Sunday, December 28, 2014

4 Dampak Memuji Anak Secara Berlebihan


Pujian yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya adalah suatu hal penting. Di sisi lain jika orang tua memberikan pujian secara berlebihan, maka hal ini akan menimbulkan dampak negatif.

Dampak negatif tersebut berkenaan dengan mental dan juga perkembangan anak. Bagi orang tua yang peduli dan sayang pada anaknya, pasti hal ini tidak ingin terjadi. Perlu diketahui terlebih dahulu, hal apa saja yang bisa terjadi ketika orang tua memuji anak secara berlebihan.

1. Merekayasa anak

Memuji adalah ungkapan yang diberikan kepada seseorang ketika dia melakukan sesuatu yang baik. Jika orang tua terlalu sering memuji si anak, maka anak selalu terbiasa mengharapkan dan menunggu pujian dari orang tua, bahkan mungkin saja dari orang lain di sekitarnya. Pujian yang berlebihan cenderung membuat si anak menjadi arogan. Berbeda lagi nanti jika tidak ada yang memujinya, itu bisa saja membuat si anak tidak percaya diri dan lain sebagainya.

2. Turunnya minat si anak

Di dalam sebuah penelitian menyimpulkan bahwa orang yang dipuji atas perbuatan yang telah dilakukannya, akan mengurangi minat akan suatu hal. Begitu juga ini terjadi pada anak-anak, hindari pujian yang berlebihan agar anak tetap fokus dan tidak cepat puas.

3. Bernada ejekan

Ungkapkanlah sesuatu yang jujur untuk membangun semangat dan motivasi yang lebih positif kepada anak ketika dia merasa perbuatannya kurang memuaskan dan tak semestinya untuk dipuji. Jika orang tua memuji terlalu berlebihan, maka terdengar seperti sebuah ejekan.

4. Menimbulkan beban kepada anak

Ketika anak dipuji saat melakukan tugas, itu malah menambah beban kejiwaan padanya. Karena secara tidak langsung menuntutnya untuk hasil yang sempurna dan mewujudkan pujian dari orang tua. Tetapi, bukan berarti orang tua menahan untuk memuji anak. yang terpenting adalah berikan pujian sepantasnya.

Itulah dampak yang diakibatkan dari pujian berlebihan orang tua kepada anaknya. Semoga dari informasi diatas bisa kita jadikan pelajaran sebagai orang tua dalam berkomunikasi terhadap anak ketika ingin memberikan pujian. Semoga bermanfaat buat kita semua.