Monday, October 5, 2015

24 Tips Cara Mudah Mencegah dan Menghilangkan Bau Kaki


Bau kaki sering dialami banyak orang yang aromanya sangat tidak enak dan dapat mengganggu orang lain disekitar. Percaya diri akan menurun jika mengalami kaki bau tidak sedap.

Penyebab timbulnya bau kaki tidak sedap ini pun beragam, salah satunya adalah penggunaan sepatu dalam waktu yang lama.

Biasanya sepatu banyak dipakai oleh mereka yang bekerja, anak sekolah dan mahasiswa sehingga rentan sekali dengan bau kaki tidak sedap ini.

Oleh karena itu penting sekali diketahui bagaimana cara mudah menghilangkan bau kaki agar kaki tidak menimbulkan bau tidak sedap dan tetap sehat.

Apa saja penyebab bau kaki?

Terlebih dulu Anda harus mengetahui apa saja faktor penyebab kaki menjadi bau sebelum dipaparkan tips untuk mengatasi dan menghilangkan bau kaki tidak sedap.

1. Pemakaian sepatu dalam waktu lama

Hampir semua orang pasti pernah atau sering menggunakan sepatu untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, sekolah, kuliah, olahraga, dan lain sebagainya. Ditambah dengan pemakaian kaos kaki yang bisa membuat kaki menjadi cepat berkeringat.

2. Kaki yang berkeringat dan adanya bakteri

Kaki yang berkeringat rentan akan timbulnya bau kaki, apalagi ada bakteri yang menempel pada kaki. Jika tidak dibersihkan maka akan memperparah bau tidak sedap.

3. Jarang mencuci kaki

Kaki yang jarang dicuci menyebabkan timbulnya bau kaki tidak sedap. Untuk Anda yang sering beraktivitas didalam atau diluar rumah sangat dianjurkan untuk mencuci kaki untuk mencegah menempelnya berbagai kotoran pada kaki.

Tips Mencegah Bau Kaki

Bau kaki bisa datang kapanpun, untuk itu perlu sekali Anda mengetahui bagaimana cara mencegahnya dengan cara yang mudah dan alami. Mari simak cara mencegah bau kaki dibawah ini.

1. Lakukan pencucian sepatu dan kaos kaki secara rutin dan teratur. Bayangkan jika Anda lama tidak mencuci sepatu dan kaos kaki, maka kuman dan bakteri yang menempel pada sepatu dan kaos kaki akan tambah banyak dan berkembang biak.

2. Tidak menggunakan sepatu dan kaos kaki yang tidak kering atau masih basah.

3. Saat Anda punya sepatu baru, ingatlah selalu untuk menaburkan bubuk kopi ke dalam sepatu.

4. Biasakanlah sebelum memakai sepatu, cuci dulu kaki Anda lalu keringkan. Baru setelah itu Anda bisa memakai sepatu Anda. Jadi kaki Anda sudah dalam keadaan bersih ketika memakai sepatu.

5. Usahakan untuk menyimpan sepatu dan kaos kaki pada tempat yang kering, bukan lembab atau basah.

6. Mungkin Anda pernah mengalami kehujanan dan kebetulan Anda memakai sepatu dan kaos kaki. Jika sepatu dan kaos kaki Anda terlanjur basah, lap terlebih dulu kemudian keringkan atau dijemur di terik matahari.

7. Pilih kaos kaki dengan bahan penyerap keringat. Hal ini untuk menghindari kaki menjadi lembab.

8. Rutin mencuci kaki setelah beraktivitas. Sebagian orang tidak selalu mencuci kaki setelah melakukan kegiatan. Padahal hal tersebut penting untuk mencegah kaki menjadi bau. Penggunaan sabun antiseptic juga dapat membantu mencegah kaki bau.

Tips Cara Menghilangkan Bau Kaki

Nah, apabila Anda saat ini mengalami bau kaki. Hmm, jangan khawatir dan tenang. Disini akan kami bagikan tips bagaimana cara menghilangkan bau kaki secara alami dan praktis.

1. Basmi bau kaki dengan sabun anti septic atau sabun anti bakteri

Kaki yang bau kurang efektif jika memakai air biasa. Oleh karena itu gunakan sabun anti bakteri agar kaki Anda lebih bersih dari keringat dan bakteri menjadi mati. Kaki Anda pun akan hilang baunya. Dengan memakai sabun anti bakteri, kaki akan bersih dari kotoran dan keringat.

2. Merendam kaki dalam air perasan jeruk lemon

Tidak disangka jeruk lemon selain enak untuk dijadikan minuman, ternyata bisa secara ampuh menghilangkan bau kaki. Caranya sangat simpel, yaitu dengan merendam kaki Anda ke dalam air perasan jeruk lemon. Rendam kaki Anda sekitar 25 menit. Lakukan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari. Mengapa menggunakan air perasan jeruk lemon? Karena itu dapat berperan sebagai pengontrol dan pemelihara kelembapan kaki Anda. Anda pasti merasakan kemudahan dengan menerapkan cara menghilangkan bau kaki secara alami yang satu ini.

