Thursday, October 2, 2014

Tips Membangun Pola Mental Positif

mental positif, perilaku positif

Mental yang positif perlu dibangun dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan pola mental yang positif kita dapat memberikan dampak yang positif pula kepada orang lain dan lingkungan sekitar. Sehingga terciptalah suatu pola kehidupan masyarakat yang selalu menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab.

Tantangan yang kita hadapi sekarang adalah bagaimana merubah pola mental negatif yang ada pada diri kita menuju pola mental yang positif. Begitu banyak yang harus dilakukan dan begitu panjang waktu yang diperlukan untuk hal ini. Dari itu semua, kita bisa memulai dari hal-hal kecil yang akan merubah pola mental kita menjadi positif secara perlahan namun pasti.

Adapun cara-cara agar kita bisa meraih dan menjalankan pola mental positif dalam hidup kita sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Introspeksi diri. Cara ini cukup menjadikan diri kita sebagai makhluk yang selalu punya karakter dan perilaku yang sehari-harinya tidak luput dari kesalahan. Untuk itu, diharapkan kita mampu mencoba bercermin diri, apa saja kesalahan dan pola mental negatif yang sejak dulu sampai sekarang masih ada pada diri kita.

2. Rencana perubahan untuk menjadi baik. Hidup harus punya rencana, agar apa yang kita inginkan yaitu menjadi orang yang bermental positif bisa lebih terarah dan tahu apa saja yang akan dilakukan ke depan. Aturlah perencanaan dalam diri apa hal yang bisa kita mulai lakukan untuk mental yang positif. Sesuaikan dengan kemampuan terbaik anda, lakukan dengan hal kecil, hingga yang besar nantinya.

3. Perlu adanya dukungan dari keluarga. Kita akan mampu lebih baik dan kuat menjadi orang yang bermental positif jika ada pihak yang mendukung rencana kita, yaitu keluarga. Keluarga pasti akan siap mendukung kita menjadi orang yang baik.

4. Lakukan tindakan yang bersifat positif. Cerminan dari orang yang bermental positif adalah dengan ditandai adanya sikap dan karakter kita dalam sehari-hari. Misalkan orang yang sebelumnya selalu mempunyai kebiasaan malas dan ingin merubahnya menjadi rajin, itu bisa dilihat dari perubahan yang terjadi, ketika orang mampu melakukan pekerjaan dengan giat, ulet dan serius. Buktikan bahwa kita sudah bisa melakukan sesuatu yang berdasarkan mental yang positif.

Cita-cita setiap orang untuk merubah dan membangun pola mental menjadi positif sangatlah patut dihargai sebagai perwujudan adanya kesadaran dalam diri bahwa orang tersebut masih bermental negatif dan punya tekad menjadi bermental positif untuk bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Semoga tips diatas bisa membantu kita menjadi orang yang bermental positif.