Saturday, January 3, 2015

Tips Penting Melindungi Komputer dari Virus Berbahaya


Ada banyak cara yang bermacam-macam dari perlindungan virus komputer, dan itu adalah hal yang lebih rumit daripada kebanyakan orang bisa keluar masalah tersebut. Pada kenyataannya, cara terbaik untuk melindungi komputer Anda dari virus adalah dengan menggunakan sistem yang mempunyai kekebalan. Macintosh sangat resisten terhadap virus komputer, dan Linux bahkan juga begitu. Dengan beralih ke salah satu sistem operasi, Anda dapat meningkatkan keamanan dan perlindungan virus komputer dengan mudah dan nyaman.

Sayangnya, hal ini tidak selalu menjadi pilihan bagi semua orang. Ada banyak keuntungan untuk Microsoft Windows pada industri tertentu. Keuntungan terbesar, tentu saja, adalah bahwa semua orang banyak menggunakannya. Anda tidak akan harus berurusan dengan masalah kompatibilitas yang sama Anda harus menggunakan Linux, BSD, Apple, atau sistem operasi lainnya. Jika Anda menggunakan Windows, Anda hanya harus mencari cara lain untuk menjamin perlindungan virus komputer.

Tentu saja, perlindungan dari virus komputer dimulai dengan penggunaan cerdas serta cermat. Jangan terlalu terbuka untuk meminjamkan komputer Anda dari orang yang Anda tidak ketahui atau kenal, tidak mengunjungi website yang mencurigakan, dan tidak men-download dari Internet kecuali Anda benar-benar yakin bahwa apa yang Anda dapatkan aman. Langkah-langkah ini, bagaimanapun, ini tidak cukup untuk menjamin perlindungan virus komputer. Anda benar-benar harus melakukan lebih banyak hal. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah untuk memasang sebuah program virus scanner bersama dengan firewall. Mengatur komputer Anda untuk memindai virus setiap hari pada waktu tertentu sehingga Anda dapat memastikan bahwa sistem komputer Anda tidak terinfeksi virus. Gunakan firewall untuk menghentikan hacker dari mempengaruhi komputer Anda dan untuk memblokir lalu lintas situs Web yang mencurigakan dan tidak aman.

Mungkin jenis yang paling penting dari perlindungan virus komputer adalah untuk menyiapkan pemutakhiran otomatis Windows. Microsoft selalu menemukan lubang baru dalam perangkat lunak Windows, tanpa update otomatis Anda bisa menjadi korban serangan hacker. Banyak orang tidak menyukai ide mengkonfigurasi komputer untuk memperbarui secara otomatis karena mereka merasa itu sangat mengganggu, tapi dengan begitu semakin memperbesar peluang komputer Anda akan di-hack orang lain. Percayalah ketika saya memberitahu Anda bahwa mendapatkan update dimaknai dengan gangguan. Anda tidak bisa benar-benar memiliki perlindungan virus komputer yang efektif tanpa itu.

Tentu saja, Anda tidak bisa melupakan salah satu jenis yang paling penting dari perlindungan virus komputer: membuat backup dari segala sesuatunya di sistem komputer Anda. Tidak peduli berapa banyak tindakan pencegahan yang Anda ambil, Anda dapat berjalan ke dalam sebuah kecelakaan dan kerusakan komputer yang serius. Mungkin akan adanya virus, mungkin hard drive Anda akan gagal, atau mungkin Anda akan mengalami lonjakan listrik yang membakar komputer Anda. Apapun penyebabnya, Anda harus memiliki cadangan sebelum hal itu terjadi. Jika tidak, Anda bisa kehilangan semua informasi berharga Anda dalam satu kejadian. Tidak peduli apa yang Anda jalankan, pastikan Anda memiliki catatan dari segala sesuatu.

Semoga informasi yang telah disampaikan ini bisa membantu Anda lebih memahami banyak lagi dan sebagai upaya nyata tentang bagaimana melindungi komputer ataupun laptop dari serangan virus, hacker dan lainnya yang dapat sewaktu-waktu menyerang komputer Anda.

Jadi, gunakanlah komputer Anda dengan sewajarnya, bijaksana dan tidak sembarangan. Selamat mencoba.