Monday, January 26, 2015

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert

introvert berbisnis

Setiap orang pasti ingin memiliki berpenghasilan dan tertarik ingin mendapatkannya dengan merintis bisnis. Tidak terkecuali bagi para introvert dan terkesan pendiam. Apakah mereka ini sulit meraih kesuksesan dalam bidang bisnis?

Jawabannya tentu tidak. Para introvert dan pendiam ini masih terbuka peluang mereka dalam berbisnis. Sebagian orang akan mengira introvert atau pendiam tidak akan bisa sukses dalam hal bisnis. Karena mereka menganggap berbisnis tentu memerlukan komunikasi dan interaksi sosial secara intens. Jadi, kesimpulan mereka hanya para ekstrovert lah yang bisa sukses.

Pernyataan seperti ini sebenarnya bisa dipatahkan. Para introvert dan pendiam tetap memiliki kecerdasan dan keterampilan khusus yang tidak dimiliki oleh orang ekstrovert.

Dari banyak orang yang ada di dunia ini, apakah hanya dibagi menjadi 2 jenis karakter saja, yaitu introvert dan ekstrovert? Mungkinkah ada orang-orang yang bisa berkarakter introvert sekaligus ekstrovert. Karena ada fakta bahwa ada saja orang yang yang terkadang bisa merasakan kenyamanan ketika sendirian dan di waktu lain ingin mencoba bergabung dan bersama-sama dengan orang banyak.

Bahkan diri kita pribadi tidak bisa memastikan apakah kita ini introvert atau ekstrovert. Setiap orang punya pengalaman pribadi berbeda dalam menjalaninya. Yang pasti kehidupan tidak akan bisa berjalan jika orang-orang di dunia ini hanya berisi orang introvert saja dan begitu juga sebaliknya.

Ciri-ciri orang introvert adalah tidak terlalu sering melibatkan diri pada aktivitas sosial, tidak suka dengan kerja tim, mampu bekerja secara mandiri dan menyukai bekerja dari rumah atau di kamar kerja khusus. Dibawah ini ada 20 contoh ide peluang bisnis yang biasa dilakukan untuk para introvert dan pendiam.

1. Penulis Lepas: Memanfaatkan tingkat kreatifitas dan imajinasi. Seorang introvert bisa sukses menjadi penulis lepas yang tidak terikat dengan pekerjaan kantor.

2. Perancang Website: Anda sudah tahu secara pasti, bahwa situs web adalah media yang hanya bisa diakses sepenuhnya hanya melalui internet. Dengan jalan inilah Anda bisa mengatur aspek pemasaran dan juga promosi ke banyak orang tanpa harus bertatap muka dan bertemu dengan banyak orang.

3. Perancang Gambar: Pekerjaan atau bisnis grafis ini hanya dilakukan di depan komputer atau laptop. Bisnis ini sangat menggiurkan dan sedang ramai saat ini dalam segi permintaan pasar.

4. Penulis Blog: Setiap orang ingin mengungkapkan opini dan pemikirannya. Tidak terkecuali orang yang introvert. Disini mereka bisa menuangkan dan mempublikasikannya melalui blog online pribadi. Disamping itu, dalam sebuah blog yang sudah ramai pengunjung, bisa dijadikan uang dari spot iklan yang disediakan disana.

5. Konsultan Media Sosial: Seorang introvert senang dengan situs media sosial. Karena interaksi yang tanpa harus bertemu secara fisik dengan teman-teman dan keluarga. Sangat praktis dan cepat tanpa batas waktu dan ruang. Peluang menjadi konsultan media sosial sangat terbuka buat Anda untuk perusahaan yang ingin berpromosi dan beriklan mengenai produk dan jasa mereka di media sosial.

6. Bisnis Toko Online: Bagi Anda yang hobi berbisnis jual beli barang. Tapi kurang suka keluar rumah untuk aktivitas jual beli. Jangan khawatir akan hal ini. Tidak perlu memendam keinginan punya bisnis ini. Anda bisa membuat website toko online untuk memajang barang-barang yang ingin dijual dan bertransaksi secara online tanpa perlu sering bertemu muka dengan calon pembeli. Bisnis ini sedang populer dan orang mulai senang berbelanja online. Manfaatkan peluang bisnis ini untuk Anda meraih sukses walaupun Anda seorang introvert.

7. Jasa Pindahan Barang: Bisnis ini masih sangat jarang dilakukan orang. Sebagian keluarga atau orang masih ada yang tidak menetap dalam hal tempat tinggal dan sering berpindah-pindah tempat tinggal dari satu daerah ke daerah lain. Untuk memudahkan mereka, maka jasa pindahan barang ini bisa dilakukan dan tak perlu ragu menjalankannya. Tugas utamanya adalah mengangkut barang-barang ke tempat yang diinginkan oleh klien Anda.

8. Menjual Stok Fotografi: Anda suka dengan dunia fotografi dan punya koleksi foto yang menarik dari berbagai kategori. Anda manfaatkan itu menjadi saham atau aset yang bisa dijual. Biasanya yang memerlukan foto adalah perusahaan berita dan penerbit. Foto sangat menunjang dan mendukung untuk sebuah tulisan.

9. Jasa Pengantaran Barang: Sekarang ini bisnis pengiriman barang sangat populer di masyarakat. Distribusi barang sangat ramai setiap harinya dari satu tempat ke tempat lainnya. Orang introvert sangat cocok menjadi kurir barang karena tidak memerlukan banyak waktu berbicara dengan pengguna jasa ini. Tugas utamanya hanya menjemput dan mengantar barang ke rumah klien.

10. Menjual Tiket Online: Dengan kemudahan teknologi internet. Anda bisa berbisnis tiket secara online yang membuka peluang mendapat pelanggan lebih banyak. Khususnya tiket pesawat yang sering digunakan orang banyak untuk bepergian di wilayah domestik atau ke luar negeri. Anda juga dapat menjual reservasi hotel untuk menambah penghasilan disamping tiket pesawat.

11. Bisnis Kue: Bagi Anda yang suka di rumah dan hobi membuat kue yang enak dan disukai banyak orang. Ini peluang baik buat Anda. Anda hanya bekerja lebih banyak di dapur. Kemudian Anda bisa merekrut orang lain untuk memasarkan dan menjual kue tersebut ke pelanggan.

Itulah 11 peluang bisnis terbaik yang mudah-mudahan cocok bagi orang yang berkarakter introvert dan pendiam. Tidak semua orang introvert itu sulit untuk sukses apalagi dalam berbisnis. Karena mereka punya kelebihan yang bisa diasah dan lakukan asalkan ada motivasi dan kemauan yang kuat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam sukses.