media massa, tindak kriminal dan kejahatan lainnya yang membuat hati kita merasa sedih, khawatir dan takut. Membuat kita semua bertanya-tanya, mengapa ini terjadi?

Sudah berkurangnya sifat-sifat terpuji didalam diri manusia yang seakan dimangsa oleh sifat-sifat tercela dan jahat. Untuk itu, didalam diri kita semua perlu adanya kesadaran dan kelembutan hati untuk memahami ini semua. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugerahi akal dan hati nurani tentu kita terpanggil untuk memunculkan sifat terpuji dari diri kita untuk kita bisa ungkapkan dengan perilaku sehari-hari.

Sesuai dengan hal diatas, kita sebagai manusia sangat diharapkan untuk bisa memulai, membiasakan dan memasyarakatkan sifat-sifat terpuji dibawah ini:


1. Jujur

Sebagaimana kita ketahui bersama, kejujuran merupakan kunci kebaikan sedangkan kedustaan merupakan kejelekan. Hindarilah diri kita dari sifat dusta yang jelas akan membawa dan membuka peluang terjadinya kejahatan lainnya. Untuk mencegah itu, harusnya kita mengutamakan kejujuran dari hati yang paling dalam agar dalam berkomunikasi dan berinteraksi akan menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain.

2. Rendah Hati

Sifat rendah hati patut kita terapkan dalam kehidupan ketika memperoleh suatu hal yang baik, seperti mengemban jabatan, memperoleh harta, dan lainnya. Ingatlah selalu, bahwa itu semua hanya titipan dan ujian untuk kita gunakan dan manfaatkan untuk hal-hal positif.

3. Sederhana

Gaya hidup sederhana merupakan hal yang menjadi keseimbangan yang harus diaplikasikan dalam kehidupan kita. Sehingga kesenjangan sosial yang terjadi sekarang tidak membuat kecemburuan sosial.

4. Dermawan

Sifat dermawan sangat diperlukan pada saat ini ketika banyaknya orang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. Untuk mengatasi itu, sebaiknya bagi orang yang mempunyai harta banyak dan melimpah bisa berbagi dan membantu sesama yang sangat memerlukan bantuan.

5. Ramah

Sifat ramah adalah contoh sifat teladan yang baik bagi kita dalam bergaul di masyarakat. Dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan akan memunculkan sifat ramah dalam diri kita semua.

6. Sabar

Sabar adalah sifat yang menunjukkan bahwa seseorang bisa tahan menghadapi cobaan, tidak lekas marah, putus asa, atau patah hati. Mengambil keputusan dan tindakan dengan tenang, tidak terburu nafsu.  Kesabaran dalam diri kita akan menciptakan kedamaian dan suasana yang kondusif di dalam ruang lingkup masyarakat.

7. Malu

Sifat malu disaat sekarang juga sudah mulai berkurang dari sebagian orang. Orang yang mempunyai sifat malu adalah sesuatu yang baik. Karena malu pada dasarnya adalah memiliki dampak positif seperti seseorang akan merasa sangat tidak enak hati, hina, rendah dan sebagainya karena berbuat hal yang kurang atau tidak baik. Karena jika kita melakukan hal yang buruk atau salah, maka akan membuat diri kita malu.
 
8. Murah Senyum

Dengan sifat murah senyum ini, setiap orang akan merasa bahagia, senang dan simpatik ketika bertemu, berbicara dan mengutarakan sesuatu hal. Berbeda sekali, jika kita menampilkan wajah yang datar saja, tentu suasana menjadi hambar dan kurang nyaman.

9. Tolong Menolong

Begitu banyak orang di luar sana yang sedang mengalami kesusahan, keterpurukan, penderitaan dan korban kejahatan. Dengan sifat manusiawi yang selalu ingin menolong inilah yang harus kita tanamkan dan lakukan dalam diri kita untuk dapat membantu saudara kita yang mengalami kesulitan dalam berbagai hal

10. Kerja Keras

Untuk memperoleh sesuatu yang menjadi cita-cita, seseorang harus mempunyai semangat dan kerja keras dalam dirinya. Melakukan hal yang bermanfaat dan tidak malas-malasan. Kemajuan dan perkembangan seseorang tentunya ditandai dengan adanya kesungguhan dalam bekerja dalam berpikir dan bertindak. Seseorang yang terbiasa bekerja keras lebih besar peluangnya untuk mencapai sukses.

11. Bersyukur

Sebagai manusia dan makhluk Tuhan. Apa yang telah dikaruniakan kepada kita di dunia ini sangat banyak dan tak akan terhitung jumlahnya. Terimalah apa yang sudah ada dan bisa dinikmati, karena itulah karunia terbaik dari Tuhan untuk kita sebagai manusia. Ambillah hikmah apa yang telah kita dapatkan, merasa senang hati karena itu pasti dari Tuhan yang Maha Mengatur makhluknya.

12. Tidak Iri dan Dengki

Sifat iri dengki adalah sifat yang jahat dan sebaiknya dijauhi oleh kita semua. Ada beberapa alasan kenapa sifat iri dan dengki ini mesti dijauhi yaitu karena menunjukkan keburukan jiwa seseorang, dia tidak mencintai kebaikan untuk saudaranya padahal hal itu ia cintai untuk dirinya sendirinya saja. Api cemburu dapat selalu muncul di hati dan menimbulkan kekecewaan ketika orang lain mendapat kesenangan dan kenikmatan. Selain itu, sifat iri dengki bisa mendatangkan perpecahan dalam masyarakat.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai manusia tidak mencemari hati kita dengan sifat iri dengki akan karunia yang didapatkan orang lain. Karena pada dasarnya itu semua berasal dari Tuhan.

Semoga apa yang disampaikan ini bisa kita jadikan pelajaran dalam mengarungi hidup ini yang penuh dengan godaan jahat dan ujian. Akhirnya nanti kita bisa menerapkan dan menebarkan sifat terpuji diatas didalam lingkungan keluarga, masyarakat dan kehidupan bernegara. Semoga bermanfaat bagi kita semua.