Monday, June 22, 2015

Inilah Bahaya Minuman Soft Drink Bagi Kesehatan


Apakah Anda sering meminum minuman soft drink? Minuman ini sangat disukai orang banyak, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Rasanya yang nikmat mampu menarik banyak orang untuk meminumnya.

Berbagai merk produk minuman soft drink sudah banyak beredar di pasaran. Walaupun minuman soft drink ini menawarkan rasa yang nikmat, harga yang terjangkau. Namun, banyak yang belum tahu bahwa minuman ini sebenarnya mengandung bahaya untuk kesehatan.

Ada hasil riset di negara Eropa bahwa dari 1 kaleng minuman bersoda setiap hari mampu mendongkrak peluang risiko penyakit diabetes serta stroke. Iklan minuman soft drink yang sering muncul di televisi seakan menghipnotis para pemirsa bahwa minuman ini dapat dinikmati dengan rasanya yang enak dan tidak membahayakan tubuh.

Para ahli mengatakan bahwa fruktosa dengan kadar tinggi yang terkandung dalam minuman soft drink atau soda dapat menambah tekanan darah dan ujungnya dapat membuat jantung panas terbakar. Selain itu, minuman soft drink dapat menjadikan sindrom metabolik pencernaan, diantara yang termasuk didalamnya adalah perpaduan gelaja dara tinggi, seseorang dapat menjadi kegemukan, kolestrol yang tinggi, kegagalan pada ginjal dan pertentangan terhadap insulin.

Kita harus mengetahui kandungan berbahaya apa saja yang ada di dalam minuman soda. Berikut adalah penjelasannya.

1. Asam Posfat. Kandungan ini dapat merusak tubuh dalam penyerapan zat kalsium dan tentunya berpengaruh terhadap tulang, akibatnya menderita osteoporosis (tulang keropos), gigi berlubang dan keropos dan tulag menjadi lunak hancur. Asam posfat juga dapat mempengaruhi kinerja asam lambung, proses pencernaan menjadi terasa lambat dan menghalangi terserapnya gizi ke tubuh.

2. Gula. Tahukah Anda bahwa perusahaan produsen minuman soft drink termasuk pemakai tunggal terbanyak gula rafinasi di negara Amerika Serikat. Anda sudah tahu, bahwa gula dapat memancing peningkatan jumlah insulin, sehingga menyebabkan hipertensi, kadar kolestrol tinggi, penyakit jantung, penyakit gula atau diabetes, bertambahnya berat badan, penuaan lebih cepat atau dini.

3. Aspartam. Bisa disebut sebagai pengganti gula dari bahan kimia yang tentu akan sangat berbahaya. Aspartam adalah bahan yang berhubungan dengan sekitar 100 macam masalah kesehatan, contohnya yaitu terganggunya emosi, penyakit gula, tumor pada otak, kejang-kejang dan multiple sclerosis.

4. Kafein. Sebagian minuman soft drink terdapat kafein yang pastinya berbahaya yang bisa membuat kegelisahan, susah tidur, hipertensi, jantung berdenyut tak teratur, peningkatan kadar kolestrol, turunnya mineral dan vitamin, terdapat benjolan pada payudara, lahir dengan cacat dan juga beberapa penyakit kanker berbahaya.

Sudah terbayang oleh Anda betapa mengerikan kandungan yang ada didalam minuman soft drink yang sudah banyak tersedia di pasaran dari dulu hingga sekarang. Untuk lebih meyakinkan dan memperjelas kepada Anda tentang bahaya minuman soft drink ini. Dibawah ini ada beberapa fakta juga bahaya dari minuman soft drink yang sudah wajib kita jauhi dan berhenti untuk mengkonsumsinya saat ini juga.

1. Bagi yang suka minum minuman bersoda baik bagi anak-anak hingga dewasa dapat terkena risiko obesitas atau kegemukan. Kenapa itu bisa terjadi? Karena minuman soft drink mengandung kadar gula tinggi. Sehingga laju pertumbuhan di masa anak-anak jadi terhambat oleh minuman ini serta bisa menyebabkan gangguan kesehatan untuk jangka waktu yang panjang.

