Monday, January 26, 2015

8 Manfaat Khasiat Dahsyat dari Tahu

manfaat tahu untuk kesehatan
Makanan Tahu untuk Kesehatan
Makanan tahu sangat populer di masyarakat Indonesia. Makanan ini merupakan yang menjadi salah satu favorit untuk dinikmati. Kita bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional atau bisa juga di pasar modern. Harganya cukup terjangkau oleh kemampuan ekonomi kita. Baik itu ekonomi kelas bawah maupun atas.

Olahan dari tahu pun sudah sangat bervariasi. Mulai dari tahu goreng, bacem, oseng-oseng dan banyak lagi yang lainnya. Tahu adalah salah satu makanan yang mudah dalam proses ketika memakannya. Teksturnya tahu yang lembut atau lunak membuat lidah kita dapat merasakan nikmatnya makan tahu.

Ternyata tahu juga merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Jepang dan Cina. Sehingga tak diragukan lagi kepopuleran makanan tahu ini. Disamping termasuk makanan populer. Kita juga harus mengetahui manfaat tahu. Jika sudah mendapat informasi akan manfaat tahu ini, maka kita akan semakin gemar memakan tahu. Karena mengandung gizi yang tinggi.

Selain bahannya yang sederhana yaitu dari kedelai yang telah diteliti mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat gizi dari tahu itu adalah seperti asam folat, niasin, riboflavin, thiamin, kalium, seng, fosfor, magnesium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin C.

Bagaimana? sangat banyak bukan, gizi yang terkandung dalam tahu. Untuk lebih mendalami lagi apa manfaat tahu serta khasiat yang ada di dalam tahu. Mari kita simak informasinya berikut ini:

1. -Tahu Memiliki Zat Protein Tinggi-
Protein diperlukan sekali oleh tubuh agar bisa beraktivitas dan proses pembangunan sel-sel di dalam tubuh. Tahu termasuk dalam golongan protein nabati artinya protein yang berasal dari tumbuhan. Selain disamping daging yang juga mengandung protein dari hewan. Bagi Anda yang sangat suka bahan makanan dari unsur nabati atau vegetarian bisa memperoleh zat protein dari tahu, makanan berbahan kedelai atau sayur mayur lainnya. Asam amino yang ada pada tahu membantu mengoptimalisasi kondisi kesehatan Anda. Banyak sudah orang mengerti bahwa mengkonsumsi daging merah bisa berisiko mendatangkan penyakit. Berbeda dengan memakan tahu, hal itu bisa dihindari dengan baik.

2. -Tahu Bisa Membantu Menyembuhkan Asam Urat- 
Hasil riset telah dijalankan dalam mempelajari efek tahu yang menunjukkan hasil bahwa, tahu adalah pasokan protein yang bagus, terutama baik untuk penderita penyakit rematik gout atau yang mempunyai kadar asam urat parah. Tetapi, para penderita penyakit rematik gout dilarang memakan tahu dalam jumlah yang banyak.

3. -Tahu Mengandung Kolestrol Rendah-
Penyakit yang paling ditakuti oleh orang banyak adalah penyakit jantung. Salah satu faktornya adalah karena adanya kolestrol tinggi dalam tubuh. Mereka menempuh banyak cara agar terhindar dari makanan mengandung tingkat kolestrol yang tinggi, misalnya berbagai makanan yang digoreng dan yang ada unsur lemaknya. Sekarang ada solusi praktis untuk mengurangi kolestrol yang ada dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi tahu. Tahu mampu menyerap minyak goreng dan unsur cairan lainnya di dalam tubuh. Coba Anda perbandingkan dengan daging sapi, makanan tahu malah memiliki asam lemak jenuh yang sangat rendah. Pada tahu terdapat lesitin dan asam linoleat yang baik untuk membantu proses metabolsime pada tubuh dan mengurangi kadar kolestrol yang ada dalam tubuh.

4. -Mengurangi Risiko Penyakit Anemia-
Penyakit anemia bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi tahu. Ada sebuah penelitian di Cina yang mengamati kaitan antara penyakit anemia dan makanan tahu. Hasilnya membuktikan bahwa tahu bisa memperkecil bahaya penyakit anemia pada kelompok usia dewasa.

5. -Mempunyai Zat Anti Kanker-
kandungan isoflavon pada tahu sangat berguna untuk kesehatan yaitu menghambat terkena risiko penyakit kanker. Kanker sangat membahayakan orang banyak, tidak sedikit orang meninggal karena penyakit kanker ini. Riset menunjukkan bahwa jika seseorang memakan tahu lebih banyak akan mampu menurunkan risiko penyakit kanker endometrium terhadap wanita sesudah menopause. Ada juga studi ilmiah lain menyimpulkan bahwa kanker paru-paru yang diderita oleh wanita pasca menopause dapat menambah harapan hidup lebih panjang dengan cara menjadikan tahu sebagai salah satu dari daftar makanan diet.

6. -Menjadikan Kardiovaskuler pada Jantung-
Untuk memelihara jantung yang sehat, pasti kita harus mengatur nutrisi makanan dengan sebaik-baiknya. Dengan mengkonsumsi tahu dan juga produk makanan yang mengandung kedelai dapat mengurangi tingkat kolestrol dan asam lemak jenuh yang ada di dalam tubuh. Ini berarti berguna untuk menekan bahaya penyakit kardiovaskuler di jantung. Karena jantung adalah salah satu organ terpenting di tubuh kita.

7. -Tahu Mengandung Kalsium Tinggi-
Apakah Anda tahu bahwa tahu juga memiliki unsur kalsium yang begitu tinggi. Ini bermanfaat untuk proses pembentukan tulang yang kuat. Jika Anda merasa kesulitan mendapatkan asupan kalsium tinggi, maka memakan tahu inilah solusi yang mudah dan praktis. Jaga selalu asupan gizi kalsium dari tahu ini agar kita terhindar dari penyakit yang disebut osteoporosis, tulang yang rapuh yang berarti dampak penuaan dini.

8. -Kandungan Zat Besi Tinggi pada Tahu-
Salah satu faktor yang memperlancar aliran oksigen dalam tubuh adalah zat besi. Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi. Zat besi juga berperan dalam proses pembentukan hemoglobin yang tugasnya yaitu membawa oksigen ke semua bagian tubuh. Karena aliran komponen oksigen sangat berguna bagi tubuh kita. Berarti tahu adalah hal yang patut untuk kita konsumsi.

Itulah manfaat, khasiat serta gizi yang bisa kita peroleh dari makanan yang kelihatannya sederhana yaitu tahu. Agar tahu menjadi makanan favorit, caranya adalah mengolahnya dengan berbagai macam masakan. Sehingga kita tidak akan bosan mengkonsumsi tahu ini. Semoga kita mendapat informasi bermanfaat dan berharga dari artikel ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita di masa depan. Semoga bermanfaat dan salam sehat.