Wednesday, January 7, 2015

Tips Aman dan Ampuh Mencegah Pencurian Kendaraan


Kejahatan kriminal seperti pencurian kendaraan bermotor atau mobil semakin marak saat ini. Hal itu terjadi terus-menerus di masyarakat. Tentu saja disebabkan karena melimpahnya kendaraan yang dipakai kebanyakan masyarakat. Maka peluang kejahatan jenis ini bertambah terbuka.

Modus kejahatan pencurian kendaraan ini pun beragam hingga sampai si penjahat menggunakan kekerasan. Masyarakat diwajibkan agar tetap waspada akan fenomena ini. Sehubungan dengan itu, setiap pengendara pasti ingin kendaraannya tidak dicuri oleh orang lain.

Berikut tips-tips bermanfaat agar mencegah dan menghindari kejahatan kriminal pencurian kendaraan. Apa sajakah hal penting yang harus Anda lakukan untuk aman dari pencurian kendaraan? Ikuti informasinya berikut ini:


1. Pilihlah tempat parkir yang berada di lingkungan ramai atau banyak dilewati orang dan lalu lintas kendaraan. Letakkan atau simpan barang berharga Anda di tempat yang tersembunyi. Jangan menaruhnya di tempat yang gampang dilihat dari luar lewat kaca mobil. Ini mencegah orang tidak tertarik untuk mengambil paksa dan berbuat jahat mengambil barang-barang Anda tersebut.

2.  Tutuplah dengan rapat jendela dan juga pintu kendaraan yaitu mobil Anda pada saat diparkir di rumah atau di tempat parkir umum, juga penting dilakukan ketika berhenti di lampu merah.

3. Gunakan alat GPS (Global Positioning System) Tracking pada kendaraan Anda yang berguna sekali untuk memantau posisi kendaraan Anda.

4. Pakai juga gembok pengaman, contohnya kunci setir. Kunci selalu ketika kendaraan Anda sedang diparkir.

5. Hindari membukakan jendela atau pintu kendaraan Anda kepada orang yang tidak Anda kenali saat berada di dalam.

6. Ketika Anda menggunakan parkir kendaraan. Biasanya Anda diberikan karcis parkir. Simpanlah karcis itu sebaik-baiknya agar tidak jatuh kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang kita tahu, pencurian kendaraan banyak sekali modusnya. Sebagai pengendara kendaraan bermotor atau mobil. Anda bisa mengenali apa saja modus pencurian kendaraan berikut ini:

1. Modus pencurian dengan ban kempes

Modus ini berjalan ketika ban mobil Anda kempes, lalu ada orang yang berpura-pura memberitahu Anda bahwa ban mobil kempes. Nah, ketika itu si pelaku menunggu Anda lengah. Pada saat yang tepat langsung mencuri mobil Anda atau bisa juga mencuri barang berharga yang ada di dalam mobil Anda.

2. Modus menempel kertas di belakang mobil

Ketika Anda keluar atau mendatangi belakang mobil Anda untuk mengambil kertas. Si pelaku akan melarikan mobil atau mencuri barang Anda.

Bagaimana cara agar Anda terhindar dari tindak kejahatan pencurian kendaraan dengan modusyang disebutkan diatas? Berikut caranya:

A. Tak memperdulikan kertas yang tertempel di kaca mobil Anda ketika mobil diparkir

B. Anda disarankan tetap waspada jika ada pengendara motor mengetuk kaca mobil Anda berulang-ulang.

C. Carilah lokasi yang banyak dan ramai dengan orang dengan tujuan memberhentikan kendaraan Anda, serta memeriksa kondisi ban dan kaca belakang. Ganti ban mobil Anda di tempat yang aman, seperti di kantor polisi atau bengkel yang terdekat.

D. Ketika Anda ingin turun dari kendaraan (mobil) untuk memeriksa ban mobil, kuncilah semua pintu mobil, letakkan barang berharga Anda di tempat yang jauh dijangkau dari luar, sehingga pelaku kejahatan tidak berlaku nekat memecahkan kaca mobil untuk mengambil dan mencuri barang Anda.

Setelah Anda membaca informasi diatas, akan membuat Anda berhati-hati dan makin waspada ketika mengendarai dan memarkir kendaraan untuk terhindar dari risiko kejahatan pencurian kendaraan yang semakin banyak modusnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.