Tuesday, March 3, 2015

14 Tips Hebat Mencegah Perselingkuhan


Perselingkuhan sekarang ini menjadi permasalahan besar dalam percintaan pria dan wanita. Lebih parah lagi jika itu dialami bagi pasangan yang sudah menikah. Sungguh membuat kecewa jika pernikahan yang dibangun dihancurkan dengan adanya perselingkuhan.

Sehingga tidak sedikit orang selalu khawatir bagaimana agar pasangan yang dicintai tetap setia atau tidak mudah untuk selingkuh dengan orang lain. Godaan di luar memang sangat kuat untuk orang berselingkuh dan berbuat tidak baik. Lebih berbahaya lagi jika perselingkuhan menjadi suatu kebiasaan. Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Apabila perselingkuhan selalu ada, maka ini merupakan potensi menjadi kebiasaan masyarakat. Tidak ada lagi contoh teladan yaitu kesetiaan terhadap pasangan. Padahal kesetiaan sangat penting dalam sebuah hubungan apalagi dalam pernikahan.

Oleh karena itu disini akan ada 14 tips yang bisa Anda terapkan agar mengetahui bagaimana cara mencegah sebuah perselingkuhan. Perjuangan harus ada jika sudah ingin menjalin hubungan yang serius, dan bukanlah hubungan yang main-main. Berikut tips mencegah selingkuh agar hubungan tetap awet dan berkualitas

1. Jadilah diri Anda orang yang setia

Segala sesuatu yang baik hendaknya dimulai dari diri sendiri dulu. Jika Anda ingin mendapatkan orang yang bisa menyayangi Anda dengan tulus. Maka obatnya adalah jadilah orang yang bisa menyayangi pasangan dengan tulus dan mau mencurahkan kasih sayang kepada pasangan. Tidak terkecuali juga dengan kesetiaan. Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang setia pada pasangan.

2. Membuat pertahanan dalam diri

Anda pasti setuju bahwa perselingkuhan itu adalah sebuah kesalahan dan dosa terutama dalam sisi agama. Tanamkan dalam hati Anda bahwa jika berbuat selingkuh akan membuat sebuah kerusakan atau kekacauan dalam masyarakat. Dampaknya akan bertambah negatif baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Coba bayangkan jika Anda ketahuan selingkuh, betapa malunya Anda. Berita negatif tentang Anda akan cepat tersebar kemana-mana. Dengan memahami hal ini, Anda akan berpikir ulang jika ingin selingkuh dan tidak akan berani mencoba selingkuh.

3. Berikan selalu perhatian pada pasangan

Perhatian bisa Anda berikan pada pasangan. Jangan anggap remeh perhatian yang menurut Anda itu kecil. Jika Anda terbiasa memberikan perhatian walaupun itu kecil. Pasangan Anda akan melihatnya sesuatu yang berarti. Bahwa dia tetap diberikan perhatiannya oleh Anda. Contoh sederhana yang bisa diterapkan adalah memberikan sebuah hadiah kepadanya kapan Anda mau, tidak harus menunggu hari tertentu untuk memberikannya. Dia akan sangat senang dengan bentuk perhatian Anda seperti itu. Contoh lain misalnya adalah selalu mudah memberikan senyuman kepada pasangan Anda disaat bertemu dan berbincang. Bukankah Anda juga senang jika lawan bicara Anda tersenyum?

4. Hindari sifat negatif dalam diri

Jika Anda punya sifat negatif yang sebenarnya tidak disukai pasangan, maka saatnya untuk merubahnya. Mungkin Anda merasa itu hal biasa atau tidak perlu, tetapi buat pasangan Anda itu adalah hal yang penting. Segera ubah sifat negatif Anda jika ingin pasangan Anda tetap berada dalam hati Anda dan setia.

5. Jauhi lingkungan negatif

Perselingkuhan bisa saja terjadi dimana-mana. Untuk itu perlu dihindari yang namanya lingkungan yang memungkinkan Anda atau pasangan melakukan perselingkuhan. Jangan terlalu banyak berbicara atau melihat lawan jenis. Ingat, mata adalah senjata yang bisa membawa Anda kepada hal buruk, termasuk perselingkuhan.

6. Hindari berinteraksi dengan teman lawan jenis secara intens

Pertemanan yang banyak memang menyenangkan. Tapi itu bisa saja menjadi pemicu sebuah perselingkuhan, jika Anda atau pasangan Anda memiliki teman akrab berlawanan jenis. Kurangi hubungan kontak dengan teman lawan jenis. Terlalu seringnya kontak hubungan dengan teman yang berlawanan jenis akan memicu diri Anda tertarik dengan orang lain, bukan dengan pasangan yang Anda cintai sendiri. Jangan sampai terjebak dan terpengaruh dalam istilah negatif "rumput tetangga memang lebih hijau atau lebih bagus".

