Sunday, February 8, 2015

Beberapa Cara Membuat Tempe Goreng dan Resep Membuat Tempe Goreng Tepung

panduan resep tempe goreng tepung renyah

Cara Membuat Tempe Goreng – Mendengar kata tempe tentunya merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kita masyarakat yang tinggal di Indonesia. Tempe merupakan hasil olahan makanan yang terbuat dari proses pengolahan biji kacang kedelai dan di campur dengan beberapa bahan-bahan lainnya, seperti penambahan Jamur Rhizopus oligosporus, Rhyzopus stolonifer, Rhyzopus Orizae yang mana semua bahan-bahan tersebut dapat di jadikan sebagai ragi alami dalam proses fermentasi kacang kedelai agar menjadi tempe.

Jamur atau kapang yang tumbuh pada tempe akan menghidrolisis dan berubah menjadi partikel sederhana yang mudah di cerna oleh tubuh manusia. Tempe memiliki kandungan yang kaya akan zat besi, kalsium, Vitamin B dan serat. Kandungan gizi di dalam tempe terbukti memiliki banyak khasiat sebagai obat yang memiliki nilai, yaitu sebagai : antioksidan, membantu menyembuhkan luka dan infeksi, antibiotik tubuh dan pencegahan adanya penyakit yang bersifat degeneratif. Pada umumnya, tempe memiliki warna putih, hal tersebut di sebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur miselia yang merekat pada biji kedelai dan membentuk tekstur yang memadat seiring dengan proses fermentasi yang terjadi. Adanya tahapan degradasi di dalam senyawa kedelai pada proses peragian menjadikan tempe mempunyai aroma dan cita rasa yang khasi jika di bandingkan dengan tahu.

Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak di gemari dan di konsumsi oleh masyarakat di tanah air. Selain rasanya yang enak dan gurih, tempe juga telah terbukti memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bermanfaat sebagai penghasil sumber stamina yang baik bagi tubuh. Di era modern seperti sekarang ini, ternyata tempe tidak hanya tenar dan menjadi favorit sebagai salah satu menu makanan yang wajib di santap di Indonesia saja, tempe telah menjadi makanan yang mengglobal di dunia.

Banyak sekali respon positif dari kaum vegetarian di seluruh penjuru dunia yang lebih memilih untuk mengkonsumsi tempe sebagai pengganti daging. Karena hal tersebut, saat ini tempe sudah banyak di olah dan di produksi sendiri di berbagai tempat di seluruh dunia. Banyak negara maju di dunia yang sekarang ini telah mengembangkan usaha mengenai Rhizopus unggul agar dapat memproduksi tempe dengan kandungan gizi yang lebih besar, lebih berkualitas dan proses pembuatannya lebih cepat, negara-negara maju tersebut antara lain adalah Amerika Serikat, Jepang dan Jerman. Kepopularitasan tempe saat ini memang tengah mendunia, bahkan di negara Eropa tempe banyak menjadi favorit dan di gemari oleh masyarakat yang menerapkan pola hidup vegetarian.

Tempe memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi. Tempe mempunyai keunggulan yang lebih banyak daripada tahu, hal tersebut karena proses fermentasi yang ada dalam pembuatan tempe. Proses fermentasi tersebutlah yang akan membuat tempe menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung sumber  antioksidan dan probiotik, yaitu bakteri baik yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan usus. Lalu, bagaimanakah proses pembuatan tempe yang tepat agar rasanya gurih dan lezat ? berikut kami telah merangkum ulasan mengenai Cara Membuat Tempe Goreng

Cara Membuat Tempe Goreng
Bahan – bahan yang di butuhkan :
400 gr tempe
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ½ sendok teh ketumbar
1 sendok teh garam
150 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
Potong tempe menjadi bagian-bagian kecil dan tipis kemudian garit pada bagian sisi tengahnya. Haluskan semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan cairkan dengan air. Setelah itu, balurkan tempe secara merata pada bumbu dan goreng pada minyak panas dengan api yang kecil. Goreng tempe sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, setelah itu angkat dan tempe goreng yang lezat dan gurih penuh gizi ini sudah siap di sajikan untuk keluarga anda di rumah.

Tempe memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, itulah mengapa tempe merupakan jenis makanan yang bisa memberikan dampak positif sebagai pembentukan kekebalan tubuh apabila di konsumsi secara rutin. Khasiat dari mengkonsumsi tempe secara rutin tersebut antara lain adalah :

1. Menurunkan Tekanan Darah
Tempe merupakan makanan yang memiliki kandungan agnesium, yang mana senyawa tersebut memiliki peranan penting bagi tubuh sebagai sistem yang bertanggung jawab kepada lebih dari 300 proses metabolisme yang ada di dalam tubuh.  kandungan magnesium yang ada di dalam tempe juga bermanfaat sebagai senyawa kardiovaskular. Senyawa dan zat yang terdapat dalam magnesium berkhasiat untuk mencegah adanya pembekuan darah, mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan tulang tubuh. Tempe juga memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya komplikasi asam urat dan diabetes.

