Tuesday, April 21, 2015

Pentingnya Makanan Rendah Kolestrol untuk Kesehatan


Semakin besar jumlah orang menderita penyakit jantung sebagai konsekuensi dari kadar kolesterol darah tinggi. Ada banyak faktor yang memungkinkan akumulasi kolesterol di dalam organisme, tetapi penyebab utamanya adalah diet yang tidak sehat. Diet yang tidak sehat dan kebiasaan makan yang buruk cukup bisa meningkatkan kadar kolesterol darah.

Kolesterol diproduksi oleh hati dan diperlukan dalam tubuh untuk memenuhi beberapa peran: perlindungan seluler, sintesis hormon (testosteron dan estrogen), sintesis vitamin dan pencernaan lemak. Organisme ini membutuhkan jumlah yang sangat kecil dari kolesterol untuk mempertahankan aktivitas normal dan diet yang tidak pantas dengan cepat dapat memungkinkan kolesterol menumpuk lebih.

Masalah dengan kolesterol adalah bahwa hal itu tidak dapat diuraikan oleh cairan tubuh dan juga sulit untuk menghilangkannya. Ketika secara berlebihan, kolesterol memasuki aliran darah dan bertambah di tempat yang berbeda di dalam tubuh. Kolesterol dapat membentuk plak di dalam arteri dengan mengikuti dinding arteri bagian dalam, sehingga menyebabkan penyumbatan. Jika ada kolesterol dalam arteri koroner (arteri jantung), ada resiko yang sangat tinggi untuk penyakit jantung.

Diet sehat dan olahraga yang tepat sangat penting dalam mengurangi kadar kolesterol darah. Hal ini sangat penting untuk makan dengan benar, makanan kolesterol tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol darah. Anda harus mengkonsumsi makanan berkolesterol rendah dan produk yang mengandung lemak tak jenuh. Banyak makanan mengandung kadar tinggi kolesterol: daging, telur, produk susu, permen. Juga, makanan yang kaya lemak jenuh juga dapat memfasilitasi akumulasi kolesterol di dalam tubuh: jeroan, daging, unggas.

Makanan rendah kolesterol harus mengganti makanan yang mengandung jumlah tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Permen mengandung karbohidrat sederhana yang meningkatkan timbunan lemak tubuh dan memfasilitasi akumulasi kolesterol tubuh. Hal ini disarankan untuk mengkonsumsi paling banyak 300 mg kolesterol per hari. Mengingat fakta bahwa satu telur mengandung sekitar 300 mg kolesterol, makan dengan benar bisa menjadi hal yang sangat rumit. Tidak semuanya! Anda harus mencatat bahwa hanya makanan yang berasal dari hewan mengandung kolesterol, sedangkan makanan nabati yang bebas kolesterol. Meskipun sayuran dan buah-buahan mengandung lemak, mereka sebenarnya tidak memiliki kolesterol apapun. Makanan rendah kolesterol juga mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan karena itu mereka jauh lebih sehat bagi organisme.

Hal ini sangat sulit untuk mengikuti diet hanya didasarkan pada buah-buahan dan sayuran. Untuk diversifikasi diet Anda, Anda dapat mengkonsumsi makanan rendah kolesterol seperti: putih telur, daging tanpa lemak, ikan, ayam. Makanan kolesterol rendah lainnya adalah susu skim dan yogurt rendah lemak. Anda harus menghindari makan makanan yang digoreng, karena mereka sangat tidak sehat. Panggang atau merebus makanan rendah kolesterol dan makan banyak sup sayuran. Makanan rumahan harus lebih dipilih daripada makanan supermarket.

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk memasak untuk diri sendiri setiap hari, ada berbagai produk makanan rendah kolesterol yang tersedia di supermarket. Hal ini penting untuk memahami bahwa olahan, makanan rendah kolesterol yang tersedia di toko-kenyamanan benar-benar dapat mengandung jumlah tinggi lemak jenuh dan mereka bukan pilihan yang sangat sehat. Meskipun Anda dapat mengkonsumsi produk makanan seperti sesekali, diet Anda harus didasarkan terutama pada sehat, kolesterol makanan bebas atau rendah kolesterol.