Sunday, June 14, 2015

10 Cara Ampuh Mengatasi Gatal di Kulit Kepala

cara mengatasi gatal pada kulit kepala

Anda pasti pernah atau sering mengalami gatal pada bagian kulit di kepala. Timbulnya rasa gatal di kepala tentunya akan mengganggu rutinitas Anda sehari-hari. Lebih parahnya lagi, apabila Anda melakukan pekerjaan yang selalu harus berada di luar ruangan atau lapangan. Sinar matahari tidak dapat dihindari karena pekerjaan tersebut. Akhirnya berdampak pada rambut menjadi kekeringan dan rasa gatal di kulit kepala.

Anda pasti setuju bahwa rambut merupakan sisi tubuh yang termasuk mahkota kecantikan untuk wanita. Berdasarkan pendapat orang, ada beberapa hal yang menjadi permasalahan yang selalu membuat orang mengeluh tentang rambut. Beberapa diantaranya ialah kerontokan pada rambut, rambut yang beruban, dan gatal pada rambut.

Kulit kepala yang terasa gatal jika digaruk teru-menerus akan berbahaya yang mengakibatkan luka. Sehingga nanti juga akan berpengaruh buruk terhadap rambut. Agar dapat menyembuhkan rambut atau kulit kepala yang gatal, maka perlu adanya langkah khusus dan jitu. Makin fatal jika Anda keliru dalam menentukan cara bagaimana menghilangkan rambut yang gatal.

Faktor yang menyebabkan rambut atau kulit kepala terasa gatal sangat banyak, dimulai karena adanya ketombe di kulit kepala, alergi yang dikarenakan oleh produk perawatan rambut seperti sampo, krim rambut, kondisioner, gel rambut bahkan karena seringnya menggunakan alat pengering rambut, situasi cuaca yang panas atau dingin, kutu rambut, pola makan yang tidak baik, infeksi virus tertentu, jamur, tidak rutin melakukan perawatan rambut, rasa cemas yang berlebihan, penyakit kista sebaceous, dan kering pada kulit kepala.

Setiap faktor yang menyebabkan rambut gatal perlu penanganan yang bermacam-macam untuk penyembuhannya. Jadi, kita harus tahu terlebih dulu apa sebab yang menjadi rambut gatal sebelum melakukan langkah yang tepat untuk menanganinya.

Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa tips atau cara untuk menyembuhkan rambut dan kulit kepala yang gatal:

1. Menggunakan Minyak dari Pohon Teh

Minyak dari pohon teh ini dihasilkan dari pohon yang bernama melaleuca yang tumbuh subur di kawasan Australia tapi sangat langka ditemui di wilayah negara lain, salah satunya di Indonesia. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mendapatkan minyak dari pohon teh ini karena sudah diproduksi oleh perusahaan produk kecantikan.

Mengapa minyak dari pohon teh ini ampuh untuk mengatasi gatal pada kulit kepala atau rambut? Jawabannya adalah karena minyak pohon teh berisi kandungan anti jamur yang sangat bagus, anti inflamasi dan juga punya sifat sebagai anti bakteri, jadi bahan minyak pohon teh ini sangat cocok digunakan.

Dibawah ini adalah cara penggunaan minyak pohon teh sebagai langkah menyembuhkan gatal pada kulit kepala:

* Siapkan sampo bayi sebanyak satu setengah cangkir, kemudian teteskan 10 hingga 20 minyak pohon teh. Untuk mendapat hasil yang baik, disarankan untuk menggunakannya tiap hari pada saat keramas.

* Ada tips lain yang bisa kita gunakan dalam penggunaan minyak pohon teh ini, yaitu mencampurkan 2 hingga 3 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan minyak sayur. Lalu Anda oleskan minyak yang telah dicampur tersebut ke bagian kulit kepala Anda sambil dipijat pelan-pelan secara keseluruhan. Terapkan cara ini sampai 1 atau 2 minggu lamanya.

2. Minyak Kelapa (coconut oil)

Seperti Anda ketahui minyak kelapa terbuat dari daging kelapa segar yang pasti berisi manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh, salah satu diantaranya yaitu mampu melenyapkan rasa gatal pada rambut dan juga kulit di kepala. Caranya ialah dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala yang bertujuan agar kulit di kepala selalu lembab dan tercegah dari rasa gatal karena kekeringan.

* Lakukan pencucian pada rambut Anda dan bilaslah. Setelah itu lakukan pengolesan minyak kelapa sedikit saja ke bagian kulit kepala. Diamkan selama hampir 30 menit. Lalu cuci bersih dengan sampo sampai wangi khas minyak kelapa itu tidak tercium lagi atau hilang. Aplikasikan cara ini 3 kali dalam 1 minggu agar memperoleh hasil yang optimal.

* Ada tips lain yang bisa Anda coba yaitu dengan melakukan pemanasan pada minyak kelapa hingga leleh, setelah itu dicampurkan dengan sampo sebelum mencuci rambut Anda.

3. Buah Pisang

Tentu Anda sudah tahu buah pisang, buah satu ini sudah sangat terkenal dan mudah kita temukan. Buah pisang tak disangka dapat menyembuhkan gata di kulit kepala. Buah pisang memiliki kelembaban sehingga mampu membuat kulit kepala terhindar dari kekeringan. Selain itu juga bisa mengatasi gangguan rambut seperti ketombe serta radang yang bisa saja muncul.