2. Mengatasi Gejala Monopause
Tempe memiliki kandungan isoflavon yang berfungsi sebagai kandungan yang mengatur senyawa estrogen dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa isoflavon yang terdapat dalam makanan olahan yang mengandung kedelai dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan panas yang terjadi pada wanita yang mengalami monopause.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Tempe memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar  HDL ( kolesterol baik ) dan sebagai penurun LDL ( tingkat kolesterol jahat ) yang ada di dalam tubuh. Tempe telah terbukti mampu membantu menurunkan adanya resiko seseorang terjangkit penyakit stroke dan jantung. Tempe juga telah terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada seseorang yang menderita penyakit diabetes.

4. Mencegah Kanker
Tempe memiliki kandungan yang kaya isoflavon, yaitu suatu zat yang berfungsi untuk membantu meregenerasi, memperbaiki dan mencegah asanya kerusakan sel-sel yang ada di dalam tubuh akibat paparan sinar matahari berlebih dan polusi udara. Isoflavon juga berperan untuk menjadi anti kanker dengan cara melawan adanya sel kanker yang bisa menyebabkan terjadinya kanker rahim, payudara dan kanker prostat.

5. Sebagai Sumber Energi
Selain mengandung senyawa isoflavon, tempe juga mengandung senyawa riboflavin, yaitu senyawa yang di kenal memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin B2. Mikronutrisi tersebut sangat mudah di cerna oleh tubuh dan memiliki sidat yang mudah larut di dalam air. Vitamin yang terdapat pada riboflavin membantu pembentukan sel-sel darah merah. Riboflavin mempunyai manfaat yang begitu penting di dalam adanya proses metabolisme zat keton, metabolisme energi, metabolisme protein, metabolisme karbohdrat dan metabolisme lemak. Seseorang yang kekurangan zat riboflavin biasanya akan sering mengalami sariawan dan bibir pecah – pecah.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Tempe memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada tempe memiliki khasiat untuk mengikat adanya kolesterol dan lemak jahat sehingga mampu membantu anda untuk menurunkan dan menyeimbangkan berat badan. Tak hanya itu, serat yang terdapat di dalam tempe juga berperan untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh, khususnya usus.

Tempe tidak hanya dapat di masak dengan cara di goreng biasa, tempe juga bisa di jadikan sebagai berbagai macam olahan masakan yang lezat dan menggugah selera. Tempe bisa di olah menjadi orak-arik tempe, sambal goreng tempe pedas, gulai tempe dan bahkan sate tempe.

Namun, biasanya tempe yang menjadi favorit di kalangan masyarakat adalah tempe yang di goreng dengan menggunakan tepung. Selain rasanya lebih gurih, tempe yang di goreng dengan menggunakan baluran tepung akan memberikan sensasi dan cita rasa yang berbeda dan lebih lezat. Lalu, bagaimanakah cara membuat tempe goreng tepung yang tepat ? Berikut kami telah merangkum ulasan mengenai Resep Membuat Tempe Goreng Tepung.

Resep Membuat Tempe Goreng Tepung
Bahan-bahan yang di butuhkan :
200 gr tempe
150 gr tepung terigu
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 ruas jari kunyit
2 sendok teh garam
1 ½ sendok teh merica
2 butir kemiri
125 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat atau Resep Membuat Tempe Goreng Tepung : Iris tempe menjadi bagian yang tipis-tipis dan gariti sebanyak dua kali pada bagian atas dan bawah tempe, haluskan semua bumbu dan tambahkan air lalu masukkan tepung. Setelah itu, balurkan tempe ke dalam adonan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit sampai semua bumbunya meresap secara sempurna. Setelah itu, panaskan minyak dalam wadah penggorengan dan goreng tempe sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

Setelah itu, tempe yang gurih dan lezat ini cocok untuk di jadikan teman makan bersama nasi putih hangat dan sambal atau sekedar untuk camilan di sore hari dan di temani dengan secangkir teh / kopi hangat. Sangatlah mudah dan simple bukan untuk membuat tempe goreng yang gurih dan renyah ? Dan andapun  bisa lebih di sayangi anggota keluarga di rumah.

Selain rasanya yang gurih dan bikin nagih, tempe juga memiliki kandungan asam lemak tinggi yang di hasikan melalui proses fermentasu. Tempe memiliki kandungan lemak tidak jenuh sehingga mudah di cerna oleh tubuh. Tempe juga memiliki banyak kandungan vitamin yaitu vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K, Vitamin B1 ( tiamin ) Vitamin B2 ( riboflavin ), Vitamin B6 ( piridoksin ), Vitamin B12 ( Sianokobalamin ), asam nikotinat, asam pantotenat dan niasin. Tempe adalah salah satu penghasil sumber vitamin B terbaik bagi tubuh.

 Pada umumnya, Vitamin B12 hanya dapat di jumpai pada buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Namun, ternyata tempe memiliki kandungan Vitamin B12 yang menjadikan tempe sebagai satu-satunya makanan nabati yang memiliki kandungan Vitamin B12 setara dengan kandungan yang terdapat di dalam sayur dan buah. Tak hanya itu saja, tempe juga mengandung Mineral dan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Begitu banyak bukan khasiat tempe bagi tubuh ? Tentunya anda tidak perlu ragu lagi untuk rutin mengkonsumsi tempe, selain rasanya lezat dan gurih tempe memang telah terbukti mampu menjadi pangan nabati yang kandungannya hampir setara seperti vitamin yang terdapat dalam sayur, kavcang-kacangan dan buah. Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengkonsumsi tempe, anda bisa menerapkan pengolahan tempe di atas mengenai Cara Membuat Tempe Goreng dan Resep Membuat Tempe Goreng Tepung.