Monday, November 17, 2014

5 Kerugian Fatal Akibat Merokok


Rokok adalah salah satu produk yang sampai sekarang selalu populer di masyarakat. Namun kepopuleran rokok lebih banyak mengarah ke arah yang negatif. Menariknya, masih banyak yang menggunakan rokok.

Mengapa rokok masih diminati banyak orang? Karena perusahaan rokok tetap berproduksi dan beriklan di berbagai media massa. Tentu ini suatu hal yang ironis. Di satu sisi rokok sangat membahayakan kesehatan dan di sisi lain rokok tetap saja diproduksi.

Sebagai manusia yang selalu peduli kesehatan dan masa depan, perlu kesadaran tinggi dan mencari sebanyak mungkin informasi yang valid akan zat-zat yang terkandung di dalam rokok, sehingga pengetahuan akan rokok lebih mendalam diketahui.

Secara garis besar, merokok memberikan efek negatif lebih besar. Hampir tidak ada sisi positifnya. Berikut 5 kerugian fatal akibat merokok:

1. Merokok mengakibatkan kesehatan terancam dengan penyakit berisiko tinggi seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

2. Mengakibatkan kerugian secara ekonomi karena kecanduan rokok pasti mengeluarkan uang banyak dalam jangka waktu yang lama

3. Merugikan kesehatan orang lain karena asap rokok mudah menyebar kemana-mana sehingga menyebabkan orang lain menjadi perokok pasif

4. Salah satu pemicu orang untuk mencoba zat candu lain yang lebih berbahaya yaitu narkoba

5. Menyusahkan keluarga jika suatu saat nanti perokok terserang penyakit, berapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk pengobatan di rumah sakit dan lainnya

Dengan mengetahui kerugian fatal atau besar yang disebabkan oleh kegiatan merokok ini, diharapkan kita bisa menyadari sepenuhnya akan bahaya dan kerugian dari merokok. Karena kesehatan sangat mahal bahkan tak terhingga harganya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.