Saturday, February 21, 2015

Tips Cerdas Mengelola Bisnis Keluarga


Bisnis dan masalah pribadi sulit untuk menggabungkannya. Tetapi dalam bisnis keluarga, pemilik dipaksa untuk menangani kedua masalah pribadi dan profesional pada saat yang sama.

Situasi ini menyebabkan tekanan pada bagian dari pemilik bisnis untuk melakukan sesuai dengan harapan keluarganya dan kadang-kadang, menghindarkannya dari melakukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan operasi bisnis.

Selain itu, ia juga dipaksa untuk membuat keputusan yang diterima semua anggota keluarganya untuk dapat menikmati hubungan yang harmonis di rumah.

Namun, penting untuk menyadari mengelola bisnis dalam lingkungan hari ini tidak bisa sesederhana itu. Ada kalanya keputusan sulit harus dibuat untuk menjamin kelangsungan hidup dan profitabilitas bisnis.

Jadi apakah itu adalah bisnis milik keluarga atau tidak, bisnis harus dikelola sebagai perusahaan yang serius dan bukan sesuatu yang hanya didirikan sebagai hobi karena ini pasti akan mengakibatkan kegagalan jika tidak dikelola dengan baik.

Hal ini juga penting untuk mengatasi masalah suksesi dalam bisnis terutama jika pemilik bisnis memiliki lebih dari satu anak. Sudah ada banyak kasus di mana anak-anak pemilik memperebutkan kepemilikan bisnis karena pemilik tidak membuat jelas siapa yang akan memiliki bisnis setelah ia meninggal.

Sekarang, semua orang ingin menghindari skenario ini dan kebenaran ini, menghindari situasi semacam ini hanya bisa menjadi masalah perencanaan. Memiliki panduan suksesi yang ditetapkan akan memungkinkan semua anak-anak untuk hidup harmonis dengan satu sama lain sambil membantu keberhasilan bisnis.

Ada juga harus menjadi pemimpin yang ditunjuk yang setiap orang harus bisa menghormati dan mematuhi dalam bisnis. Pemimpin juga harus mampu dan dapat membuat keputusan bisnis yang sehat.

Hal ini karena jika dia ternyata tidak kompeten, anggota keluarga yang lain bisa merasa bahwa mereka bisa menangani situasi yang lebih baik diri mereka sendiri dan Anda ingin menghindari skenario ini sebanyak mungkin.

Tetapi bahkan jika semua anggota keluarga yang berhasil memiliki hubungan bisnis yang baik sekalipun, masih disarankan bahwa mereka memisahkan bisnis dari hal-hal pribadi. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk membuat keputusan tanpa bias untuk kemajuan bisnis. Selain itu, memisahkan pribadi dari profesional akan membuat pemilik bisnis yang lebih fleksibel dalam membuat keputusan di tempat kerja.

Mungkin hal yang paling penting dalam mengelola bisnis keluarga dengan baik meskipun, adalah memastikan bahwa seluruh keluarga akan memiliki hubungan yang baik yang akan berlangsung bahkan jika bisnis tidak. Pada akhirnya, keluarga masih lebih penting daripada bisnis karena bisnis bisa diganti tapi keluarga Anda tidak dapat diganti.