Saturday, March 28, 2015

7 Cara Melupakan Masa Lalu yang Buruk


Mencoba untuk tahu cara melupakan masa lalu yang buruk pastinya bukanlah sesuatu yang gampang, apalagi jika Anda belum tahu dan bingung apa yang mesti diperbuat agar bisa mencegah diri kita mengingat lagi pada banyak hal jelek pada masa yang lalu.

Mengingat masa lalu yang buruk bisa membuat Anda stres, merasa bersalah, dan tertekan dalam hidup. Tidak menutup kemungkinan juga akan berdampak negatif pada sisi kehidupan Anda yang lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk melupakan perihal jelek pada masa lalu Anda.

1. Tetap Berjuang Pantang Menyerah

Ibarat seorang anak kecil yang belajar menaiki sepeda dan terjatuh, dia akan selalu ingin mencoba lagi menaiki sepedanya sampai berhasil, begitu juga dengan Anda. Anda sekarang bisa sering mengawali suatu hal yang baru dan memutuskan memulai lagi kehidupan Anda. Apabila Anda selalu terfokus pada kehidupan Anda di masa lalu yang buruk itu, akibatnya nanti masa depan dan sisi kehidupan Anda juga akan terbengkalai dan mengalami gangguan.


2. Mau Memaafkan juga Melupakannya

Memaafkan dan melupakan adalah hal terpenting untuk bisa melupakan masa lalu. Ini memang terdengar klasik, tetapi hal ini sebenarnya amat penting. Cobalah memaafkan diri Anda sendiri yang sudah melakukan berbagai kesalahan atau dosa. Kesalahan yang pernah menyebabkan Anda kehilangan hal-hal berharga dalam hidup Anda. Memaafkan orang-orang yang tak bisa memahami Anda adalah sesuatu hal yang mulia dan itu bisa merubah Anda menjadi orang bahagia.


3. Syukurilah Segala Apa yang Anda Punyai Saat Ini

Jika Anda berpikir bahwa hidup Anda terasa buruk dan kurang baik, cobalah untuk berpikir jernih bahwa ada banyak hal yang bisa Anda syukuri. Luangkan waktu dan coba merenungkan hal-hal baik yang sudah Anda alami baik pada masa lalu ataupun hari ini. Ingatlah hal kecil namun baik buat Anda. Hal baik tidak hanya sebatas uang dan harta. Anda bisa memiliki pekerjaan, keluarga, teman, kesehatan dan hal yang Anda rasakan indah juga termasuk hal yang bisa Anda syukuri dan menjadikannya pelajaran positif.


4. Apa yang Sudah Terjadi Disebabkan Suatu Alasan

Anda tidak akan mungkin bisa mengubah sesuatu yang sudah terjadi. Lebih baik Anda melanjutkan dan menatap hidup Anda ke depan. Buang masa lalu yang buruk itu agar tidak berefek pada rasa bahagia dan hidup Anda sekarang ini. Ingatlah bahwa segala yang terjadi pada Anda adalah untuk alasan tertentu dan Anda sebaiknya berpikir positif dan percaya ada hikmah dibalik itu semua. Kita pasti setuju bahwa kita tidak mampu mengontrol hidup kita ke arah yang kita inginkan. Selalu ada saja hal yang luput dari harapan. Tetap fokus pada masa saat ini.


5. Selalu Pikirkanlah Saat Ini

Masa lalu sudah terjadi, oleh karena itu fokus dan perhatikan pikiran Anda untuk masa sekarang. Tidak usaha mengingat lagi masa lalu buruk Anda dan juga Anda hindari terlalu berobsesi terhadap apa yang belum terjadi pada masa yang akan datang. Anda tidak akan mungkin bisa melakukan perubahan dalam aktu yang cepat, karena perubahan itu sendiri perlu proses waktu dan kesabaran. Alangkah baiknya jika Anda merasa lebih positif dan bisa fokus pada apa yang dialami masa saat ini dibandingkan masa lalu dan masa datang.


6. Mencintai Diri Sendiri

Selalu mengingat orang yang tidak mempercayai Anda, membuat sakit hati Anda, atau bahkan menganggap remeh Anda adalah tanda bahwa Anda tidak dapat melupakan masa lalu. Jika itu terjadi, maka segera lupakan segala hal buruk yang pernah dilakukan orang lain tersebut kepada Anda. Jadikan Anda adalah orang yang istimewa dan pasti ada di luar sana, orang yang mau mencintai dan menyayangi Anda serta perhatian pada Anda. Tips atau cara agar bisa melupakan masa lalu adalah mencintai dan menghormati diri Anda sendiri. Jangan sampai orang lain menjadikan Anda sedih hati, tetapkan Anda percaya diri meskipun ada beberapa orang yang tidak percaya pada Anda.


7. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Sebagian orang memilih sikap kejam terhadap dirinya sendiri yaitu dengan selalu menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang dialami. Kalau Anda tidak bisa bersikap baik dan bijak terhadap diri sendiri, maka Anda akan kesulitan untuk melupakan masa lalu dan menghambat Anda jadi bahagia. Cegahlah kesalahan di masa lalu agar tidak menghancurkan kebahagiaan masa sekarang dan yang akan datang. Sudah sewajarnya manusia pasti pernah lakukan kesalahan, untuk itu maafkan diri Anda dan mulai lanjutkan kehidupan Anda ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Semoga apa yang disampaikan disini bisa menginspirasi kehidupan Anda untuk bisa segera melupakan masa lalu yang buruk dan siap melangkah ke depan dengan pikiran positif dan optimis. Selamat mencoba.