Thursday, November 6, 2014

8 Tips Mudah Agar Anak Rajin Belajar


Anak merupakan amanah dari Tuhan. Sebagai orang tua kita harus memberikan nafkah, pendidikan, bimbingan dan lainnya. Karena anak adalah tanggung jawab yang bisa dibilang besar. Maka orang tua harus berupaya dengan sungguh-sungguh akan hal ini agar bisa melahirkan anak-anak yang berkualitas, bermoral, berakhlak, cerdas, berbakti kepada orang tua, dan juga berguna buat masyarakat.

Namun banyak kita temui selama ini bahwa banyak anak yang sedang menjalani pendidikan di sekolah tidak bisa meraih prestasi yang baik, melakukan hal-hal yang melanggar aturan, tawuran, terjebak pada pergaulan bebas sehingga yang terjadi adalah prestasi yang seharusnya diraih malah menjadi anak yang nakal, tidak berprestasi, bermoral rendah dan lain sebagainya.

Ini tentu akan berdampak kepada masyarakat luas, masa depan generasi bangsa akan menghadapi ancaman serius. Karena pendidikan yang baik menentukan masa depan anak kita nanti dimasa depan.

Lalu, bagaimanakah agar anak kita bisa termotivasi dan rajin dalam belajar sehingga bisa meraih prestasi baik di sekolah?

Berikut ada beberapa tips yang bisa kita tempuh untuk membuat anak rajin belajar dan memiliki motivasi tinggi untuk meraih prestasi.

1. Berikan janji hadiah kepada anak dengan syarat jika dia bisa meraih prestasi tertentu, misal ketika dia meraih ranking 1 di kelas.

2. Berikan perhatian kepada anak dalam hal kegiatan belajarnya di sekolah. Apa saja yang telah dia dapatkan di sekolah? Pelajaran apa yang membuat dia semangat dan juga yang membuat dia kurang mengerti.

3. Jalin hubungan orang tua dan guru di sekolah. Perlu adanya kerjasama antara orang tua dengan guru, agar bisa saling bertukar informasi dan ide bagaimana anak bisa mengalami kemajuan dalam proses pendidikan.

4. Berikan nasihat dan semangat kepada anak betapa pentingnya pendidikan yang dia tempuh sekarang ini untuk masa depannya.

5. Selalu mendo'akan anak agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan, berbakti kepada orang tua, cerdas, berguna bagi orang banyak.

6. Dampingi anak anda ketika belajar di rumah, tujuannya agar bisa memberikan panduan baik bagaimana anak bisa memahami pelajaran.

7. Pilihkan teman yang baik untuk anak. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pertemanan menentukan bagaimana anak kita. 

8. Sediakan perlengkapan belajar agar bisa membangkitkan minat belajar baik berada di rumah atau di sekolah.

Semoga tips diatas bisa membantu kita dalam usaha agar anak menjadi berprestasi terbaik di sekolah, bermoral, punya motivasi dalam proses belajar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.