Saturday, November 22, 2014

6 Cara Cerdas dalam Mengelola Gaji

gaji, upah, uang, gaji karyawan, mengelola gaji

Bagi karyawan atau pegawai, mendapatkan gaji adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Karena disaat karyawan sudah menjalankan tugas-tugas atau kewajibannya di kantor, maka hak karyawan yaitu memperoleh gaji. Gaji yang didapatkan akan bisa membuat seseorang memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Ada yang menggunakannya untuk kebutuhan primer, sekunder bahkan tersier.

Cukup tidaknya gaji yang didapatkan untuk 30 hari ke depan, tergantung pada rencana dan perilaku yang ada pada diri anda. Ada yang punya rencana dengan sebagian gajinya untuk menabung, bahkan ada pula yang langsung berpikir menggunakan uang untuk belanja barang-barang konsumtif.

Lalu, bagaimanakah cara yang cerdas agar bisa gaji yang diperoleh dapat dikelola dengan baik dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat? Simak caranya berikut ini:

1. Ketika Anda mendapatkan gaji, sisihkan sekian persen uang dari gaji Anda, misalnya Anda mendapatkan gaji Rp. 1.000.000 dalam sebulan. Sisihkan 10% nya yaitu Rp. 100.000. Ini bertujuan untuk cadangan uang Anda, istilah lainnya yaitu menabung. Menabung adalah cara untuk menjadi kaya. Anda bisa menggunakan uang untuk hal positif nantinya.

2. Kurangi membeli barang yang kadar kepentingannya rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Penuhi kebutuhan pokok Anda dulu, seperti makanan, minuman, pakaian yang sederhana, keperluan tempat tinggal seperti listrik dan sebagainya.

3. Sisihkan sebagian gaji Anda untuk dana atau modal usaha. Salah satu kesalahan karyawan adalah tidak menambah celah penghasilan. Dengan hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan, Anda akan kesulitan. Selalu cari informasi peluang usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian, kumpulkan dana hingga cukup. Anda akan bisa memiliki usaha sampingan selain sebagai karyawan.

4. Sisihkan sebagian gaji Anda untuk sedekah. Karena banyak di luar sana yang membutuhkan bantuan uluran tangan kita.

5. Catat pendapatan dan pengeluaran Anda dalam sebuah buku khusus. Ini bagus agar Anda tahu bagaimana uang Anda mengalir. Apakah banyak yang keluar atau masuk. Jika banyak yang keluar, maka koreksi kembali apa saja yang tidak penting untuk dihilangkan dari daftar belanja Anda.

6. Terbiasa dengan hidup sederhana, cukup dan hemat. Dengan hidup sederhana, Anda akan punya cadangan dana lebih besar nanti. Berbeda sekali jika seseorang bergaya hidup konsumtif, mewah dan berlebihan. Maka otomatis uang gaji akan cepat habis tak tersisa sebelum gajian berikutnya.

Itulah beberapa tips cerdas dalam mengelola gaji. Gaji akan bermanfaat jika dikelola, diatur dan digunakan secara bijak dan positif. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua. Selamat mencoba.