Saturday, April 25, 2015

Apakah Anda Punya Rencana Hidup?


Selama kehidupan kita sehari-hari, kita membuat rencana. Kita membuat rencana untuk makan malam, untuk perjalanan ke toko kelontong, dan untuk membersihkan rumah. Kita juga membuat rencana jangka panjang untuk pendidikan, keuangan, bisnis, dan liburan. Namun meskipun semua perencanaan yang kita lakukan sangat sedikit dari kita benar-benar membuat rencana hidup dan ini adalah pengawasan penting sebagai rencana hidup yang akan mencakup semua daerah-daerah serta pengembangan diri kita, hubungan pribadi dan kebahagiaan.

Kita semua memiliki kapasitas untuk kebahagiaan dan kesuksesan dalam setiap bidang kehidupan kita termasuk pengembangan pribadi kita, hubungan kita, dan kehidupan profesional kita, tapi kebahagiaan dan kesuksesan tidak langsung terjadi. Kita harus secara aktif mencarinya dan ditetapkan dalam rencana gerakan dan tindakan yang akan membuatnya tidak hanya mungkin tapi kemungkinan.

Itulah mengapa Anda perlu rencana hidup, yang membutuhkan waktu dan pikiran, sesuatu yang begitu banyak dari kita sedikit memilikinya untuk diluangkan. Namun jangan merasa iri pada waktu yang Anda habiskan pada rencana hidup karena pada akhirnya waktu adalah investasi yang sangat baik yang akan membantu Anda menghemat waktu dan stres setelah Anda memiliki rencana hidup yang Anda kembangkan sepenuhnya.

Dimana Anda Sekarang

Sebelum Anda dapat mulai menyusun rencana hidup Anda, Anda harus mengevaluasi status Anda saat ini. Renungkan realitas kehidupan Anda termasuk komitmen Anda, keuangan, dan impian. Bagaimana dengan hidup Anda yang membuat Anda bahagia dan apa yang membuat Anda bahagia?

Di mana Anda sekarang dalam hal pekerjaan, rekreasi, hubungan, keuangan, dan apa pun yang Anda anggap penting. Sebagai contoh, saya menganggap penting bahwa hidup saya memberikan kontribusi untuk kebaikan yang lebih besar dan saya punya teman yang mempertimbangkan dampak jangka panjang dari hidup mereka merupakan ukuran penting.

Beri masing-masing daerah dengan nilai huruf "A" yang tentu saja menjadi nilai tertinggi untuk kehidupan terbaik. Kemudian menghitung nilai hidup Anda secara keseluruhan. Tentunya jika Anda memiliki 4.0 maka hidup Anda berada di trek, tapi sesuatu yang kurang berarti ada beberapa daerah yang Anda akan perlu dikerjakan.

Hal ini penting untuk mengidentifikasi bidang kehidupan yang Anda anggap sukses atau setidaknya di jalur untuk sukses serta daerah yang ingin Anda tingkatkan.

Biarkan Mimpi Anda Keluar

Sebagian besar dari membuat rencana hidup Anda membiarkan diri Anda bermimpi apa yang menjadi hidup ideal Anda, mencakup semua bidang utama Anda yang diidentifikasi di atas (karir, hubungan, dan lain-lain).

Jangan khawatir tentang realitas atau kemustahilan. Berikanlah hati dan pikiran bebas untuk membayangkan segala sesuatu yang Anda inginkan dalam hidup Anda, bisa dalam hal hubungan dan keluarga; profesi dan karir; keuangan dan pensiun; dan bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu Anda (perjalanan, hobi, dan lain-lain).

Jika uang dan pertimbangan lain yang bukan faktor yang akan Anda lakukan dengan waktu Anda dan kehidupan Anda? Apa yang membuat Anda benar-benar bersemangat? Apa yang selalu Anda inginkan? Apa yang Anda sukai untuk melakukannya secara profesional atau pribadi.

Langkah Kembali Ke Realitas

Perhatikan kemampuan, pengalaman dan kekuatan yang sudah Anda miliki yang dapat membantu Anda menjalani hidup yang ideal Anda.

Buatlah daftar prestasi Anda yang paling dibanggakan dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda. Bisakah semua ini membantu Anda mencapai kehidupan ideal Anda?

Evaluasi gaya kerja Anda dan kebiasaan. Apakah Anda bekerja lebih baik secara sendiri, dalam kelompok, atau sebagai seorang manajer? Kapan waktu dalam sehari itu adalah puncak penampilan Anda? Berapa jam sehari atau seminggu yang Anda mampu bekerja pada tingkat kinerja yang tinggi?

Buatlah Rencana Anda Sekarang

Setelah Anda membuat visi hidup impian Anda dan dievaluasi kekuatan dan kelemahan Anda maka Anda akan lebih mampu untuk membuat rencana yang akan membantu Anda mencapai kehidupan ideal Anda.

Mungkin impian Anda adalah bisnis Anda sendiri, tetapi saat ini Anda tidak memiliki pengalaman dengan manajemen. Jadi menemukan cara untuk memperoleh pengalaman yaitu melalui kerja profesional atau dalam kapasitas relawan.

Sekarang Anda tahu di mana Anda ingin hidup Anda berjalan dan Anda tahu sudah berapa jauh sepanjang jalan yang telah berkembang maka hanya masalah bekerja menuju tujuan Anda untuk mencapai kehidupan kebahagiaan dan keberhasilan yang Anda inginkan.