Wednesday, September 2, 2015

Cara Mudah Hindari Depresi


Kita bisa melihat saat ini cukup banyak orang yang mengalami depresi. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari lingkungan pekerjaan yang padat akan tugas berat, hubungan pertemanan yang tidak baik, hubungan keluarga yang kurang harmonis dan berbagai peristiwa hidup negatif lainnya yang pernah dialami oleh seseorang.

Kehidupan yang semakin rumit bagi seseorang akan merasakan kesulitan dalam menjalani dan menghadapinya. Tak heran jika seseorang ketika menemui masalah kecil bisa membuat depresi.

Untuk menghindari terjadinya depresi perlu dilakukan langkah dan cara yang efektif dan mudah dilakukan. Adapun cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tidur yang cukup

Pencegahan terhadap depresi dengan tidur merupakan bagian penting. Tidur mampu menyeimbangkan hidup Anda antara aktivitas dan istirahat. 

Secara umum, orang banyak membutuhkan waktu tidur dari 7 hingga 8 jam sehari. Waktu tersebut sudah sangat mencukupi untuk memulihkan kondisi badan agar lebih segar dan nyaman.

2. Jangan paksakan diri di luar batas

Anda sebaiknya mengerjakan aktivitas yang sudah Anda ketahui kapasitas dan intensitas dalam prosesnya. kemampuan setiap orang berbeda-beda dalam menangani suatu hal.

3. Menikmati sinar matahari sambil olahraga

Agar otak lebih berfungsi dengan baik adalah dengan menjalani aktivitas olahraga di pagi hari sambil menikmati hangatnya sinar matahari.

4. Hidup tanpa alkohol dan obat-obatan

Alkohol dan obat-obatan memang terlihat menarik tapi sebenarnya itu yang bisa membuat orang mengalami musibah bagi kehidupan. Merusak tubuh dan semakin memperparah kondisi yang berakhir dengan depresi.

5. Pola makan yang baik

Konsumi makanan yang sehat dan baik untuk tubuh juga membantu meningkatkan kesehatan psikis. Pilih sumber makanan yang punya gizi tinggi dan menyehatkan tubuh.

6. Bersenang-senang setiap hari

Aktivitas yang santai dan menyenangkan dapat menghindari Anda dari pikiran negatif dan membuat Anda masuk dalam suasana yang positif dan membahagiakan. Aktivitas sosial seperti mengobrol dengan teman dekat, menjalani hobi yang positif, bergabung dengan klub olahraga bisa merubah Anda menjadi manusia yang aktif dan sehat.

Anda bisa mencoba dan menerapkan hal diatas yang baik sekali untuk menghindari depresi dan menjadikan hidup Anda lebih baik dan menyenangkan.