Friday, July 17, 2015

Mau Otak Sehat? Makanlah Sayuran Ini


Tahukah Anda bahwa sayuran hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan otak kita. Para periset telah menyatakan bahwa untuk orang yang selalu suka mengkonsumsi sayuran berwarna hijau maka kinerja otak akan lebih baik dan cepat.

Diberitakan oleh Zeenews, ada sebuah kajian dari Rush University Medical Center yang diketuai oleh Martha Ckare menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran hijau bisa mendongkrak kekuatan memori manusia. Seperti telah diketahui sayuran mempunyai kandungan folat, vitamin K dan lutein, yang berfungsi sebagai penghambat turunnya fungsi kognitif dari otak.

Dalam proses studi ini dilibatkan sebanyak 950 orang lanjut usia. Para periset akan mengamati bagaimana proses penurunan fungsi kognitif terhadap para peserta riset yang sudah memakan sayuran hijau lebih besar sepanjang 5 tahun.

Dari hasil yang ditemukan oleh periset, peserta yang memakan 1-2 porsi sayuran hijau mendapatkan daya kognitif 11 tahun lebih muda, berbeda sekali jika dibandingkan dengan mereka yang sangat jarang mengkonsumsi sayuran hijau. Ini menunjukkan bahwa sayuran hijau sangat berpengaruh pada kinerja otak manusia.

Jenis sayuran berwarna hijau yang sangat bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari adalah sawi, kangkung dan bayam. Manfaat sayuran hijau tersebut adalah sebagai pencegah penyakit pikun dan alzheimer. Penyakit yang selalu menghantui para lanjut usia.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan dalam hal kesehatan otak agar selalu kuat dalam mengingat dan terhindari dari risiko penyakit yang berkenaan dengan otak adalah dengan selalu mengkonsumsi sayuran hijau.