Friday, September 25, 2015

6 Alasan Menarik Agar Anda Suka Jalan Kaki


Semua orang pasti selalu melakukan aktivitas jalan kaki walaupun hanya sebentar dan jarak yang ditempuh sangat dekat. Jalan kaki biasanya diawali ketika seseorang pada waktu berumur masih bayi. Walaupun pada awalnya masih merangkak terlebih dahulu, lalu berangsur-angsur bisa berjalan.

Pada masa kecil dan bermain, tentu kita sering melakukan aktivitas jalan kaki ini karena sering berkumpul dengan teman sepermainan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain di area perumahan. Apalagi bersama teman-teman pergi ke suatu tempat seperti lapangan untuk bermain sepak bola atau yang lainnya. Saat inilah masa-masa yang paling indah seorang anak bermain bersama teman-temannya dan juga masa yang paling banyak melakukan aktivitas jalan kaki.

Namun apa yang terjadi setelah seseorang beranjak besar atau dewasa, apalagi pada saat sekarang, hampir setiap orang selalu menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil untuk transportasi, bukan malah berjalan kaki. Bahkan anak seumuran SD sudah diperbolehkan atau dibelikan orang tuanya kendaraan motor. Jelas itu merupakan pelanggaran lalu lintas yang berarti anak SD belum cukup syarat untuk mengendarai motor.

Hampir setiap rumah sudah ada kendaraan pribadi yang memang menggoda seseorang untuk menggunakannya dan merasa perlu karena dapat menunjang aktivitas sehari-hari karena dianggap praktis dan cepat jika dibanding jalan kaki.

Jalan kaki masih dibilang sesuatu yang sederhana, sepele dan mulai tergeser dengan kendaraan atau alat transportasi lainnya.

Padahal pada saat dulu sebelum munculnya penemuan kendaraan seperti sepeda, motor, mobil dan lainnya, orang sudah melakukan kebiasaan jalan kaki ini untuk menempuh perjalanan dekat maupun jauh.

Sudah banyak yang tahu bahwa pada waktu dulu, orang tidak pernah terkena penyakit yang justru sekarang ada. Dengan berjalan kaki, orang secara tidak langsung sudah berolahraga dan berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Sekarang saatnya Anda harus mengetahui mengapa Anda harus selalu melakukan aktivitas jalan kaki. Berikut ini ada 6 alasan kuat Anda harus jalan kaki. Apa saja itu?

1. Jalan kaki bermanfaat sebagai penurun berat badan

Aktivitas jalan kaki memang dikenal sebagai olahraga ringan dan mudah dilakukan. Apabila seseorang sangat jarang jalan kaki akan membuka peluang terhadap berat badan yang tinggi atau obesitas.

Jalan kaki tidak perlu lama-lama untuk mendapatkan hasil yang baik. Luangkanlah waktu Anda sekitar 30 menit saja setiap hari untuk bisa membakar kalori. Orang yang jalan kaki selama 30 menit mampu membakar hingga 150 kalori. Bagi mereka yang sedang mengalami obesitas, jalan kaki adalah cara sederhana dalam menurunkan berat badan termurah yang pernah ada tanpa obat-obatan.

Manfaat jalan kaki yang sangat penting adalah menurunkan risiko kematian dini sebesar 30 persen.

2. Jalan kaki bermanfaat untuk mencegah sakit diabetes

Agar tubuh Anda dapat memiliki kadar gula darah yang teratur, jalan kaki bisa dijadikan obat murah untuk itu. Kadar insulin pun akan tetap terjaga dengan baik, tidak menimbulkan penyakit diabetes.

Lalu, bagaimana penerapannya dalam sehari-hari hanya dengan jalan kaki? Cukup mudah, Anda cukup meluangkan waktu sebentar saja sekitar 15 menit setiap hari dengan jalan kaki, untuk menghindari diabetes. 

Hal kecil seperti inilah yang dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk dapat mencegah munculnya penyakit berbahaya yaitu diabetes, walaupun hanya sebentar untuk jalan kaki.

3. Jalan kaki dapat menguatkan dan menyehatkan jantung

Jalan kaki telah terbukti dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler seperti jantung koroner, hipertensi, dan kadar kolestrol tinggi.

Ini sangat berlaku bagi orang yang selalu rutin melakukan jalan kaki setiap hari. Anda tak perlu biaya mahal untuk pencegahan penyakit diatas, hanya dengan jalan kaki Anda sudah bisa mencegah penyakit kardiovaskuler.

Maukah Anda memiliki jantung yang kuat dan sehat? Jawabannya pasti, iya. Caranya mudah dan praktis, yaitu dengan jalan kaki.

4. Jalan kaki mampu menolak beragam penyakit kronis

Anda tak perlu repot dan mengeluarkan uang banyak untuk berolahraga yang rumit ataupun berat untuk mencegah penyakit kronis. Cukup dengan jalan kaki Anda sudah mendapatkan gaya hidup sehat.

Kelebihan lain dari jalan kaki ini adalah bisa dilakukan oleh berbagai kalangan dan tanpa mengenal waktu. Jalan kaki termasuk olahraga ringan, oleh karena itu, bagi ibu hamil, orang yang mengalami nyeri ringan dan penderita obesitas bisa melakukannya.

5. Jalan kaki mampu membangkitkan kembali suasana hati menjadi baik

Bagi Anda yang kurang bersemangat dan sedih bisa sembuh dengan melakukan jalan kaki karena saat sedang jalan kaki, hormon endorfin akan terlepas sehingga seseorang akan merasakan hati lebih baik dan meningkatkan semangat.

Jalan kaki termasuk cara ampuh mengurangi gejala yang dapat menimbulkan depresi ringan dengan jalan kaki sekitar 35 menit setiap hari.

Anda bisa mendapatkan beragam manfaat sehat dari hanya berjalan kaki yang dapat mempengaruhi kondisi pikiran menjadi lebih baik dan sehat.

6. Jalan kaki bisa mencegah insomnia (sulit tidur)

Sebagian orang mengalami sulit tidur atau insomnia, sehingga menempuh cara dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Sebenarnya ada cara mudah bagi penderita insomnia untuk penyembuhannya, yaitu dengan sering jalan kaki. Lakukan jalan kaki pada pagi hari yang disertai dengan paparan sinar matahari yang menyehatkan tubuh. Saat itulah terjadi peningkatan kadar hormon melatonin dan menjadikan tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Itulah 6 alasan mengapa Anda wajib meluangkan waktu dan kesempatan untuk jalan kaki. Anda pasti tertarik dengan manfaat besar dari jalan kaki yang sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh. Jalan kaki sangatlah mudah diterapkan seperti berkeliling di area tempat kerja, lingkungan sekitar rumah dan komplek, atau lokasi khusus untuk olahraga di perkotaan. Oleh karena itu tidak ada alasan lagi untuk menjauhi rutinitas jalan kaki setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua untuk meraih hidup sehat dan bahagia.