Monday, November 10, 2014

10 Tips Sukses Menjalin Persahabatan


Persahabatan adalah hubungan antar manusia yang sangat erat yang selalu menghiasi hidup kita. Persahabatan bisa terjalin oleh beberapa sebab seperti dalam hal berbisnis, profesi, sekolah, kuliah, komunitas, kantor, perdagangan dan lainnya. Sebuah persahabatan yang baik akan memunculkan sesuatu dampak positif bagi yang menjalaninya, hidup akan menjadi lebih bersemangat, bermakna positif, dan membantu kita dalam mencapai kesuksesan dalam hidup.

Kadang dalam perjalanannya, persahabatan bisa juga membuat jalinan hubungan pertemanan yang awalnya berjalan harmonis, baik, tenang, dan stabil menjadi tidak baik, dan berpeluang berubah menjadi permusuhan dan konflik ke depan. Faktor yang menyebabkan rusaknya persahabatan bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah karena uang, jabatan, percintaan, dan lainnya.

Persahabatan sangat perlu kita bina dalam masyarakat agar hubungan sosial yang ada membuat tatanan masyarakat selalu berpedoman pada persaudaraan, kekeluargaan yang akan mempererat kerukunan di masyarakat. Sehingga nanti tercipta sebuah kehidupan yang tentram, peuh dengan nilai kebersamaan. Perdamaian akan terjalin dengan suatu persahabatan antar manusia yang saling berbuat baik kepada sesama.

Lalu, bagaimana agar kita sebagai makhluk sosial bisa membangun persahabatan yang sehat dan positif bagi diri kita, dan juga orang lain? Berikut ada 10 tips yang bisa anda terapkan dalam menjalin persahabatan agar menjadi jalinan yang baik, penuh kasih sayang dan cinta.

1. Saling jujur
2. Saling memberi
3. Saling sopan
4. Bertutur bahasa yang baik
5. Suka menolong dalam kebaikan
6. Tidak mengumbar aib/kekurangan sahabat kepada orang lain
7. Tepati janji
8. Sabar
9. Hilangkan egoisme
10. Tidak iri dengki

Semoga dengan 10 tips diatas bisa membuat kita sebagai manusia dan makhluk sosial selalu berusaha untuk menjalin dan membangun sebaik mungkin persahabatan dengan orang banyak. Sehingga terciptalah peradaban manusia yang baik dan berakhlak mulia di lingkungan sekitar kita. Semoga bermanfaat buat kita semua.