3. Gunakan deodoran

Tak hanya berguna untuk mengurangi bau badan pada ketiak. Ternyata deodoran juga sangat berguna untuk menghilangkan bau pada kaki. Karena pada dasarnya sama saja fungsi yang ada pada deodoran yaitu untuk membasmi bakteri. Jadi, bila kaki Anda bau, pakailah deodoran untuk mengatasinya.

4. Hilangkan bau kaki dengan kopi

Kopi selain diminum juga bermanfaat untuk menghilangkan bau pada kaki. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya menyiapkan bubuk kopi kemudian dimasukkan ke dalam plastik dari silika dan selanjutnya dimasukkan ke dalam sepatu Anda.

5. Melenyapkan bau kaki memakai air teh

Anda pasti sering minum teh, karena minuman ini sudah sangat populer. Mendapatkannya pun mudah sekali. Jika Anda mengalami bau pada kaki, teh sangat bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya sangat praktis, cukup rendam kaki Anda pada air teh. Sebelum kaki Anda direndam di air teh, cuci kaki Anda terlebih dulu. Anda bisa menghilangkan bau kaki menggunakan air teh ini menjelang tidur malam yang bertujuan agar lebih rileks

6.  Potong kuku kaki jika sudah mulai panjang

Anjuran untuk memotong kuku sangat ditekankan, karena berpengaruh pada kesehatan. Akibat buruk jika memiliki kuku panjang adalah kuman bakteri dapat menempel pada kuku tersebut dan otomatis dapat menambah bau yang tidak sedap pada kaki. Sebaiknya potong kuku kaki Anda secara teratur, misalkan 1 minggu sekali, agar terhindar timbulnya bau pada kaki.

7. Selalu pakai sepatu dan kaos kaki yang sudah bersih

Sama saja seperti baju atau pakaian yang dikenakan di badan. Pasti agar tidak menimbulkan bau badan, seharusnya baju yang dipakai juga sebelumnya harus bersih terlebih dulu. Begitu pula pada kaki, dimana sepatu dan kaos kaki yang akan dipakai harus bersih dan kering.

8. Cara mengatasi bau kaki dengan baking soda

Anda dapat menggunakan baking soda pada kaki Anda dengan menaburkannya pada sepatu atau membungkusnya dengan kain. Bau keringat pada kaki akan lebih terserap cepat. Jadi cara ini sangat mudah untuk diterapkan dalam menghilangkan bau kaki. Cara lain yang bisa dilakukan dengan baking soda yaitu dengan membuat campuran antara air dan baking soda kemudian kaki Anda rendam pada air yang sudah dicampur dengan baking soda. Fungsi khusus yang dimiliki baking soda adalah mampu menghambat berkembang biaknya bakteri yang bisa berakibat bau pada kaki.

9. Pemakaian produk kosmetik Antiperspirant

Kosmetik tidak hanya digunakan pada kulit di badan atau wajah. Kaki pun tidak luput dari perhatian untuk dibuat sebuah produk kosmetik. Salah satunya adalah Antiperspirant yang berfungsi sebagai pembersih bagian telapak kaki. Berbentuk seperti krim, yang menjadikan produk ini mudah digunakan dengan cara dioleskan pada telapak kaki. Selain sebagai pembersih, antiperspirant juga dapat berguna untuk meminimalisir munculnya keringat dari pori-pori kaki dengan mempersempitnya serta dapat menghalangi saluran yang mengarah pada kelenjar keringat. Biarpun Anda melakukan kegiatan dalam waktu yang panjang, tetap tidak akan menimbulkan pengaruh negatif secara signifikan terhadap kondisi kaki Anda. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengoleskan krim antiperspirant pada kaki Anda khususnya pada telapak kaki sebelum memakai kaos kaki dan sepatu.

10. Konsumsi suplemen yang mengandung Magnesium dan Zinc

Betapa pentingnya asupan makanan yang mengandung zinc dan magnesium dapat berpengaruh juga terhadap bau pada tubuh Anda. Jika tubuh mengalami kekurangan zinc dan juga magnesium, bau pada badan akan semakin meningkat, tak terkecuali pada kaki.

Untuk memenuhi asupan berupa zinc, Anda bisa mengkonsumsi makanan contohnya seperti ikan salmon, yoghurt, biji labu dan daging sapi. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium, Anda bisa mengkonsumsi makanan misalnya kacang almond, kacang hitam dan beras merah.

Menurut para ilmuwan yang berasal dari Columbia University telah menyepakati bahwa dengan memenuhi asupan gizi yang mengandung zinc dan magnesium setiap hari dapat meminimalisir timbulnya keringat pada badan. Untuk lebih jelas, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang masalah ini.

