Tuesday, March 31, 2015

Pentingnya Memilih Sikap Positif


Apakah Anda secara sadar memilih sikap Anda setiap hari? Jika Anda seperti kebanyakan orang, mungkin tidak. Sebagian besar dari kita cenderung membiarkan keadaan kita memilih sikap kita untuk kita.

Kita berada dalam suasana hati yang baik selama kita bangun tepat waktu, anak-anak bekerja sama dan sampai ke sekolah tepat waktu, mobil mulai tanpa masalah, kita tidak menemui kemacetan lalu lintas di jalan untuk bekerja, bos tidak berteriak, beban kerja bisa dikelola. Sistem ini dapat bekerja dengan baik asalkan semuanya berjalan lancar dalam kehidupan kita.

Tapi itu tidak selalu terjadi, bukan? Situasi tidak selalu mengikuti harapan kita. Kecelakaan terjadi. Penundaan terjadi. Pasangan dan bos bisa sulit untuk menyenangkan. Kendaraan rusak. Anak-anak mungkin menolak upaya kita untuk menjaga jadwal berjalan lancar. Apa yang terjadi pada sikap kita itu? Jika kita tidak melakukan upaya untuk secara sadar memilih sikap positif, kita menjalankan risiko mengembangkan negatif secara acak.

Bagaimana hidup kita akan berubah jika kita sadar memilih sikap positif setiap hari? Sebagai permulaan, kita akan merasa jauh lebih bahagia tentang kehidupan kita. Kita akan merasa lebih termotivasi tentang mengejar impian kita karena kita akan percaya pada kemungkinan untuk membuat sesuatu menjadi kenyataan.

Kita akan bisa menikmati waktu yang dihabiskan dengan teman-teman dan keluarga yang lebih, karena kita ingin berbagi sukacita dengan orang lain. Kita akan merasa kuat dan diberdayakan dalam kemampuan kita untuk melakukan apa pun. Kita akan mampu mengatasi tantangan dengan mudah karena kita akan memiliki keyakinan yang kuat dalam keterampilan dan kemampuan kita sendiri. Kita akan bisa mencintai secara mendalam dan benar-benar tanpa takut ditolak atau pengkhianatan. Kita akan berhenti sejenak untuk menikmati lebih kecil, saat-saat yang lebih berharga dalam hidup, tanpa merasa tertekan untuk berbuat lebih banyak, atau membuktikan kelayakan kita.

Wow, kedengarannya mengagumkan, bukan? Apakah benar-benar mungkin untuk merasa seperti itu sepanjang waktu? Ya, tapi mungkin tidak dalam cara Anda membayangkan itu. Hanya karena kita memilih sikap positif tidak berarti bahwa hidup kita akan berubah menjadi karya seni mengalir lancar dan tetap seperti itu selamanya.

Memilih sikap positif adalah sebuah proses. Kita tidak hanya memilih sekali dan berharap semuanya sempurna sejak saat itu. Kita akan tetap mengalami kemunduran, penundaan, kecelakaan, frustrasi, argumen, kelelahan, dan ketakutan. Rahasianya adalah bagaimana kita memilih untuk bereaksi terhadap pengalaman-pengalaman ini. Apakah kita ingin membiarkan itu merusak hari kita, atau kita memilih untuk bangkit sendiri dan melihat harapan baik ke depan lagi? Kita memiliki kekuatan untuk memilih.

Anda mungkin bertanya apa gunanya sikap positif. Jika kita masih akan mengalami keadaan negatif, mengapa repot-repot dengan memilih sikap positif? Itulah keindahan sejati dari proses kreatif. Apa yang kita pilih untuk fokus untuk dilakukan dalam hidup kita.

Dengan memilih sikap positif setiap hari, kita sebenarnya menarik pengalaman yang lebih positif, dan mengurangi kemungkinan pengalaman negatif. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa setiap pengalaman sering menentukan kualitas pengalaman berikutnya, menyebabkan reaksi berantai dalam hidup kita.

Jika salah satu hal kecil yang tidak beres, itu dapat membuang rencana kita untuk sisa hari. Dalam konteks ini, sangat mudah untuk melihat bagaimana sikap positif akan kuat. Daripada membiarkan satu hal kecil untuk merusak hari kita, kita akan mampu mengangkat bahu dan melanjutkan tanpa hambatan.

Seiring waktu, ketahanan ini mulai memperkuat dan memberdayakan kita, yang akan menunjukkan melalui dalam sikap kita. Kita mulai menarik orang-orang dan pengalaman yang lebih mendekati sikap kita, dan hidup kita akhirnya berubah menjadi lebih positif, memenuhi ekspresi sukacita.

Dan itu semua dimulai dengan hal kecil yang disebut sikap! Sekali lagi, ini adalah sebuah proses, jadi berjalan mudah pada diri sendiri jika Anda mencoba untuk mengadopsi sikap yang lebih positif. Cukup fokus pada pengembangan kesadaran kuat saat sikap Anda ke saat dalam pengalaman sehari-hari Anda, dan mulai memilih yang lebih positif secara intens. Dibutuhkan waktu untuk menyadari sepenuhnya manfaat dari jenis pola pikir, tapi itu adalah menggunakan waktu dengan baik.

Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang yang Anda gunakan untuk mengagumi untuk kegigihan dan kekuatan mereka, dan hidup Anda akan mengubah dengan luar biasa.