2. Minuman soft drink bisa membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Anda mungkin belum tahu bahwa rata-rata tingkat keasaman (pH) di tubuh manusia sebanyak 7.0. Pada minuman soft drink mempunyai pH 2.5, ini menunjukkan keasaman yang sangat tinggi. Keadaan keasaman tubuh tinggi itu bisa membuat tubuh mudah menerima berbagai penyakit.

Minuman soft drink ataupun makanan yang mengandung asam yang tinggi pasti meninggalkan asam di dalam tubuh kita. Sehubungan dengan itu soft drink dapat memicu penyakit kronis contohnya kanker dan arthritis.

3. Minuman soft drink bisa menghancurkan tulang. Zat yang dapat merusak tulang adalah adanya asam fosfat di dalam minuman soft drink. Mungkin Anda belum tahu tentang hal yang berkaitan dengan kemampuan asam fosfat yang dapat meleburkan logam seperti paku dalam waktu empat hari.

Apabila di dalam tubuh manusia terdapat kandungan fosfor yang lebih banyak daripada kalsium, yang terjadi adalah zat kalsium akan keluar dari tulang. Sehingga ini dapat membuat tulang menjadi keropos bahkan mudah patah.

4. Minuman soft drink bisa membuat gigi rusak. Tanpa disadari bagi yang meminum minuman soft drink dapat melepas dan melarutkan lapisan pelindung gigi atau email dan dapat membuat busuk gigi. Lambat laun gigi akan menjadi berongga.

5. Berbahayanya minuman soft drink dapat mencederai perkembangan pada otak. Didalam minuman soft drink terdapat beberapa yang mengandung kafein. Ini sama kandungannya dengan minuman teh dan kopi. Adanya stimulan yang terdapat dalam kafein dan peluang adanya efek adiktif bisa berdampak buruk pada otak serta perkembangannya.

6. Kandungan alumunium pada soft drink. Kebanyakan minuman soft drink dikemas dalam kaleng dari alumunium yang punya pelapis untuk melindungi minuman dari larutnya alumunium ke dalam minuman soft drink tersebut.

Kita tidak tahu pasti pada saat kapan terdapat cacat atau rusak pada kemasan kaleng minuman tersebut, sehingga zat alumunium dapat terserap ke dalam minuman. Apalagi jika sudah terminum dan masuk ke dalam tubuh. Maka akan terjadi pengendapan dan dapat menyebabkan penyakit pada ginjal, rusaknya otak dan penyakit alzheimer.

7. Minuman soft drink termasuk coke, ternyata dapat menghilangkan karat pada logam. Pada kenyataannya sudah ada yang mencoba membuktikan dengan menyirami bemper pada mobil yang berkarat dan kotor dengan minuman soft drink dapat merubahnya menjadi hilang karat dan berkilat.

Apa artinya ini? Artinya adalah minuman ini termasuk jenis yang keras. Bayangkan apabila minuman ini masuk ke dalam rongga tubuh, bisa saja membahayakan organ tubuh dan berakibat organ akan cepat rusak. Karena minuman tersebut cocok untuk membersihkan karat pada logam, bukan untuk organ tubuh kita yang lunak.

8. Penurunan jumlah dan kualitas sperma pada pria disebabkan oleh minuman bersoda. Ini pasti sangat tidak diinginkan bagi para pria. Karena dapat menganggu sistem reproduksi.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa lebih baik menghindari meminum minuman bersoda atau soft drink agar organ tubuh kita menjadi lebih sehat dan aman dari gangguan penyakit berbahaya. Pilihlah untuk sellau meminum air bening karena lebih bersahabat dengan tubuh kita.

Bahaya minuman soft drink ini harus kita sampaikan kepada orang terdekat kita agar tidak menjadi masalah penyakit berbahaya bagi mereka yang telah meminumnya. Pertimbangkan selalu dalam memilih minuman yang sehat sebelum Anda menyesal penyakit datang pada Anda.