Saturday, October 31, 2015

7 Manfaat Sehat Siwak untuk Gigi


Pada umumnya sekarang ini orang membersihkan gigi selalu menggunakan sikat gigi disertai pasta gigi yang banyak dijual di pasaran. Ada sebagian lagi orang yang membersihkan gigi tanpa memakai alat seperti sikat gigi apalagi dengan pasta gigi. Mereka hanya memakai akar atau kayu dari ranting pohon. Cara sederhana ini tentu sangat dikenal bagi orang Muslim yang membersihkan gigi dengan kayu.

Alat untuk menyikat gigi tersebut bernama siwak atau miswak. Nama lain dari siwak atau miswak dalam istilah ilmiah adalah Salvadora Persica. Kayu siwak ini memang menjadi panduan dalam ajaran Islam yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Jika dibandingkan dengan cara modern, siwak dan sikat gigi biasa hampir sama fungsinya namun pada dasarnya berbeda. Bedanya adalah pada bahan yang digunakan. Jika sikat gigi biasa terbuat dari plastik, berbeda dengan siwak yang berasal dari bahan alami.

Kayu siwak pun sangat terkenal di banyak negara Muslim dan kurang terkenal di negara Barat atau non Muslim karena dipandang kurang modern, kuno, dan biasa saja. Meskipun siwak berasal dari kayu atau ranting pohon, kajian penelitian membuktikan siwak sangat berguna untuk memelihara kesehatan gusi dibanding menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.

Awal mula orang dulu menggunakan siwak menjadi pertanyaan tersendiri. Mengapa membersihkan gigi dengan kayu ranting pohon? Secara fakta, orang pada zaman dahulu tidak ada alat khusus untuk membersihkan gigi. Hal itulah yang menjadi solusi yang selanjutnya mengarahkan mereka dalam mendapatkan alternatif untuk membersihkan gigi menggunakan bahan alami.

Anda mungkin masih bertanya dan penasaran tentang asal usul darimana siwak itu diperoleh? Siwak diperoleh dari kayu ranting pohon Arak, walaupun pohon lain seperti zaitun dan walnut juga bisa dimanfaatkan rantingnya untuk dijadikan siwak.

Siwak telah banyak dipakai oleh penganut muslim di seluruh dunia dan sudah menjadi identitas paling lazim di berbagai negara muslim. Siwak digunakan juga berdasarkan ajaran agama Islam, sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wasallam.

Adapun manfaat atau khasiat siwak yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut

1. Mampu melawan bakteri penyebab penyakit pada gusi
2. Menghilangkan flak pada gigi
3. Mencegah kerusakan pada gigi yaitu gigi berlubang
4. Mencegah dan menyingkirkan bau tidak sedap pada mulut
5. Membuat aroma mulut jadi wangi
6. Sangat bagus dalam membersihkan area antar gigi
7. Merangsang keluarnya ludah pada mulut sehingga tercegah dari kekeringan pada mulut

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat yang luar biasa dari penggunaan siwak. Gunakan siwak sebagai bahan alami pembersih gigi dan mulut Anda agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.