Monday, December 22, 2014

Tips Pintar Memilih dan Membeli Flash Disk Berkualitas


Flash Disk sangat diperlukan bagi pengguna komputer ataupun laptop dikarenakan fungsinya yang begitu banyak. Seperti untuk menyimpan data penting, sebagai bootable usb flash disk, penyimpan sistem operasi (live usb), pendobrak kinerja komputer dan menyimpan berbagai aplikasi portabel.

Begitu banyak flash disk yang beredar di pasaran dengan berbagai merk, kapasitas penyimpanan dan harga. Oleh karena itu, kita perlu teliti dan selektif dalam menentukan flash disk yang ingin kita beli agar mendapatkan flash disk yang berkualitas baik.

Lalu, bagaimana cara mengetahui flash disk yang berkualitas baik? Dibawah ini ada beberapa tips bermanfaat buat Anda yang ingin membeli flash disk. Hal ini sangat penting agar nanti tidak mengalami penyesalan di kemudian hari dan tidak mengalami kesalahan ketika membeli produk flash disk.

1.  Dukungan software

Pilihlah USB flash disk yang memiliki chip pengontrol di setiap unitnya. Chip pengontrol ini berfungsi memudahkan dalam menginstall software portabel. Contohnya seperti Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain. Anda juga dapat memilih flash disk yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi tanpa harus menggunakan driver.

2. Kecepatan Transfer Data

Menurut fakta, kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s.

3. Desain Sesuai Kebutuhan

Flash disk bisa Anda tentukan berdasarkan desainnya. Misalkan Anda seorang wanita bisa memilih flash disk yang berdesain feminim. Atau buat Anda yang suka bepergian membawa flash disk bisa juga memilih flash disk yang bentuknya ramping untuk memudahkan membuatnya di kantong baju Anda.

4. Kelengkapan Produk

Perhatikan kelengkapan produk saat membeli flash disk, seperti tali gantungan, tutup casing flash disk, kabel USB, dan lainnya.

5. Kapasitas Penyimpanan Data

Pilihlah USB flash disk dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat bootable usb flash disk untuk sistem operasi biasanya diperlukan flash disk sebesar 2GB. Berbeda jika Anda membeli flash disk dengan tujuan penyimpanan data saja.

6. Produsen

Belilah flash disk dari produsen yang memiliki service center yang jelas. Sehingga jika nanti terjadi masalah, Anda bisa menghubungi mereka dengan mudah.

7. Garansi Produk

Cari flash disk yang memiliki garansi seumur hidup. Tetapi pada umumnya rata-rata penggunaan flash disk berkisar antara 2-3 tahun saja. Itu terjadi karena faktor jenuh dalam pemakaian atau ingin membeli flash disk yang lebih besar kapasitasnya. Hal ini membuat orang beranggapan bahwa masa garansi cukup hanya 2 atau 3 tahun saja.

8. Uji Coba Flash Disk

Setelah membeli flash disk, segeralah untuk mengujinya dengan menyalin data dari komputer ke flash disk Anda. Bisa juga menggunakan aplikasi uji coba dan pengukur kinerja flash disk untuk mengetahui kecepatan transfer data.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih dan membeli flash disk yang berkualitas baik untuk keperluan sehari-sehari ketika menyimpan data atau yang lainnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.