Thursday, January 1, 2015

5 Tips Cerdas Menghemat Waktu Anda


Waktu adalah sesuatu yang tak bisa kita lihat dan rasakan. Tetapi, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi setiap orang. Betapa tidak, waktu bisa diibaratkan sebagai kesempatan dan peluang untuk melakukan hal-hal terbaik dalam hidup. Waktu bersifat dinamis, tidak diam dan terus berjalan detik demi detik.

Sebagai manusia yang cerdas, tentu kita harus menanfaatkan waktu sebagai modal berharga untuk masa depan yang lebih baik, tidak kita gunakan secara sia-sia atau sembarangan. Sehingga kita tidak menjadi manusia yang merugi. Bagaimanakah cara tepat dan cerdas untuk menghemat waktu agar lebih bermakna dan berharga? Ikuti 5 tips dibawah ini:

1. Lakukan hal-hal tertentu yang lebih sedikit


Hal-hal yang bisa dilakukan kurang atau hal-hal yang bisa dilakukan sekali bukan dua kali adalah hal-hal yang akan membantu kita menghemat banyak waktu. Bersihkan rumah Anda sekali setiap sepuluh hari, bukan setiap 7 hari. Anda bisa melakukan itu, itu sesuatu yang normal dan rumah tidak akan kotor dalam tiga hari tambahan.

Membuat laporan kerja setiap enam minggu tidak setiap empat minggu jika mungkin. Jauhkan pertemuan untuk menginformasikan diri pada proyek-proyek yang sedang berlangsung dua kali sebulan tidak setiap minggu. Dan daftar hal-hal yang dapat dilakukan kali lebih sedikit bisa berlangsung selamanya.

2. Bersaing dengan diri sendiri!


Perhatikan jam dan menetap untuk menyelesaikan suatu kegiatan dengan jam tertentu. Fokus, dapatkan tongkat apa pun yang bisa mengalihkan perhatian Anda dan bekerja lebih efisien.

3. Tanyakan lebih dari 15 menit

Dapatkah Anda menemukan 15 menit sehari yang dapat Anda gunakan lebih efisien? Apakah ada kehilangan waktu dalam kegiatan Anda? Atau mungkin kurang aktivitas penting yang dapat Anda menyerah pada? Jika Anda berhasil menyelamatkan 15 menit setiap hari, Anda akan menang bahkan 91 jam setiap tahun!

4. Buatlah daftar kegiatan kecil yang tidak membawa Anda lebih dari beberapa menit.

Tentu saja, kita biasanya ingin berurusan dengan masalah penting pertama. Tapi ketika kita merasa lelah, stres, dalam suasana hati yang buruk, kita merasa sulit untuk berkonsentrasi dan kita kehilangan waktu kita memaksa diri kita sendiri. Sebuah daftar kegiatan sederhana akan membantu Anda menyelesaikan sesuatu dan mendorong produktivitas Anda. Dan jelas itu selalu lebih baik untuk mengetahui Anda melakukan sesuatu, bahkan itu kecil, daripada menyadari bahwa Anda bahkan belum mulai apa-apa.

5. Bekerja pada sebuah proyek tertentu selama periode waktu tertentu.

Alih-alih mencoba dan menyelesaikan kegiatan sekaligus, lebih baik untuk mengatakan pada diri sendiri: "Aku akan bekerja pada ini selama 15 menit dan melihat berapa banyak saya bisa lakukan selama interval ini". Fokus dan mencoba untuk melakukan semua yang Anda bisa selama 15 menit. Ini adalah saran yang sangat baik untuk memecahkan masalah atau proyek Anda dihindari akhir-akhir ini.

Nah, itulah tips yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menggunakan dan menghemat waktu. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.