Monday, December 8, 2014

5 Manfaat Kesehatan dari Jenggot


Pria selalu identik dengan tumbuhnya kumis dan jenggot pada bagian wajahnya. Hal ini tentu menarik karena dengan tumbuhnya kumis dan jenggot pada pria akan menambah kegantengan dan kegagahan seorang pria dihadapan orang lain, khususnya wanita.

Tetapi, sebagian pria ada yang masih merasa enggan untuk berkumis dan berjenggot karena dianggap dan terlihat kotor, tidak rapi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagian mereka selalu mencukur habis kumis dan jenggot. Hal itu cukup merepotkan bukan? Dengan menyiapkan alat pencukur kumis dan jenggot, Anda harus mencukurnya beberapa hari sekali.

Tahukah Anda, kalau menipiskan kumis dan membiarkan panjang jenggot itu ada manfaat kesehatannya? Simak informasi berikut ini:

1.  Melindungi dari sinar matahari

Peneliti mendapatkan penemuan bahwa bagian tubuh yang tertutupi oleh kumis dan cambang rata-rata tiga kali lebih sedikit terpapar sinar Ultra Violet yang sangat berbahaya dibandingkan dengan bagian tubuh yang tidak tertutup rambut apapun.

Dengan menggunakan teknik dosimetrik yang dapat mengukur jumlah sinar atau radiasi yang diserap tubuh, diperoleh fakta bahwa jenggot memberikan perlindungan terhadap sinar matahari hingga 90-95 persen, meski hal itu bergantung pada panjangnya jenggot.

2. Mencegah serangan asma

Pria yang asmanya dipicu oleh serbuk bunga dan debu dapat terlindungi oleh jenggot yang lebat karena jenggot itu dapat membantu mengurangi gejala asmanya.

3. Bisa memperlambat penuaan

Jenggot yang tumbuh mampu menjaga kulit tetap lembab, yaitu melindunginya dari angin yang dapat membuat kulit menjadi kering.

4. Bisa melawan batuk

Menurut Carol Walker, jenggot tebal yang tumbuh di bawah dagu dan leher akan meningkatkan temperatur leher serta membantu melawan demam dan batuk.

“Rambut adalah semacam insulator yang bisa membuat Anda merasa hangat. Jenggot yang panjang dan tebal juga dapat menjebak udara dingin dan meningkatkan suhu leher sehingga Anda bisa bertahan di bawah cuaca dingin,” ungkapnya. Jelas sekali, bahwa jenggot mampu mengontrol suhu tubuh.

5. Mencegah ruam kulit

Menurut Dr. Martin Wade, konsultan dan pakar dermatologi dari London Skin and Hair Clinic, dia mengungkapkan bahwa, “Bercukur itu merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada bagian tubuh yang tertutup jenggot. Aktivitas ini dapat berakibat pada ruam akibat pisau cukur, rambut tumbuh ke dalam kulit dan folikulitis (infeksi folikel rambut yang menyebabkan munculnya bintik-bintik di kulit,”. Dengan tidak mencukur habis jenggot, kulit Anda terhindar dari ruam kulit.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan sebagai pria dari memelihara jenggot. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.