Monday, August 24, 2015

5 Makanan Lezat di Lidah Tapi Berbahaya di Dunia

Makan adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh makhluk hidup di dunia, tak terkecuali kita sebagai manusia. Semua orang suka makan dengan berbagai jenis makanan seperti buah-buahan, ikan, makanan cepat saji dan lain sebagainya.

Perkembangan zaman yang makin canggih dan modern ini, menuntut makanan tidak hanya bisa mengenyangkan perut saja. tetapi harus ada citarasa lezat di lidah saat memakannya.

Setiap orang dipastikan menginginkan makanan yang enak dan itu menjadi prioritas pertama. Tidak peduli dengan masalah harga yang mahal, adanya zat pengawet, rasa pedas, rasa manis dan gurih. Yang terpenting adalah makanan itu enak dan lezat di lidah.

Oleh sebab itulah, banyak orang berusaha dan berinovasi dalam membuat makanan terlezat di dunia. Bukan hanya tentang makanan yang jadi atau siap makan saja. Ternyata banyak bahan makanan terbuat dari bahan alami yang bisa disebut langka, tak biasa sampai bisa membuat kepala sakit, walaupun seperti itu tetap saja dikonsumsi. Alasannya sekali lagi adalah karena rasanya yang luar biasa enak.

Siapa yang tidak suka makan? Anda tentunya suka, bukan! Kita akan berkeliling dunia untuk menjelajahi berbagai makanan aneh, unik dan enak.

Perlu diperhatikan, bahwa makanan yang akan disampaikan disini sebenarnya sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi karena bisa membuat orang meninggal. Tetapi yang membuat heran adalah tetap saja ada yang mau dan nekat untuk menikmatinya.

1. Cabe Rawit Paling Pedas di Dunia

Tentu cabe sangat populer di Indonesia. Karena orang Indonesia sangat menyukai makanan dengan rasa pedas. Apalagi cabe sudah sering diolah menjadi sambal sebagai pelengkap. Disamping itu, kue cemilan seperti kerupuk, keripik juga dibumbui dengan cabe.

Ada negara yang merupakan penghasil cabe terpedas di dunia yaitu di Karibia. Cabe tersebut disebut dengan Naga Bhut Jolokia atau the Ghost Pepper atau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu Cabe Hantu. Mengerikan, bukan?

Makanan pedas akhirnya membuat orang terobsesi. Di tahun 1912, ada seorang pria bernama Wilbur Scoville yang mengembangkan sebuah skala yang bernama Skala Scoville. Sebuah skala yang bisa melakukan pengukuran terhadap tingkat kepedasan dari cabe. Untuk rekor makanan terpedas di dunia masih dipegang oleh cabe rawit Trinidad Moruga Scorpion. Apakah Anda tertantang mau mencobanya?

Bagi Anda yang punya pencernaan sensitif terhadap rasa pedas pastinya dapat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika sering mengkonsumsi makanan pedas, bisa berakibat lambung dan usus mengalami pendarahan.

2. Ikan Beracun di Dunia

Dengan makin maraknya restoran dan rumah makan yang menyajikan makanan berupa ikan laut yang rasanya lezat. Namun kita harus tetap berhati-hati, karena iklan laut tidak semuanya bisa dikonsumsi. Ada ikan laut yang rasanya enak dimakan tapi memiliki racun berbahaya. Ikan tersebut adalah ikan fugu.

Ikan fugu mempunyai bentuk yang unik karena bisa menggembungkan tubuh ketika merasa terancam. Di negara Jepang, ikan ini sangat populer kelezatannya dan selalu diolah menjadi makanan sushi.

Namun disamping itu, ikan fugu mengandung racun mematikan yang bisa membunuh orang. Oleh karena itu, ikan fugu telah dilarang untuk beredar di kawasan Eropa dan Jepang mulai tahun 1984.

