Monday, December 29, 2014

Tips Mudah dan Aman dengan Situs Jejaring Sosial


Dalam hal keamanan internet, sejumlah besar fokus telah ditempatkan pada remaja dan penggunaan situs jaringan sosial. Meskipun penting bagi remaja untuk berhati-hati ketika menggunakan situs ini populer, mereka bukan satu-satunya orang yang harus peduli dengan keselamatan mereka. Jika Anda adalah seorang dewasa, yang menikmati jaringan online, Anda juga harus berhati-hati ketika datang untuk bertemu dan berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya.

Meskipun situs-situs jaringan sosial adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan pengguna internet lainnya, terutama dengan minat yang sama dengan Anda, mereka juga bisa mendatangkan bahaya. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak contoh laporan ketika individu yang dirugikan, mereka pergi untuk bertemu seseorang yang sebelumnya mereka bertemu di jaringan sosial media. Jika Anda tidak berhati-hati dan waspada, hal yang sama bisa terjadi pada Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda harus merasakan ketakutan. Bagaimanapun, Anda perlu berhati-hati ketika beraktivitas online.

Salah satu dari banyak cara yang dapat Anda perbuat untuk melindungi diri sendiri, ketika datang untuk menggunakan situs jejaring sosial online, adalah dengan memperhatikan apa yang Anda posting secara online, khususnya di profil Anda. Anda mungkin tidak tahu ini, tetapi sejumlah besar situs jaringan, termasuk Facebook, Twitter, dan Google+ memungkinkan semua pengguna internet untuk melihat halaman profil Anda. Pengguna internet ini tidak perlu harus menjadi anggota komunitas online Anda. Ini berarti bahwa meskipun jaringan sosial Anda mungkin aman, masih ada orang-orang buruk di luar sana yang bisa dengan mudah mendapatkan informasi pribadi Anda.

Selain informasi yang Anda berikan kepada pengguna internet lainnya, termasuk profil anggota, Anda disarankan untuk berhati-hati ketika melakukan kontak atau komunikasi dengan pengguna internet lainnya, terutama yang menghubungi Anda. Sejumlah besar situs jejaring sosial memiliki keanggotaan terbuka. Pada dasarnya, ini berarti bahwa setiap orang dapat dengan mudah bergabung dan menjadi anggota. Hanya karena seseorang mengatakan mereka adalah siapa mereka, itu tidak berarti bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya. Jika pada setiap saat selama percakapan Anda, Anda merasa bahwa Anda berbicara dengan seseorang yang membuat Anda merasa nyaman atau tidak mengatakan yang sebenarnya, Anda disarankan untuk mengakhiri percakapan Anda.

Bagi banyak orang itu sudah cukup untuk chatting dengan orang lain secara online, tetapi untuk beberapa hal itu tidak cukup. Apakah Anda diminta untuk bertemu dengan teman online atau jika Anda memulai pertemuan diri sendiri, Anda disarankan untuk berhati-hati. Anda tidak akan ingin bertemu dengan seseorang yang Anda hanya dikenal online untuk waktu singkat. Untuk alasan keamanan, sangat disarankan bahwa Anda berbicara dengan salah satu teman online Anda setidaknya sebulan sebelum menyetujui untuk bertemu dengan mereka. Jika telah sepakat dan pertemuan berlangsung, Anda dihimbau untuk bertemu di tempat umum. Dengan cara itu jika pertemuan Anda kurang berjalan baik dari apa yang telah Anda rencanakan, Anda akan dapat memastikan keselamatan dengan meminta bantuan orang lain di sekitar Anda.

Langkah-langkah pencegahan yang telah disebutkan di atas hanyalah beberapa dari banyak yang harus Anda ambil. Meskipun Anda mungkin khawatir tentang menyakiti perasaan seseorang atau kehilangan seorang teman online, Anda tidak seharusnya khawatir. Keselamatan Anda jauh lebih penting untuk diperhatikan dengan apa yang orang lain akan pikirkan atau rasakan.  Tetap gunakan jejaring sosial dengan bijak dan hati-hati. Semoga bermanfaat.