7. Ambil langkah antisipasi

Anda dan pasangan Anda pasti ingin menjadi orang yang setia satu sama lain. Untuk itulah perlu disiapkan langkah antisipasi terhadap perselingkuhan. Setiap hari kita selalu bertemu dengan orang banyak, entah itu pria atau wanita. Perasaaan seseorang tidak bisa diprediksi dengan pasti. Bisa saja Anda atau pasangan Anda mulai merasa tertarik dengan orang lain, maka ini tandanya Anda harus segera ambil langkah cepat mengantisipasi itu semua. Palingkan mata dan hati Anda terhadap orang itu lalu menjauh sejauh mungkin. Ingat, bahwa Anda sudah punya pasangan.

8. Menumbuhkan rasa saling percaya

Hubungan akan berjalan baik jika ada rasa saling percaya. Kadang jika ada pasangan yang masih belum mempercayai pasangan akan selalu mencurigai dan selalu bertanya yang macam-macam terhadap pasangan. Hal ini tentu saja bisa membuat hubungan tidak menjadi baik ke depannya. Kejujuran adalah sifat yang harus ditumbuhkan disini untuk hubungan yang awet. Sehingga akhirnya kepercayaan akan terjaga.

9. Menjaga sikap dan perilaku terhadap orang lain

Ketertarikan seseorang terhadap orang lain berbeda-beda. Ada yang suka dengan orang tampan, kaya, cantik, berbakat dan lain sebagainya. Hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi dengan Anda dan pasangan Anda. Apa yang Anda lakukan jika ada orang lain yang tertarik atau suka kepada Anda? hal yang harus dilakukan adalah mengatur sikap dan perilaku Anda. Jangan mudah tergoda, tidak bersikap berlebihan berinteraksi dengan orang lain. Selalu menjaga perilaku Anda agar orang itu tidak tambah suka terhadap Anda. Ingatlah bahwa Anda sudah punya pasangan.

10. Jaga komunikasi dengan pasangan

Anda dan pasangan harus selalu menjalin komunikasi secara intens dan berkualitas. Apa yang Anda atau pasangan Anda sampaikan atau ceritakan bisa menjadi sebuah ikatan kuat terhadap hubungan agar lebih kokoh lagi ke depannya.

11. Punya sifat keterbukaan

Seseorang yang sudah mempunyai pasangan akan lebih baik menunjukkan kepadanya bahwa Anda adalah orang yang terbuka. Apapun masalah yang dihadapi ceritakanlah kepada pasangan  dan minta dia untuk memberikan saran. Sehingga dengan itu Anda tidak sendirian dalam menghadapi masalah. Dengan seperti itu, pasangan Anda akan merasa berarti buat Anda, dihargai, dan selalu ada di dekatmu.

12. Berikanlah yang terbaik pada pasangan

Berusahalah menjadi orang yang terbaik buat pasangan Anda. Cara ini memang sulit, tapi patut untuk dicoba terus menerus. Bukankah pasangan Anda akan senang dan bahagia jika dia menerima yang terbaik dari Anda dan tidak akan berpikiran untuk mencari orang lain atau berbuat selingkuh.

13. Mau menerima pasangan apa adanya

Berusaha untuk yang terbaik buat pasangan memang bagus dilakukan. Tapi ingat, bahwa pasangan Anda juga manusia biasa yang selalu ada kekurangan dan kelebihan. Pasangan yang sempurna tidak akan Anda dapatkan di dunia ini. Namun, menghargai dan menerima pasangan Anda saat ini adalah langkah terbaik yang bisa Anda berikan pada pasangan.

14. Berusaha mencari pasangan yang baik

Mendapatkan pasangan yang punya hati yang baik dan setia memang tidak mudah. Namun, apa salahnya jika Anda mencoba mencarinya. Anda bisa mencari informasi tentang seseorang yang Anda sukai, apakah dari temannya atau keluarganya. Memilih pasangan tidak seperti memilih kucing dalam karung atau membeli barang. Perlu adanya ketelitian secara serius dalam proses pencarian. Tidak perlu terburu-buru hanya karena ingin mendapatkan pasangan.

Itulah beberapat tips agar bisa melakukan pencegahan terhadap perselingkuhan yang sudah menjadi musuh utama bagi sebuah hubungan percintaan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua dan kita terhindar dari perselingkuhan yang akan berakibat buruk bagi banyak orang.