Saturday, October 4, 2014

Tips Hilangkan Gaya Hidup Konsumerisme

konsumtif

Konsumerisme memiliki arti gaya hidup yang melampaui batas dari apa yang diperlukan. Berbelanja berbagai barang yang bersifat primer, sekunder dan tersier dengan kuantitas yang berlebihan. Sifat ini termasuk sesuatu hal yang bisa membawa dampak buruk bagi pelakunya. Baik yang akan terjadi di masa sekarang dan masa depan.

Gaya hidup konsumerisme sebenarnya muncul pada saat para bangsawan mempunyai kekayaan melimpah dan mereka selalu membeli barang mewah sebagai cara untuk mendongkrak status sosial mereka. Hal ini tentu saja menjadi salah satu pemicu terjadinya kesenjangan sosial yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin.

Bagaimanapun gaya hidup konsumerisme sebaiknya harus dihilangkan agar nanti melahirkan masyarakat yang tidak berperilaku boros, bisa mengatur keuangan dalam memenuhi apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan.

Adapun cara agar bagaimana anda sebagai pelaku ekonomi yakni konsumen untuk bisa menghindari atau menghilangkan gaya hidup konsumerisme ini adalah sebagai berikut:

1. Sadari berapa kemampuan ekonomi anda saat ini. Tiap orang pasti berbeda dalam hal kemampuan ekonomi. Jika kemampuan ekonomi anda masih menengah kebawah, sebaiknya dalam hal memenuhi kebutuhan primer menjadi target utama anda saat ini.

2. Buatlah daftar belanja untuk kehidupan sehari-hari anda. Ini perlu agar anda selalu menyusun rencana anda ke depan, apa yang ingin anda beli. Apakah tingkat keperluannya sama atau berbeda. Jika berbeda, pilihlah yang paling anda butuhkan saat ini terlebih dahulu.

3. Menabung. Sebagian orang sudah melakukan hal ini, dan sebagian lagi tidak peduli akan pentingnya menabung. Sisihkan sebagian gaji atau penghasilan anda sekitar 5-10% untuk dijadikan tabungan rutin tiap awal bulan. Perlu adanya komitmen yang kuat jika ingin menabung dan menjadi salah satu prioritas dalam menata langkah ekonomi di dalam kehidupan anda.

4. Berhemat. Hemat bisa berarti membelanjakan uang anda untuk sesuatu yang sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan anda sehari-hari. Sesuaikan dengan apa yang anda perlukan. Jauhi sifat ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari apa yang tidak anda perlukan. Ketahuilah bahwa gaya hidup hemat adalah gaya hidup orang kaya yang sukses.

Dari tips diatas diharapkan bisa membantu anda keluar dari gaya hidup negatif yakni konsumerisme dan menstabilkan dengan maksimal keuangan anda di masa depan.