Saturday, November 15, 2014

2 Sifat Terpenting Agar Hidup Bahagia


Banyak masalah yang telah kita rasakan di dalam kehidupan ini. Mulai dari yang kecil hingga besar. Setiap waktu, pikiran, tenaga, ataupun biaya telah kita kerahkan agar masalah yang ada dan sedang kita hadapi tersebut bisa selesai sebaik mungkin.

Kadang kita temui sebagian orang ketika tertimpa masalah atau musibah ada yang bersikap seperti orang yang stres, menangis berlebihan, berteriak, bahkan yang lebih gila lagi, mencoba untuk bunuh diri. Tentu hal ini adalah suatu yang tidak dibenarkan. Malah akan menambah masalah lebih besar lagi.

Sebaiknya kita sebagai manusia tetap menempuh cara yang terbaik yaitu bersabar ketika masalah atau musibah menimpa kita. Tuhan tidak akan pernah memberikan musibah kepada makhluk-Nya dengan tanpa hikmah dan pelajaran. Masalah atau musibah yang pernah kita alami, mempunyai arti yang besar untuk kita ambil sisi positif, hikmah dan pelajaran, agar kita disuruh bersabar, bijaksana, berusaha untuk memecahkan masalah atau melalui musibah tersebut dan menjadikan kita sebagai manusia yang tabah, penyabar dan berpikir positif.

Orang yang kuat adalah yang mampu menahan dirinya dari hal-hal yang berakibat dirinya malu, lemah, mudah terombang-ambing, putus asa dan patah semangat. Sifat sabar semestinya menjadi modal karakter kita dalam menjalani kehidupan yang rumit sekarang ini.

Selain masalah atau musibah yang ada di kehidupan kita. Ternyata banyak yang belum kita renungkan dan sadari, bahwa hidup ini juga penuh dengan kenikmatan atau anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. Terlepas apakah seseorang itu miskin, kaya, tua, muda, pria dan wanita. Tetaplah mensyukuri apa yang telah anda rasakan. Sebagai contoh, berapa besar nikmat yang anda rasakan ketika diberi Tuhan anggota tubuh yang lengkap, sehat dan berfungsi dengan baik.

Dengan anggota tubuh lengkap, bukankah kita bisa beraktivitas dan melakukan hal-hal bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain? Dari banyaknya anugerah dan kenikmatan dari Tuhan, seluruhnya kita harus bersyukur akan hal ini. Kita sebagai manusia pasti tidak akan bisa menghitung berapa jumlah nikmat dari Tuhan.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan, bahwa betapa pentingnya sifat sabar dan bersyukur dalam diri kita dan juga kehidupan. Semoga kita mampu menerapkan dua sifat ini dalam kehidupan kita sehari-hari agar membuat hidup menjadi lebih indah, damai, tenang dan membawa kebaikan. Semoga bermanfaat buat kita semua.