Saturday, August 29, 2015

5 Gaya Hidup Sepele Ini Harus Anda Tinggalkan


Di zaman yang serba modern sekarang ini banyak sudah orang melakukan berbagai aktivitas yang membuat pola hidup menjadi terus mengalami perubahan. Sisi kehidupan seakan semakin bertambah waktu demi waktu yang menjadikan seseorang secara tidak sadar melakukan sesuatu yang membahayakan kesehatan diri sendiri.

Sebagian orang belum tahu seperti apa gaya hidup yang baik dan benar untuk menunjang kesehatan. Seseorang yang sibuk dengan pekerjaan di kantor dan rutinitas dalam rumah tangga membuat seseorang lupa memperhatikan gaya hidup sehat dan akhirnya membuat keadaan menjadi rumit karena menderita penyakit yang tanpa diketahui disebabkan oleh hal yang sederhana atau sepele.

Lalu, gaya hidup apa saja yang dianggap oleh banyak orang sebagai hal yang sepele namun sebenarnya menyebabkan datangnya penyakit yang berbahaya. Mari simak penjelasannya berikut ini

1. Olahraga secara berlebihan

Kegiatan seperti olahraga memang menjadi salah satu cara untuk bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Alangkah bagus jika olahraga dilakukan setiap hari. Namun ada syarat penting yang harus diperhatikan, yaitu pilih waktu kapan kita berolahraga. Contohnya adalah berolahraga di pagi hari, padahal sebelumnya begadang di malam hari. Ini akan membuat tubuh bertambah lemah dan terjadi perubahan secara hormonal. Efek samping dari olahraga secara berlebihan adalah berat badan yang naik, otot menjadi rusak, problem pada punggung dan lutut, serta semakin lemahnya sistem imun pada tubuh.

2. Tidak membiasakan sarapan

Banyak yang menganggap sepele sarapan, padahal sarapan paling penting untuk memberikan asupan energi pada tubuh. Sarapan sering diabaikan banyak orang dikarenakan pergi tergesa-gesa ke kantor atau sekolah. Efek buruk tidak sarapan adalah pikiran tidak akan baik dalam berkonsentrasi, lebih cepat lesu dan lapar semakin terasa.

3. Sering menunda berolahraga

Banyak yang masih malas berolahraga, karena alasan sibuk dan sebagainya. Mulai saat ini buatlah program bagi diri sendiri untuk menjalani aktivitas berolahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang rumit dan mahal biayanya. Anda bisa berolahraga sederhana seperti jalan kaki, berenang, joging dan bersepeda santai. Olahraga akan memperlancar peredaran darah pada tubuh yang berefek positif metabolisme tubuh yang semakin baik.

4. Tidur larut malam atau begadang

Kebiasaan begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Karena dapat mengganggu kesehatan organ penting dalam tubuh seperti jantung. Tubuh manusia perlu istirahat yang cukup sekitar 6 jam sehari. Waktu yang tepat untuk hal tersebut adalah di malam hari. Tapi sebagian orang malah tidak peduli dengan tidur lebih awal di malam hari untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik. Banyak sebab yang menjadi pemicunya yaitu lembur kerja, berkumpul dan berbincang dengan teman, menonton televisi, bermain gadget atau games dan lain sebagainya. Sebaiknya kegiatan seperti itu segera dihentikan karena tubuh Anda lebih penting untuk menjadi prioritas agar terjaga kesehatannya. Jika kebiasaan begadang selalu dilakukan, maka risiko penyakit berbahaya akan datang. Biasakan tidur malam lebih awal sekitar pukul 9 atau 10 malam yang berguna untuk mencegah terkena risiko penyakit jantung, stroke dan lainnya.

5. Sering membawa tas dengan beban berat

Tas termasuk peralatan yang sangat berguna untuk membantu aktivitas seperti saat pergi ke kantor, sekolah dan sebagainya. Namun perlu diperhatikan jika hendak membawa tas. Usahakan tidak mengisi tas dengan barang yang terlalu banyak karena akan membebani tubuh. Bahaya kesehatan jika terlalu sering membawa tas dengan beban yang berat adalah timbulnya nyeri pada leher, bahu, punggung hingga menyebabkan sakit kepala. Bawalah barang yang memang diperlukan saja ke dalam tas. Sehingga tas tidak berada dalam kondisi yang berat untuk dibawa.

Itulah 5 kebiasaan atau gaya hidup yang dianggap biasa saja namun sebenarnya berbahaya bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dalam memelihara kesehatan tubuh setiap hari. Kebiasaan yang sehat dan baik walaupun itu kecil tetap memberikan efek positif pada diri kita sendiri dalam menerapkan pola hidup sehat.