Ikan fugu mempunyai racun yang berada di hatinya. Sehingga bagi para chef harus memasak ikan ini dengan sangat hati-hati. Jika melakukan kesalahan sedikit saja, dapat mencelakakan orang yang memakannya karena keracunan.

Walaupun ikan fugu beracun, tetap saja ikan ini masih banyak dibuat sebagai sajian makanan dengan cara daging yang diiris tipis berbentuk seperti kelopak bunga.

3. Makanan Pizza Termahal di Dunia

Pizza adalah makanan terkenal di dunia yang berasal dari Italia. Pizza sudah terkenal juga di Indonesia karena cocok untuk lidah orang Indonesia. Di restoran pizza ternama menjual pizza dengan harga yang mahal.

Berbeda dengan pizza yang satu ini karena harga jualnya super mahal dan bisa membahayakan bagi isi dompet Anda.

Pizza itu adalah pizza Louis XIII. Pizza ini dibuat oleh chef bernama Renato. Dia memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya yaitu selama tiga hari.

Mungkin Anda kaget, mengapa pizza Louis XIII ini sangat mahal? Karena pizza ini dibuat dari bahan khusus yaitu terdiri dari lobster, telur ikan dan garam istimewa yang secara khusus diperoleh dari sungai Murray.

Berapa harga pizza ini? Harganya sangat fantastis, yaitu $12000 atau kurang lebih Rp. 120.000.000

4. Makanan Terawet di Dunia

Makanan enak yang satu ini adalah Burger. Burger merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan dan umur serta bersifat praktis. Ada sesuatu yang unik dari burger, adalah pria bernama David Whipple telah menyimpan burger secara tak sengaja hingga belasan tahun lamanya. Makanan burger ini awalnya dibeli pada 7 Juli 1998. Anehnya, burger masih awet sampai dibuka di awal 2013. Bisa Anda bayangkan betapa awetnya burger tersebut.

Sangat menyeramkan jika bruger ini tidak membusuk dan tidak bau. Isi roti yaitu daging dan pada roti tetap utuh seperti semula layaknya burger baru.

Secara logika, makanan biasa yang alami akan membusuk dalam beberapa hari saja. Tetapi berbeda dengan burger ini yang bisa bertahan dari proses pembusukan hingga 14 tahun lamanya.

Dengan keunikan tersebut, burger ini dibeli oleh satu restoran makanan cepat saji terkenal. Hal ini membuat pertentangan mengenai penemuan burger paling awet di dunia, karena berkaitan dengan seberapa banyak bahan pengawet yang dipakai ke dalam burger tersebut hingga awet dan utuh. Walaupun demikian, tetap saja makanan dengan rasa enak akan mengalahkan hal lainnya.

5. Buah Terbau di Dunia

Anda pasti sudah kenal dengan buah durian atau duren. Buah yang satu ini sangat enak untuk dinikmati. Dengan daging yang lembut dan rasa yang manis mampu memanjakan lidah kita saat memakannya serta membuat ketagihan. Buah durian mempunyai ciri dengan bau yang menyengat hidung namun tetap menjadi salah satu buah favorit orang Indonesia.

Sangat berlawanan bagi orang luar negeri, terutama bagi orang Eropa. Mereka sampai bingung dan heran kenapa orang Indonesia menyukai buah durian dimana bagi orang luar negeri, durian membuat mereka pusing bahkan muntah karena mencium baunya. Durian dianggap membahayakan karena dapat membuat rasa kurang enak di badan karena bau durian itu.

Kemungkinan masalahnya terletak pada kebiasaan, karena hidung orang Indonesia sudah terbiasa dengan bau durian yang menyengat tersebut. Tapi tetap saja durian enak untuk dimakan.

Itulah 5 makanan yang populer, enak di lidah namun mengandung bahaya yang luar biasa jika tidak hati-hati dalam mengkonsumsinya. Semoga artikel ini bisa membuat kita lebih selektif dalam memilih makanan yang aman dan sehat.