Berikut cara membuat pisang untuk menghilangkan gatal di kulit kepala, 2 buah pisang ditumbuk hingga halus kemudian campurkan bersama 1 buah alpukat yang sudah masak atau matang. Setelah tercampur semua, oleskanlah ke kulit kepala serta rambut Anda hingga merata keseluruhan. Diamkan sejenak sampai setengah jam kemudian bilaslah sampai bersih.

4. Menggunakan minyak wijen

Minyak lain yang dapat membantu menghilangkan gatal di rambut yang disebabkan oleh kekeringan di kulit kepala adalah minyak wijen. Minyak wijen ini mempunyai tingkat gizi yang tinggi sekali. Dibawah ini adalah tips untuk penggunaan minyak wijen.

* Minyak wijen dipanaskan kemudian ditunggu hingga hangat-hangat kuku.

* Sebelum tidur malam, Anda bisa gosok atau pijat kulit kepala Anda. Agar memperoleh hasil yang diharapkan, lakukan pijatan di kulit kepala Anda dengan memakai ujung jari sekitar 10 menit. Bungkuslah kepala Anda memakai handuk yang panas lalu diamkan sampai 10 menit saja. Biarkan saja minyak wijen tersebut ada di kulit kepala Anda hingga malam usai.

* Bersihkan rambut dan kulit kepala menggunakan sampo dan bilaslah secara merata atau keseluruhan pada waktu pagi. Sambung cara perawatan seperti ini seperlunya.

5. Menggunakan Witch Hazel

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengenal nama ini. Witch Hazel adalah sari atau ekstrak dari kulit kayu semak-semak yang termasuk dalam jenis Witch Hazel yang disebut dengan istilah ilmiahnya yaitu Hamamelis Virginiana. Tumbuhan ini subur di kawasan Amerika Utara. Kelebihan Witch Hazel ini adalah adanya zat natural yang sanggup mengurangi rasa gatal di kulit kepala apalagi hal tersebut disebabkan karena pemakaian pewarna rambut dan bisa juga karena terlalu intens memakai hair dryer (pengering rambut)

Berikut ini adalah cara bagaimana menggunakan Witch Hazel dalam mengatasi gatal pada kulit kepala.

* Siapkan air sebanyak dua sendok, lalu dicampurkan dengan witch hazel.

* Apabila sudah tercampur, oleskan pada bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan hingga beberapa menit.

* Setelah itu dicuci dan dibilas rambut juga kulit kepala secara keseluruhan.

6. Gunakan Minyak Jojoba

Minyak jojoba adalah sari dari tumbuhan botanikal bernama Simmondsia Chinensis yang sangat tinggi pertumbuhannya di kawasan padang pasir di Meksiko dan Arizona.

Minyak jojoba ini sungguh berguna untuk melembabkan secara alami dalam mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Keistimewaan dari minyak jojoba ini adalah susunan molekul yang mirip sekali dengan minyak yang dibuat oleh tubuh atau sebum. Oleh karena itu, minyak jojoba secara efektif bisa memelihara kondisi lembab dan kulit kepala menjadi tetap remaja.

Dibawah ini cara menggunakan minyak jojoba dalam mengatasi gatal di kulit kepala dengan mudah.

* Anda bisa mengoleskan sedikit saja minyak jojoba pada kulit kepala lalu pijat pelan-pelan secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Lakukan cara ini dalam beberapa menit sebelum Anda tidur malam. Biarkan saja hingga malam berakhir.

* Ketika Anda bangung di pagi hari, cucilah rambut dengan menggunakan sampo lalu bilas hingga bersih.

* Ulangi cara diatas sebanyak 1 kali seminggu untuk meraih efek yang optimal.

7. Lakukan secara rutin mencuci rambut Anda

Rambut Anda sangat penting untuk selalu dijaga kebersihannya yang bertujuan untuk meminimalisir rasa gatal ataupun agar terhindar dari rusaknya rambut yang pastinya itu tidak Anda harapkan. Misalnya rambut rontok yang akhirnya mengakibatkan kepala botak dan juga rambut yang bercabang.

Pilihlah produk perawatan rambut seperti sampo yang akan digunakan, apakah cocok dengan keadaan rambut Anda dan tidak menyebabkan alergi. Yang terpenting disini adalah tidak boleh terlalu banyak bergonta-ganti sampo.

8. Selalu mencuci rambut Anda menggunakan air yang dingin. 

Tahukah Anda bahwa jika mencuci rambut menggunakan air hangat bisa membuat rambut kelihatan lepek, kulit kepala menjadi berminyak, menyebabkan timbulnya ketombe, juga bisa menjadi perusak akar rambut, akibatnya rambut menjadi mudah rontok.

9. Jauhi produk yang menjadi penyebab alergi

Anda bisa menerapkan salah satu dari keenam metode yang telah dijelaskan diatas secara berkesinambungan. Apabila Anda merasakan belum manjur saat menggunakan cara yang telah Anda pilih, maka Anda bisa mencoba cara lainnya yang mungkin nanti akan cocok dengan kondisi rambut atau kulit kepala Anda.

10. Selalu melindungi kulit kepala agar terhindar dari situasi ekstrim

Terpapar terlalu lama dari sinar matahari dapat mengancam kulit kepala Anda. Anda disarankan memakai pelindung seperti topi atau bisa juga pakai payung.

Apabia Anda sering memakai pengering rambut, diharapkan untuk bisa menguranginya karena dapat mengganggu kondisi kulit secara alami dan salah satu sebab rontoknya rambut.

Semoga artikel tentang 10 cara menghilangkan gatal di kulit kepala ini bermanfaat untuk Anda agar bisa mendapatkan kulit kelapa dan juga rambut yang sehat dan indah.