11. Selalu pilih kaos kaki berbahan katun atau wol

Pakaian seperti kaos yang paling disukai banyak orang adalah dengan bahan terbuat dari katun. Selain teksturnya yang lembut, bahan kain dari katun juga sangat bermanfaat dalam penyerapan keringat. begitu juga jika Anda mau memakai kaos kaki. Pilihlah yang berbahan katun atau wol. Memang baju dan kaos kaki berbahan katun berharga lebih mahal dibanding bahan yang tidak menggunakan katun. Tapi itu tidak ada apa-apanya jika manfaatnya lebih berharga untuk mengurangi bau pada kaki Anda.

12. Basmi bau kaki menggunakan sabun jerawat yang mengandung benzoil peroksida sebesar 10%

Pada dasarnya bau kaki disebabkan karena adanya bakteri pada kaki. Sehingga bakteri itulah yang menyebabkan bau pada kaki. Cara yang mudah dan sederhana untuk mengatasinya adalah menggunakan sabun jerawat yang bisa membasmi bakteri.

Sabun jerawat dengan kandungan 10% benzoil peroksida ini dapat mematikan bakteri penyebab bau secara efektif dan cepat. Bahan kimiawi tersebut aktif dan bekerja dengan pelan-pelan dalam mengedarkan oksigen aktif dan menimbulkan dampak bakteriostatik yang artinya suatu situasi yang disebabkan oleh senyawa antibakteri yang berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan bakteri bersifat tetap dan juga keratolitik (obat yang berfungsi untuk menghapus lapisan dasar kulit) sampai proses mengeringkan dimana ini dapat mempercepat proses pengobatan.

13. Basmi bau kaki dengan obat cairan untuk kumur

Ya, Anda pasti tahu sebetulnya obat kumur untuk penyegar mulut dan mengatasi bau pada mulut agar wangi. Karena banyak bakteri yang berada pada gigi dan gusi. Namun disamping fungsi awalnya untuk mulut, obat kumur pun mampu digunakan untuk membasmi bakeri pada kaki.

Anda akan terheran-heran dengan cara ini. Tidak perlu bingung, karena caranya sangat gampang. Pertama, Anda rendam kaki ke dalam air yang sudah tercampur dengan obat cairan kumur. Cukup Anda lakukan cara ini satu kali sehari.

Mekanismenya sama saja ketika menggunakan obat kumur pada mulut. Saat kaki direndam, kandungan yang ada pada obat kumur akan bergerak dan bekerja membasmi bakteri yang menempel pada kaki.

Selain cara diatas, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah diredam dengan obat kumur lalu Anda gosokkan pada kaki.

Sangat mudah, bukan. Bagaimana cara mengatasi bau kaki hanya dengan memakai obat kumur.

14. Mengatasi bau kaki dengan menyisipkan kertas tissue pengering ke dalam sepatu

Penggunaan kertas tissue untuk sekedar membersihkan tangan itu hal biasa. Namun jika Anda sedang bermasalah pada bau kaki, kertas tissue pengering ini merupakan salah satu solusi efektif.

Anda ingin tahu caranya? Masukkan satu lembar kertas pengering ke dalam sepatu Anda. Kertas tersebut dapat melakukan penyerapan bau yang berasal dari kaki yang berkeringat dan aroma sepatu. Sebagai tambahan, fungsi dari kertas pengering mampu memelihara sepatu Anda menjadi tetap segar.

15. Atasi bau kaki dengan membalurkan kaki memakai tepung maizena

Tepung maizena selain untuk membuat kue, juga dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi bau kaki. Caranya mudah, keringkan dulu kaki Anda, lalu taburkan tepung maizena pada kaki secara merata hingga di sela-sela jari kaki Anda.

16. Selalu ganti sepatu minimal 2 kali per minggu

Anda yang sering berkativitas menggunakan sepatu setiap hari sebaiknya menyediakan minimal 2 sepatu untuk dipakai dalam kurun waktu seminggu.

Misalkan sepatu A dipakai dari hari Senin hingga Rabu, kemudian dicuci sepatu tersebut. Sedangkan hari Kamis sampai Sabtu Anda memakai sepatu B. Seperti menggunakan sistem rotasi dalam pemakaian dan pencucian sepatu. Agar sepatu yang dipakai tetap bersih dan tidak kotor dalam jangka waktu lama.

Tips Ampuh Mengurangi Bau pada Sepatu

Sepatu yang sering dipakai tentunya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Agar sepatu tidak menimbulkan bau yang menyengat, ada cara praktis untuk mengatasinya. Cukup sediakan kertas koran bekas, lalu bungkuslah sepatu Anda menggunakan koran tersebut. Maka, bau sepatu akan berkurang.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi bau kaki atau pun mencegahnya. Kaki merupakan bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Karena sangat berpengaruh terhadap bagian tubuh Anda yang lainnya. Semoga bermanfaat.